Analisis Komprehensif Empat Aspek Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Pemula Di Lembaga Markaz El Arabiya Pekanbaru

Analisis Komprehensif Empat Aspek Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Pemula Di Lembaga Markaz El Arabiya Pekanbaru

Authors

  • Wilsa Martiana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Wahyuni Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RIAU

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35596

Keywords:

Analisis, Kurikulum Bahasa Arab, Pembelajaran Non Formal

Abstract

ABSTRAK

Bahasa Arab memiliki posisi strategis dalam pendidikan global karena perannya dalam komunikasi lintas budaya, ekonomi, dan agama. Penelitian ini berfokus pada analisis kurikulum pembelajaran Bahasa Arab tingkat pemula di lembaga pendidikan non-formal Markaz El Arabiya Pekanbaru. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi implementasi dan efektivitas kurikulum dalam empat aspek utama: tujuan, materi, metode, dan evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum di Markaz El Arabiya dirancang untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan komunikatif peserta melalui pembelajaran interaktif yang menekankan percakapan, kosakata tematik, dan latihan praktis. Materi pembelajaran menggunakan buku ajar karya pengajar sendiri yang terdiri dari 11 bab dengan fokus pada kosakata dan tata bahasa sederhana. Metode pembelajaran bersifat student-centered dengan pendekatan interaktif, sedangkan evaluasi dilakukan secara lisan dan tulisan. Meskipun belum memiliki kurikulum baku tertulis, pelaksanaan pembelajaran terbukti efektif mengembangkan kompetensi komunikatif peserta, dibuktikan dengan keberhasilan alumni melanjutkan studi ke Timur Tengah. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis dalam pengembangan model kurikulum Bahasa Arab di lembaga non-formal yang adaptif terhadap kebutuhan pembelajar pemula di era global.

Kata Kunci: Analisis, Kurikulum Bahasa Arab, Pembelajaran Non Formal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adin, A. M., & Khoir, M. A. (2025). Analisis Metode Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(01), 1107–1116. https://jurnaldidaktika.org

Asmara, L., & Ali Mustofa, T. (2024). Strategi Guru Bahasa Arab dalam Meningkatkan Maharotul Kalam di MTs. Husnul Khotimah Kuningan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 1531–1541. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3557

Aziz, M. T., Laili Mas Ulliyah Hasan, & Muhammad Rido’i. (2024). Analisis Kurikulum Bahasa Arab Berbasis 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity) untuk Pengembangan Kompetensi Abad 21 pada Siswa. Daarus Tsaqafah Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 2(1), 216–222. https://doi.org/10.62740/jppuq.v2i1.258

Aziz, M. T., Laili Mas Ulliyah Hasan, & Riyadi, R. (2024). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Kontekstual Pada Madrasah Aliyah Raudhatul Muttaqien. Daarus Tsaqafah Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(2), 138–145. https://doi.org/10.62740/jppuqg.v1i2.150

Chairani, U. S. (2024). Analisis Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Di MIN 01 Banda Aceh. Al Bariq : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5, (1), 2024, 5(1), 1–16.

Elhami, A., Roshan, A., & Giles, H. (2024). Interaksi antara Guru dan Siswa di Kelas Bahasa Spanyol melalui Lensa Teori Akomodasi Komunikasi. , culture and language international journal of society.

Faizin, K. (2020). Evaluasi Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di STAI Attanwir Bojonegoro. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 74–85. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v4i1.139

Fina, F. N. F., & Nasiruddin, N. (2023). Manajemen Kurikulum Bahasa Arab di Pesantren Manba’ul ‘Ulum. Jurnal Ihtimam, 6(1), 47–57. https://doi.org/10.36668/jih.v6i1.464

Halimah, S. (2022). Strategi Penerapan Tariqah Mubasyarah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 1(2), 215–228. https://doi.org/10.47200/awtjhpsa.v1i2.1621

Hervina H, L., Mufidah, N., Karim, A. M., Isman, N., & Asbarin, A. (2022). Analisis Manajemen Program Bahasa Arab pada Lembaga Pendidikan Formal di Indonesia. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora, 1(4), 435–442. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i4.1162

Ida Latifatul Umroh, Fatimah, H. K. (2025). Analisis Pendekatan Dan Model Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Di SDI Sahabat Berlian Lamongan. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 165–186.

Insani, R., Ridho, U., & Maswani. (2024). Desain Kurikulum Bahasa Arab untuk Keperluan Khusus. Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 5(2), 407–429. https://doi.org/10.37274/mauriduna.v5i2.1214

Kabalamay, T., Azzahro, V. S., Habib, I., & Rahmanudin, I. (2025). Analisa Kurikulum Bahasa Arab Kelas Viii Di Pondok Pesantren Darul Quran Al-Anwariah Tulehu. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 913–924. https://doi.org/10.51878/learning.v5i2.5828

Khoiriyah, H. (2020). Deskripsi Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Di Malaysia. Al-Lisan, 6(1), 96–115. https://doi.org/10.30603/al.v6i1.1049

Maghfur, M., & Ahmad, N. F. (2023). Upaya Peningkatan Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 21(1), 132–153. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi/article/view/4052

Muthmainnah, W., Madi, F. N. Bin, & Rosid, A. (2024). Telaah Kurikulum Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Al- Qodiri Jember. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 21(1), 75–90. https://doi.org/10.30957/lingua.v21i1.919

Nurjannah, N. (2018). Analisa Kebutuhan Sebagai Konsep Dasar dalam Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab di MAN Curup. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 2(1), 49. https://doi.org/10.29240/jba.v2i1.409

Nurul Fawzani, Firdaus, & Akmal. (2022). Hubungan Lagu Berbahasa Arab dengan Maharah Istima’ Mahasiswa. Jurnal Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab, 4(2), 32–39. https://doi.org/10.47435/naskhi.v4i2.1214

Putri, A. K. S., Aristantia, D. W., Qomariyah, Q., Amalia, P., & Rohmah, M. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Di Lembaga Bahasa Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya (LPBA-MASA). Journal on Education, 6(1), 2196–2206. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3222

Rahnang, R. (2014). Organisasi Kurikulum Bahasa Arab. At-Turats, 8(1). https://doi.org/10.24260/at-turats.v8i1.108

Sakdiah, N., & Sihombing, F. (2023). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Sathar, 1(1), 34–41. https://doi.org/10.59548/js.v1i1.41

Syaifudin, M. (2019). Strategi Pengembangan Komponen Kurikulum Bahasa Arab. alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(1), 72–90. https://doi.org/10.15642/alfazuna.v2i1.248

Widodo, S. A. (2020). Development and Maintenance of Arabic through Education in Islamic Education Institutions in Indonesia/ Pengembangan Dan Pemertahanan Bahasa Arab Melalui Pendidikan Di Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 195–216. https://doi.org/10.14421/almahara.2020.062.03

Widya, L., Ibrahim, M., Aufa, I., Hasana, N., & Az-zahra, S. R. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Menggunakan Model Window Shopping. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 53–62.

Yusuf, M. (2019). Desain Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab: Pendekatan Otak Kanan. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 18(2), 147–160. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v18i2.1867

Yusvida, M. (2020). Strategi Belajar Bahasa Arab yang Efektif pada Perguruan Tinggi. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 127–139. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i2.2781

Downloads

Published

2025-11-14