Nilai-Nilai Kepesantrenan KH. Imam Zarkasyi sebagai Fondasi Moderasi Beragama di Era Globalisasi

Authors

  • Yelna Sepiana UIN Raden Fatah Palembang
  • Darmanto UIN Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Fauzi UIN Raden Fatah Palembang
  • Abu Mansur UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35503

Keywords:

KH. Imam Zarkasyi, pesantren, nilai kepesantrenan, moderasi beragama, globalisasi

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai kepesantrenan yang dirumuskan oleh KH. Imam Zarkasyi serta relevansinya terhadap penguatan moderasi beragama di era globalisasi. Kajian ini berangkat dari pandangan bahwa pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki peran penting dalam membentuk karakter moderat umat. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan analisis literatur, penelitian ini menelusuri nilai-nilai dasar pesantren seperti keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, dan kebebasan berpikir dalam bingkai adab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai tersebut memiliki korelasi kuat dengan prinsip-prinsip moderasi beragama, seperti komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan penerimaan terhadap budaya lokal. Implementasi nilai-nilai tersebut tercermin dalam sistem pendidikan Pondok Modern Darussalam Gontor yang menekankan keseimbangan antara ilmu, akhlak, dan tanggung jawab sosial. Meskipun dihadapkan pada tantangan globalisasi dan digitalisasi, pesantren tetap menjadi benteng moderasi beragama yang adaptif dan relevan. Pemikiran KH. Imam Zarkasyi terbukti memberikan kontribusi signifikan terhadap penguatan moderasi beragama di Indonesia melalui model pendidikan Islam yang inklusif, rasional, dan berorientasi pada kemaslahatan umat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Angkat, S. A., Wardhani, S., & Syahrial, S. (2024). Konsep Penilaian Autentik dalam Evaluasi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(3), 13.

Fadli, A. (2021). No TitlRadikalisme dan Tantangan Dakwah di Era Digital: Perspektif Komunikasi Islame. Jurnal Komunikasi Islam, 11(2), 123–138.

Fananie, Z. (2019). Dinamika Nilai-Nilai Pendidikan di Pondok Modern Gontor: Studi tentang Konsep Ikhlas dan Ukhuwah. Jurnal At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Kependidikan Islam, 14(1), 1–15.

Halim, A. (2021). Kebebasan Berpikir dalam Perspektif Pendidikan Islam Modern. Jurnal Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 9(2), 201–219.

Hidayat, M., & Sari, D. (2022). Hidayat, M., & Sari, D. Moderasi Beragama dalam Era Digitalisasi: Tantangan dan Peluang. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 45–60.

Irham Maulana, Abdullah Idi, Munir, & M. R. R. (2024). Internalisasi Nilai Nilai Moderasi Beragama di Pondok Pesantren Aulia Cendekia Palembang. Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia, 3(1), 48–57.

Karnaen, A., Hakim As Shidqi, & A. M. (2023). The Policy of Moral Education on KH Imam Zarkasyi’s Thought at Gontor Modern Islamic Boarding School 163–182. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 163–182.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI.

Ma’arif, S. (2018). Kesederhanaan dan Spirit Modernisasi dalam Sistem Pendidikan Gontor. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 3(2), 87–104.

Mastawan. (2025). Tantangan antren Tradisional di Era Globalisasi: Tinjauan Sosiologis terhadap Pergeseran Fungsi Sosial Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 4(2).

Maulana, A. (2020). Pesantren dan Moderasi Islam di Indonesia: Analisis terhadap Model Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 5(1), 77–92.

Maulida, R. S., Fauziah, S. F., Muin, A., & Mu’izzuddin, M. (2025). Upaya Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Globalisasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3).

Maulida, R. S., Susanto, H., & Saputro, A. D. (2023). Education Thought Imam Zarkasyi and Relevance to the Development of Islamic Education in Indonesia. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).

Nata, A. (2016). Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers.

Nur Aini, N. F. & S. Y. (2024). Menjembatani Tradisi dan Modernitas: Penerapan Nilai Nilai Moderasi Beragama dalam Aktivitas Santri Tahfidz di Pondok Pesantren Al Asror. Moderation: Journal of Religious Harmony, 1(2).

Nur Fani, A. P., Nugroho, A. S., & Fajri, M. R. (2024). Implementation of the Point System in Fostering the Discipline of Old Santri at Pondok Modern Darussalam Gontor Campus 7 Kalianda South Lampung. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 9(1).

Pradana, S. (2017). Implementasi Ekonomi Mandiri dalam Pengembangan Life Skill dan Dampaknya pada Mutu Pesantren di Pondok Modern Darussalam Gontor. M.A. UIN Sunan Kalijaga.

Sigit Raharja, A. A. R. & F. W. (2023). Internalisasi Moderasi Beragama di Pondok Pesantren Tahfidzul Wa Ta’limul Qur’an Masjid Agung Surakarta Menangkal Radikalisme. Al Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 20(1).

Sintia, I. R. & Ubadah, U. (2025). Potret Pendidikan Umum di Pondok Modern Darussalam Gontor: Integrasi Kurikulum dan Nilai Falsafah Hidup. In Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0, 4(1).

Suhardi, U., Khoirul Anwar, M., & Yasa Wibawa, Y. (2024). Tantangan Moderasi Beragama dalam Disrupsi Teknologi. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu, 27(2).

Suhendri, A., Meriyati, M., & Yahya, Y. (2024). Implementasi Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Melalui Metode Habituasi di Pondok Rosantren Darussalam Gontor Putri Kampus 8. Journal on Education, 7(1).

Sutrisno, E. (2020). Nilai-Nilai Kepesantrenan dalam Pembentukan Karakter Moderat Santri. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 101–115.

Ubaidillah, U. A., Basri, H., & Sya’bani, M. A. Y. (2021). KH Imam Zarkasyi’s Life Principles In Education Of Modern Pondok Santri Darussalam Gontor. Journal Universitas Muhammadiyah Gresik Engineering, Social Science, and Health International Conference (UMGESHIC), 1(2), 100–105.

Wibowo, M., & Laili, R. (2022). Pendidikan Moderasi Beragama di Pesantren: Upaya Membangun Toleransi dan Kebangsaan. Al-Qalam:Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 26(2), 233–248.

Zainuddin, F. (2021). Konsep Ikhlas dalam Pendidikan Islam: Analisis Pemikiran KH. Imam Zarkasyi. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 11(2), 134–149.

Zarkasyi, A. S. (2017). The Gontor System: Educational Reform and Modernization in the Pesantren Tradition. Studia Islamika, 24(3), 433–456.

Downloads

Published

2025-11-11