IMPLEMENTASI CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SDN RAWASARI 05 JAKARTA PUSAT

Authors

  • Desi Nofita Universitas Negeri Semarang
  • Haryadi Haryadi Universitas Negeri Semarang
  • Bernadus Wahyudi Joko Santoso Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35859

Keywords:

Bahasa Indonesia, Culturally Responsive Teaching, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia serta untuk menganalisis bagaimana pengaruhnya terhadap minat belajar peserta didik di SDN Rawasari 05 Jakarta Pusat. Pendekatan Culturally Responsive Teaching digunakan sebagai bentuk upaya untuk menciptakan sebuah proses pembelajaran yang relevan dengan latar budaya siswa di lingkungan sekitar, terutama konteks social-budaya Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan siswa kelas III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dilakukan dengan mengintegrasikan konteks budaya lokal Jakarta dalam materi ajar, penggunaan metode diskusi interaktif, serta pemberian ruang bagi peserta didik untuk mengekspresikan pengalaman budaya mereka. Implementasinya kini terbukti meningkatkan minat belajar, partisipasi aktif, dan rasa memiliki terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu Culturally Responsive Teaching (CRT) menjadi pendekatan efektif dalam membangun sebuah pembelajaran yang inklusif, bermakna serta berpusat pada peserta didik di lingkungan sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, A., Dwi, A., Wardani, K., Nur, S., & Halim, H. (2024). Penerapan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Menggunakan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas V SD Inpres Mariso 3 Kota Makassar (Vol. 4, Issue 4). https://dmi-journals.org/deiktis/index

Dwi Haryanti, N., Nursyahidah, F., & Luthfisari, D. (2024). PENERAPAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS 2 MATERI CERITA RAKYAT.

Karenina Ade Hidayah, Desi Eka Pratiwi, & Herlia Nimas Ayu Hastungkoro. (2024). Penerapan Model PBL Melalui Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 di SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(5), 94–102. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i5.1187

Khasanah, I. M., Nuroso, H., & Pramasdyahsari, A. S. (n.d.). Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar ISSN (Vol. 3, Issue 2).

Surayya, S., & Patonah, S. (2024). Pengaruh pendekatan culturally responsive teaching (CRT) untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN Peterongan Semarang. Journal of Elementary Education, 07.

Wahyu Prihatiningsih, Ziana Walidah Tri Utami, Bela Kusuma Putri, Ika Candra Sayekti, & Munawaroh Tri Handayani. (2025). Optimalisasi Pemahaman Siswa SD pada Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching dengan Model Kooperatif Tipe JIGSAW. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 5162–5171. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.1233

Downloads

Published

2025-11-20

Most read articles by the same author(s)