PENGARUH MEDIA LIFT THE FLAP BOOK BERBASIS AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 205/IV KOTA JAMBI

Authors

  • Hasny Dwi Junizar Universitas Jambi
  • Sri Mulyani Universitas Jambi
  • Meinarisa Universitas Jambi
  • Riska Amalya Nasution Universitas Jambi
  • Rina Oktaria Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35885

Keywords:

Anak Sekolah Dasar, Audio Visual, Kekerasan Seksual, Lift the Flap Book, Pengetahuan

Abstract

Anak usia sekolah belum sepenuhnya mandiri dan masih membutuhkan bimbingan orang dewasa untuk menghindari ancaman seperti kekerasan seksual. Secara global, sekitar 50 juta anak perempuan seksual dan 40 juta anak laki-laki pernah mengalami kekerasan. Di Indonesia tercatat 11.771 kasus, dengan 227 kasus di Provinsi Jambi dan 40 kasus di Kota Jambi pada tahun 2024. Kurangnya pemahaman anak tentang hak atas tubuh membuat mereka lebih rentan terhadap kekerasan seksual. Oleh karena itu, diperlukan media edukatif yang inovatif seperti Lift the Flap Book berbasis audio visual agar anak lebih mudah memahami materi melalui gambar dan suara. Penelitian ini menggunakan desain quasy eksperimen dengan pendekatan pretest-posttest control group pada 70 responden yang terbagi menjadi 35 siswa kelompok intervensi dan 35 siswa kelompok kontrol, dipilih melalui teknik purposive sampling . Analisis data menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada kelompok intervensi (p=0,000), sedangkan pada kelompok kontrol tidak terdapat pengaruh yang signifikan (p=0,157). Hasil ini membuktikan bahwa media Lift the Flap Book berbasis audio visual efektif meningkatkan pengetahuan anak tentang kekerasan seksual dan dapat digunakan sebagai alternatif media edukasi interaktif di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanda, C., & Adhari, A. (2024). Pentingnya Pendidikan Seksualitas dalam Mencegah Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 7(1), 677–686.

Arsa Ilmi Budiarti, et. al. (2022). Refleksi Penanganan Kekerasan Seksual di Indonesia. In Indonesia Judicial Research Society. Indonesia Judical Research Society (IJRS).

Babullah, R. (2022). Teori perkembangan kognitif jean piaget dan penerapannya dalam pembelajaran. EPISTEMIC: jurnal ilmiah pendidikan, 01(02), 131–152.

Bintoro, T., Fahrurrozi, Ika Lestari, & Febriani Rofiqoh. (2022). Learning Media Innovation: Lift the Flap Book Digital in Increasing Interest in Learning Science for Third-Grade Elementary School Students. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 266–274. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.50636

Hapsari, A. S., Nuraeni, Y., Fitria, S. M., Ulhaq, V. D., & Awalina, R. P. (2025). Eksplorasi Penggunaan Media Pembelajaran Games Book untuk Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Kelas 3 SD keterampilan , salah satunya adalah keterampilan membaca . Membaca adalah keterampilan. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 2(1), 69–78.

Hasan, Z., Novriyanti, F., Putri, A. T. R., & Munawwaroh, R. Al. (2023). Faktor Penyebab Terjadinya Pelecehan dan Kekerasan Seksual Terhadap Anak di Bawah Umur di Kota Bandung. Jurnal Hukum Malahayati, 4(2), 84–91.

Juwantara, R. A. (2022). Analisis teori perkembangan kognitif piaget pada tahap anak usia operasional konkret 7-12 tahun dalam pembelajaran matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34.

Kamaruddin, S. A., Adam, A., & Mahmud, A. (2022). Kekerasan Seksual Pada Remaja Kabupaten Bima : Faktor Pemicu dan Upaya Pencegahan. Indonesian Annual Conferenca Series, 1(2018), 179–185.

