FILOSOFI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DALAM MEWUJUDKAN KUALITAS GURU DAN SEKOLAH YANG BERDAYA SAING
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35821Keywords:
Manajemen Pendidikan, Filosofi Humanistik, Kepemimpinan Transformasional, Kesejahteraan Guru, Profesionalisme GuruAbstract
Filosofi manajemen sumber daya manusia (SDM) pendidikan merupakan kerangka konseptual yang menempatkan manusia sebagai inti dari sistem pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana filosofi SDM pendidikan dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan kualitas guru dan daya saing sekolah di era globalisasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik studi pustaka (literature review) terhadap berbagai literatur nasional dan internasional yang terbit antara tahun 2020–2025. Data dianalisis menggunakan tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan untuk menghasilkan sintesis konseptual. Hasil penelitian menunjukkan lima dimensi utama yang menjadi fondasi filosofi manajemen SDM pendidikan, yaitu: (1) motivasi guru, (2) kesejahteraan tenaga pendidik, (3) kepemimpinan transformasional kepala sekolah, (4) budaya kolaboratif sekolah, dan (5) profesionalisme guru dalam membangun daya saing institusi. Analisis visual menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional (90%) dan profesionalisme guru (88%) memiliki korelasi paling tinggi terhadap peningkatan kualitas sekolah. Selain itu, kesejahteraan guru berkontribusi 80% terhadap stabilitas kinerja dan loyalitas tenaga pendidik. Temuan ini memperkuat paradigma bahwa pengelolaan SDM pendidikan harus berbasis nilai-nilai humanistik, partisipatif, dan berkelanjutan. Filosofi SDM pendidikan dengan demikian tidak hanya menjadi teori normatif, tetapi juga strategi praktis untuk membangun sekolah yang unggul, adaptif, dan berorientasi mutu.
Downloads
References
Aj -Jaudah, S., Ayu Wulandari, R., Hanivia Cindy, A., & Pendidikan, M. (2024). Upaya Peningkatan Kesejahteraan dan Profesionalisme Tenaga Pendidik di SDN JERUK 1/ 469 SURABAYA. In Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia (Vol. 3, Issue 1). https://jpion.org/index.php/jpi182Situswebjurnal:https://jpion.org/index.php/jpi
Day, D. V, Riggio, R. E., Tan, S. J., & Conger, J. A. (2021). Advancing the science of 21st-century leadership development: Theory, research, and practice. In The Leadership Quarterly (Vol. 32, Issue 5, p. 101557). Elsevier.
Dewantara, B. B., & Barry, R. R. (2025). Analisis Dampak Keseimbangan Kehidupan Kerja, Fleksibilitas Kerja, Lingkungan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Niat Keluar Karyawan Generasi Z Pada Perusahaan Kreatif Industri di Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 9(2), 1912–1929.
Habsy, B. Al, Oktafiani, F., Salsabila, D. M., & Zahro, C. I. (2023). Teori Humanistik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.162
Indira Basalamah, S. E., & Risman, S. E. (2025). Motivasi Intrinsik Ekstrinsik Dalam Meningkatkan Kinerja Serta Kepuasan Kerja. Takaza Innovatix Labs.
Juita, D. P., Priya, P., Azwardi, M., & Amra, A. (2024). Pentingnya Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Lembaga Pendidikan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3068–3077. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1243
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU DI SMP NEGERI 1 JETIS PONOROGO. (n.d.).
Mubarak, B., Arif, A., Sanisah, S., & Anhar, A. (2024). Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia Guru SMP IT Nurul Khalifah Bima Berbasis Kompetensi Profesional. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 4(3), 76–82.
Nuroh, K., Lukman, A., Program, H., S1, S., Fakultas, M., Dan, E., Universitas, B., & Lamongan, M. (2025). DINAMIKA PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA TENAGA PENDIDIK: STUDI FENOMENOLOGIS. Neraca Manajemen, Ekonomi, 24. https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359
Pratama, D. W., & Patras, Y. E. (2024). Penguatan motivasi berprestasi, team work, dan iklim organisasi dalam upaya meningkatan keinovatifan guru di era merdeka belajar. Else (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1).
Riggio, R., & Lindsay, D. (2021). Developing Leadership Capacity. Journal of Character and Leadership Development, 8(3).
Safira, N. A., Labah, R. N., Fauziah Asri, R., Abhirama Ersakta, A., Salsabila, A., & Kharima, N. (2025). Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia Mekanisme Survival dan Kesejahteraan Guru Sekolah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















