MANAJEMEN KONFLIK ANTAR PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA TIM SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35634Keywords:
manajemen konflik, pendidik, kepemimpinan sekolah, kinerja tim, kolaborasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk, penyebab, serta strategi manajemen konflik antar pendidik dan pengaruhnya terhadap peningkatan kinerja tim sekolah. Konflik antar guru merupakan hal yang tidak dapat dihindari dalam organisasi pendidikan karena perbedaan latar belakang, nilai, gaya kerja, dan pandangan profesional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi terhadap tiga sekolah menengah negeri di Kota Samarinda. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, melalui proses reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis konflik utama, yaitu konflik peran, konflik interpersonal, dan konflik profesional. Strategi yang paling efektif dalam penyelesaian konflik adalah komunikasi terbuka, mediasi kepala sekolah, serta pembentukan budaya kolaboratif antar pendidik. Manajemen konflik yang dijalankan secara integratif terbukti meningkatkan koordinasi, inovasi pembelajaran, serta kohesi dan kepercayaan antar guru. Dengan demikian, manajemen konflik tidak hanya berfungsi untuk mengurangi pertentangan, tetapi juga menjadi sarana strategis untuk memperkuat kinerja tim dan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis di sekolah.
Downloads
References
Aggarwal, J. (2022). Yukl, GA, & Gardner, WL (2020). Leadership in Organizations. Pearson Education, Inc. Journal of Leadership Studies, 16(3), 57–60.
Bush, T. (2007). Educational leadership and management: Theory, policy and practice. South African Journal of Education, 27(3), 391–406.
Bush, T. (2020). Theories of educational leadership and management.
De Dreu, C. K. W., & Weingart, L. R. (2003). Task versus relationship conflict, team performance, and team member satisfaction: a meta-analysis. Journal of Applied Psychology, 88(4), 741.
Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (1991). Educational administration: Theory, research, and practice. (No Title).
Jehn, K. A., & Mannix, E. A. (2001). The dynamic nature of conflict: A longitudinal study of intragroup conflict and group performance. Academy of Management Journal, 44(2), 238–251.
Katzenbach, J., & Smith, D. (1992). The wisdom of teams: Creating the high-performance organization. Harvard Business Press.
Luthans, F., & Broad, J. D. (2025). Positive organizational behavior and psychological capital: An evidence-based 20-year journey. In Advancing Positive Organizational Behaviour (pp. 7–36). Routledge.
Miles, M. B., Huberman, A. M., Saldana, J., & Rohidi, T. R. (1996). F. Analisis Data. IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH, 61.
Owens, R. G., & Valesky, T. C. (2011). Organizational Behavior in Education: Leadership and School Reform Tenth Edition.
Pondy, L. R. (1967). Organizational conflict: Concepts and models. Administrative Science Quarterly, 296–320.
Qomaruddin, Q., & Sa’diyah, H. (2024). Kajian teoritis tentang teknik analisis data dalam penelitian kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(2), 77–84.
Rahim, A., & Bonoma, T. V. (1979). Managing organizational conflict: A model for diagnosis and intervention. Psychological Reports, 44(3_suppl), 1323–1344.
Rahim, M. A. (2023a). Managing conflict in organizations. Routledge.
Rahim, M. A. (2023b). Managing conflict in organizations. Routledge.
Robbins, S. P. (2011). Judge. TA (2007). Organizational Behavior. Pearson Education, Inc., Upper Saddle, River, New Jersey.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