KEMENPPPA. (2023). Jumlah Kekerasan Terhadap Anak menurut Jenis Kekerasan yang Dialami Pada Tahun 2023. https://siga.kemenpppa.go.id/dataset?ids=MTE5Mw==&entity=cHJvdmluY2U=

KEMENPPPA. (2024). Jumlah Kekerasan Terhadap Anak menurut Jenis Kekerasan yang Dialami Pada Tahun 2024. https://siga.kemenpppa.go.id/dataset?ids=MTE5Mw==&entity=cHJvdmluY2U=

Koch, N. M., Fione, V. R., Lidya Maramis, J., & Pasambuna, J. (2024). Difference in Using Leaflet and Audio-Visual Media Towards Toothbrushing Knowledge Among Students. JDHT Journal of Dental Hygiene and Therapy, 5(1), 80–86. https://doi.org/10.36082/jdht.v5i1.1517

Kurniasari, M. A., & Frenty Nurkhalim, R. (2023). the Influence of Audio-Visual Video Media on Knowledge in Efforts To Prevent Sexual Violence Against Adolescents With Disabilities At Slb Shanti Kosala Nganjuk. Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal, 7(4), 293–301. https://doi.org/10.20473/imhsj.v7i4.2023.293-301

KUSUMA, J. W., Supardi, Akbar, R., Hamidah, Ratnah, Fitram, M., & Sepriano. (2023). Dimensi Media Pembelajaran (Efitra (ed.)). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Li, X., & Bus, A. G. (2023). Efficacy of digital picture book enhancements grounded in multimedia learning principles: Dependent on age? Learning and Instruction, 85(March), 101749. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2023.101749

Masruroh, F., Putri, E. I. E., Hidayah, F., & Faishol, R. (2022). Psikoedukasi Pendidikan Seks Kepada Guru Dan Siswa Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Siswa Sd. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 216. https://doi.org/10.69552/abdi_kami.v5i2.1783

Muzaki, A. N., Rosyida, F., Mutia, T., Putri, A. A., Ladisha, A. F., Tantular, A. B., Yanuariska, A. W., Azizah, B. Z. N., & Wulan, C. (2023). Memahami upaya preventif pencegahan tindakan kekerasan seksual melalui penyuluhan kepada siswa. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(6), 593–603. https://doi.org/10.17977/um063v3i6p593-603

Ningrum, I. L., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2021). Pengaruh Media Lift the Flap Book Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 9(1), 20–30. https://jurnal.uns.ac.id/kumara

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi penelitian kesehatan. Rineka Cipta.

Octaviani, F., & Nurwati, N. (2021). Analisis Faktor Dan Dampak Kekerasan Seksual Pada Anak. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial HUMANITAS, 3(II), 56–60. https://doi.org/10.23969/humanitas.v3iii.4118

Pagarra, H., Syawaludin, S., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM. Badan Penerbit UNM.

Sinta Zakiyah, Nurul Hidayah Hasibuan, Aufa Yasifa, Suhaila Putri Siregar, & Olivia Wahyu Ningsih. (2024). Perkembangan Anak pada Masa Sekolah Dasar. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 71–79. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2338

Sulistyawan, C., & Prasetiyawati Diyah Hariyanti, D. (2021). Analisis Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia DinI. Jurnal Sarjana Ilmu Pendidikan, 1(2), 68–75.

Suryani, E., & Badi’ah, A. (2016). Asuhan Keperawatan Anak Sehat & Berkebutuhan Khusus. Pustaka Baru.

Ulfah, K. U., Rolina, N., & Alfina, C. S. (2024). Lift the Flap Book Media Affect Disaster Preparedness in Early Childhood. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 12(1), 36–43. https://doi.org/10.23887/paud.v12i1.71153

UNICEF. (2022). Data survei baru: hingga 56 persen insiden eksploitasi seksual dan perlakuan yang salah terhadap anak Indonesia di dunia maya tidak diungkap dan dilaporkan. https://www.unicef.org/indonesia/id/siaran-pers/data-survei-baru-hingga-56-persen-insiden-eksploitasi-seksual-dan-perlakuan-yang-salah

UNICEF. (2024). How many children are there in the world? https://data.unicef.org/how-many/how-many-children-under-18-are-in-the-world/

WHO. (2025). Violence against children. https://www.who.int/health-topics/violence-against-children#tab=tab_1

Yanti, Y., Hidayah, N., Rizki Nur Kalifah, D., El Fiah, R., Zulaiha, S., Ninda Uminar, A., & Islam Negeri Raden Intan Lampung, U. (2024). Analysis of learning implementation according to Jean Piaget’s Theory in the context of elementary school children’s cognitive development. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 90–105. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/view/22302

Downloads

Published

2025-11-19