IMPLEMENTASI CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SDN RAWASARI 05 JAKARTA PUSAT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35859Keywords:
Bahasa Indonesia, Culturally Responsive Teaching, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia serta untuk menganalisis bagaimana pengaruhnya terhadap minat belajar peserta didik di SDN Rawasari 05 Jakarta Pusat. Pendekatan Culturally Responsive Teaching digunakan sebagai bentuk upaya untuk menciptakan sebuah proses pembelajaran yang relevan dengan latar budaya siswa di lingkungan sekitar, terutama konteks social-budaya Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan siswa kelas III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dilakukan dengan mengintegrasikan konteks budaya lokal Jakarta dalam materi ajar, penggunaan metode diskusi interaktif, serta pemberian ruang bagi peserta didik untuk mengekspresikan pengalaman budaya mereka. Implementasinya kini terbukti meningkatkan minat belajar, partisipasi aktif, dan rasa memiliki terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu Culturally Responsive Teaching (CRT) menjadi pendekatan efektif dalam membangun sebuah pembelajaran yang inklusif, bermakna serta berpusat pada peserta didik di lingkungan sekolah dasar.
Downloads
References
Anggraeni, A., Dwi, A., Wardani, K., Nur, S., & Halim, H. (2024). Penerapan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Menggunakan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas V SD Inpres Mariso 3 Kota Makassar (Vol. 4, Issue 4). https://dmi-journals.org/deiktis/index
Dwi Haryanti, N., Nursyahidah, F., & Luthfisari, D. (2024). PENERAPAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS 2 MATERI CERITA RAKYAT.
Karenina Ade Hidayah, Desi Eka Pratiwi, & Herlia Nimas Ayu Hastungkoro. (2024). Penerapan Model PBL Melalui Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 di SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(5), 94–102. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i5.1187
Khasanah, I. M., Nuroso, H., & Pramasdyahsari, A. S. (n.d.). Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar ISSN (Vol. 3, Issue 2).
Surayya, S., & Patonah, S. (2024). Pengaruh pendekatan culturally responsive teaching (CRT) untuk meningkatkan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN Peterongan Semarang. Journal of Elementary Education, 07.
Wahyu Prihatiningsih, Ziana Walidah Tri Utami, Bela Kusuma Putri, Ika Candra Sayekti, & Munawaroh Tri Handayani. (2025). Optimalisasi Pemahaman Siswa SD pada Bahasa Indonesia melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching dengan Model Kooperatif Tipe JIGSAW. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 5162–5171. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.1233
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















