Rifka Hadia Lubis, Rayandra, Asrial, Syaiful

Analisis Kritis Kualitas Pendidikan Indonesia dalam Konteks Global: Perspektif Filsafat Pendidikan

Authors

  • Rifka Hadia Lubis Universitas Jambi
  • Rayandra Universitas Jambi
  • Asrial Syaiful Universitas Jambi
  • Syaiful Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35540

Keywords:

Kualitas Pendidikan, Filsafat Pendidikan, Globalisasi, PISA, Kebijakan

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas pendidikan Indonesia dalam konteks global melalui pendekatan filosofis yang mencakup dimensi ontologis, epistemologis, dan aksiologis. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan analisis deskriptif-kritis terhadap dokumen internasional seperti OECD, UNESCO, dan World Bank, serta literatur akademik terkait. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendidikan Indonesia masih menghadapi tantangan serius dalam hal mutu, pemerataan akses, relevansi kurikulum, dan kompetensi guru. Data PISA 2022 menempatkan Indonesia di bawah rata-rata OECD, menunjukkan perlunya transformasi pendidikan yang lebih komprehensif. Kajian ini menegaskan pentingnya pendekatan filosofis yang menempatkan nilai-nilai Pancasila dan kemanusiaan sebagai pusat pembaruan pendidikan nasional. Implikasi penelitian mencakup penguatan kompetensi guru, reformasi kurikulum, pemanfaatan teknologi digital, serta kolaborasi internasional yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Freire, P. (2000). Pedagogy of the Oppressed. Bloomsbury Publishing.

Hanushek, E. A., & Woessmann, L. (2015). The Knowledge Capital of Nations: Education and the Economics of Growth. MIT Press.

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing.

Tilaar, H. A. R. (2013). Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Grasindo.

UNESCO. (2023). Education for Sustainable Development: Progress Report 2023. UNESCO Publishing.

World Bank. (2023). Learning Poverty Index 2023. World Bank Publications.

UNESCO. (2022). Global Education Monitoring Report 2022: Technology in Education—A Tool on Whose Terms? UNESCO Publishing.

World Bank. (2023). World Development Report 2023: Migrants, Refugees, and Societies. World Bank Publications.

World Economic Forum. (2023). The Global Competitiveness Report 2023: Shaping the Future of the Global Economy. World Economic Forum.

Asia Society. (2024). Global Education Index 2024: Measuring Educational Outcomes and Values. Asia Society Center for Global Education.

Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Noddings, N. (2018). Philosophy of Education (4th ed.). Routledge.

Peters, R. S. (2015). Ethics and Education. Routledge.

Dewey, J. (1938). Experience and Education. Macmillan.

Zhao, Y. (2020). Catching Up or Leading the Way: American Education in the Age of Globalization. ASCD Publishing.

Sahlberg, P. (2021). Finnish Lessons 3.0: What Can the World Learn from Educational Change in Finland? Teachers College Press.

Mulyasa, E. (2021). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Remaja Rosdakarya.

Syah, M. (2016). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya.

OECD. (2024). Education at a Glance 2024: OECD Indicators. OECD Publishing.

Schleicher, A. (2018). World Class: How to Build a 21st-Century School System. OECD Publishing.

Downloads

Published

2025-11-14