PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR: MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KELOMPOK ANAK SD BERDASARKAN PRINSIP KONSTRUKTIVISME.

Authors

  • Helmi Handoko Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • M Soinun Amrillah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Kasinyo Harto Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Irja Putra Pratama Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35595

Keywords:

Teori Kontruktivisme, Neuroscience, Pendidikan, Peran Guru, pembelajaran, Diskusi Kelompok

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Bagaiaman Prinsip Kontruktivisme, Bagaimana peran guru sebagai fasilitator, bgaimana cara Meningkatkan pembelajaran kelompok anak sd berdasarkan prinsip kontruktivisme. Dalam penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif deskriptif artinya penelitian tentang penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Teknik analisis data yang dipakai: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi.Hasil penelitian ini memiliki tiga implikasi praktis yang perlu ditindaklanjuti oleh pihak terkait. Pertama, bagi Guru, perlu dilakukan pelatihan profesional yang intensif dan berkelanjutan yang secara spesifik fokus pada teknik scaffolding kognitif, terutama bagaimana merancang dan menggunakan pertanyaan terbuka (pemantik) untuk memandu eksplorasi siswa tanpa memberikan solusi. Kedua, bagi Sekolah (SDN 01 Jatimulyo), perlu dikembangkan pedoman standar operasional yang menekankan peran guru sebagai ''penunda jawaban'' dan ''pengelola ZPD'', serta mengintegrasikan metode evaluasi yang menilai proses scaffolding di kelas.Kedua, bagi Sekolah (SDN 01 Jatimulyo), perlu mengembangkan pedoman operasional standar yang mengharuskan peran guru sebagai ''penunda jawaban'' dan ''pengelola ZPD'', serta mengintegrasikan metode evaluasi yang menilai proses scaffolding di kelas. Ketiga, bagi Institusi Pendidikan dan Pelatihan, temuan ini menjadi masukan penting untuk merevisi kurikulum guru pelatihan, agar tidak hanya mengajarkan apa itu konstruktivisme

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amahorseya, M. Z. F. A., & Mardliyah, S. (2023). Model Pembelajaran Kelompok Dengan Sudut Pengaman Di TK Anak Mandiri Surabaya. Jurnal Buah Hati, 10(1), 16–28.

Anwar, N., Romadhon, T. N., Sandro, A., & Khikmawanto. (2023). Peran guru fasilitator, pembelajaran, kreativitas siswa. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(3).

Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Teacher’s Role as Facilitator in Learning in Grade V Elementary School. Journal of Education and Counseling, 4(3), 2492–2500.

Harefa, Z. V., Tafonao, T., Harefa, D., Sapalakkai, R. S., & Sophia, S. (2022). Peran Guru sebagai Fasilitator dan Katalisator melalui Teori Konstruktivisme dalam Model Pembelajaran Kontekstual kepada Tuhan , kecerdasan , keterampilan , budi pekerti luhur dan turut bertanggung Berdasarkan beberapa pandangan diatas kita dapat mengarah. 4(2), 211–228.

Husni Mubarok, & Syailin Nichla Choirin Attalina. (2022). Studi Fenomenologi Peran Guru Sekolah Dasar Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Tematik di Kelas Tinggi. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 75–87.

Inayah, U. L., Anisah, N., Fitria, L., Nisak, K., Muhimah, S. N., Manajemen, P., Universitas, P., & Dasar, S. (2024). Analisis peran guru sebagai fasilitator siswa dalam pembelajaran di kelas pada upt satuan pendidikan sdn bendungan. Journal Educatione: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 84–93.

Jadidah, I. T., Putri, A. S., Darma, A. D., & Wijaya, H. (2023). Peran Guru Sebagai fasilitator Bagi Siswa Kelas 1 di SD Negeri 230 Palembang. JIMR: Jurnal Of International Multidisciplinary Research, 02(1), 84–93.

Lase, R. K., & Tangkin, W. P. (2022). Peran Guru Kristen Sebagai Fasilitator dalam Upaya Pembentukan Keaktifan Belajar Siswa. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 5(1), 39–51.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://doi.org/10.62159/ghaitsa.v2i1.188

Mulyati, T. (2016). Pendekatan Konstruktivisme Dan Dampaknnya Bagi Hasil Belajar Matematika Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 1(2). https://doi.org/10.17509/eh.v1i2.2738

Mustofa, A. (2021). Konsepsi Peran Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pendahuluan. ANNABA: Journal of Islamic Education, 7(2), 171–186.

Nurzannah, S. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran Siti. ALACRITY : Journal Of Education, 2(3), 26–34.

Panjaitan, H., & Hafizzah, F. (2025). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SDIT Mutiara Ilmu Kuala. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 328–343.

Rasyid, F., Manra, M., & Syukur, M. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Pembelajaran Daring di SD Inpres Cambaya IV Makassar. Predestinasi, 15(2), 10. https://doi.org/10.26858/predestinasi.v15i2.40120

Sabila, N. P., & Siti Quratul Ain. (2023). PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS II SDN 177 PEKANBARU. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(2).

Shofiya, S., Sartika, S. B., & Sidoarjo, U. M. (2020). Peran Guru IPA SMP Sebagai Fasilitator Dalam Kegiatan belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 112–117.

Suwandayani, B. I., Kuncahyono, & Ika Anggraini, A. (2021). Pola Implementasi Teori Konstruktivisme Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(2), 609–618. https://doi.org/10.30738/tc.v5i2.11472

Downloads

Published

2025-11-13

Most read articles by the same author(s)