ANALISIS KESULITAN MENULIS PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PARINDU (STUDI KASUS)

Authors

  • Marina Stevani Sapitri Universitas PGRI Pontianak
  • Muhammad Lahir Universitas PGRI Pontianak
  • Lizawati Universitas PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35851

Keywords:

Menulis, Teks Laporan Hasil Observasi, Kelas VIII

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan menulis dalam teks laporan hasil observasi, faktor-faktor penyebab siswa mengalami kesulitan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parindu. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan bentuk kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran, teknik komunikasi tidak langsung, dan teknik dokumen. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes, kuesioner (angket), dan dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini adalah ketekunan peneliti, triangulasi teori, dan pemeriksaan teman sejawat. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan kajian isi. Hasil penelitian dapat disimpukan bahwa kesulitan menulis pada materi teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parindu (studi kasus). Analisis keterampilan menulis meliputi lima aspek yaitu isi, struktur, kosakata, bahasa, dan mekanik. Faktor-faktor penyebab kesulitan menulis teks laporan hasil observasi, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinneka Cipta.

Baswori, Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gunawan, Imam. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasriani. (2021). Belajar Menulis Teks Narasi dengan Teknik Clustering. Bandung: Indonesia Emas Group.

Hotimah, D. H. (2022). Teks Laporan Hasil Observasi & Teks Eksposisi. Bogor: Guepedia.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Mahsun. (2019). Metode Penelitian Bahasa Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Depok Raja Grafindo Persada.

Miswan. (2023). Metode Penelitian Dalam Kancah Ilmu Administrasi. Yogyakarta: Penerbit Deepublish Digital (Grup Penerbitan Cv Budi Utama).

Moleong, L.J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja.

Nawawi, Hadari. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiantoro, Burhan. (2016). Metode Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Ypgyakarta: BPFE-Yogyakarta

Putra, Sitiatava Rizema. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press.

Rabbi Radliya, N. (2017). Contoh Analisis Dokumen.

Rodin, R. (2021). Dasar-Dasar Organisasi: Teori Dan Praktik Perorganisasian Dokumen Perpustakaan Dan Informasi. Kediri: Penerbit Lembaga Chakra Brahmanda Lentera.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wekke, I. S. dkk (2019). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Yogyakarta: Gawe Buku.

Widiyanto, W. W. (2018). Analisa Metodologi Pengembangan Sistem Dengan Perbandingan Model Perangkat Lunak Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Waterfall Development Model, Model Prototype, Dan Model Rapid Application Development (Rad). Jurnal Informa Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 34-40.

Downloads

Published

2025-11-19