PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II SD NEGERI 1 SIMPANG TERITIP
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35801Keywords:
Media Puzzle Digital, Keterampilan Membaca Siswa.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca siswa di kelas II SD Negeri 1 Simpang Teritip sehingga masih banyak siswa yang belum lancar dalam membaca. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media puzzle digital terhadap keterampilan membaca siswa kelas II SD Negeri 1 Simpang Teritip. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk Pre-Experimental dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas II SD Negeri 1 Simpang Teritip. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes lisan. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis Paired Sampel t-tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari perhitungan uji normalita berbantuan Statistical Package and Social Sciences (SPSS 26) diperoleh bahwa nilai pretest 0,250 > 0,05 dan nilai posttest 0,061 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Selanjutnya, berdasarkan pengujian hipotesis berbantuan Statistical Package and Social Sciences (SPSS 26) diperoleh angka signifikansi pretest dan posttest yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Hₐ diterima. Berdasarkan hasil hitung manual diperoleh nilai uji normalitas pretest sebesar 0,899 dan posttest sebesar 0,923. Sedangkan, uji hipotesis diperoleh hasil perhitungan manual sebesar 6,9317 dan sebesar 2,079 menunjukkan Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media puzzle digital terhadap keterampilan membaca siswa kelas II SD Negeri 1 Simpang Tertip.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















