KONSELING KELOMPOK DALAM MEMBANTU SISWA MENGELOLA TINGKAT KECEMASAN AKADEMIK di SMA MUHAMMADIYAH SAMPIT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35495Keywords:
Konseling kelompok, kecemasan akademik, peserta didikAbstract
Pendidikan memiliki peranan penting dalam menentukan kemajuan suatu negara, dimana dari pendidikan akan membentuk sumber daya manusia yang kompeten dan siap bersaing secara global. Akan tetapi, banyak dijumpai peserta didik di jenjang pendidikan menengah yang mengalami kecemasan akademik. Tekanan akademik, kecemasan sosial dan juga adanya kompetisi antar peserta didik menjadi faktor peserta didik mengalami kecemasan akademik. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti menggunakan layanan konseling kelompok dalam membantu peserta didik mengelola tingkat kecemasan akademik. Artikel ini membahas tentang penerapan konseling kelompok dalam mengatasi kecemasan akademik peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitiatif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kecemasan yang dialami oleh peserta didik SMAS Muhammadiyah Sampit berupa rasa gugup, khawatir juga cemas. Faktor yang mempengaruhi bentuk kecemasan tersebut dapat berupa faktor eksternal maupun intermal. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa konseling kelompok memiliki peran efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan akademik peserta didik. Dengan adanya konseling kelompok, peserta didik mendapatkan dukungan secrara emosional serta sosial, kesadaran diri yang meningkat serta terbangunnya kepercayaan diri terhadap kemampuan diri sendiri.
Keyword : konseling kelompok, kecemasan akademik, peserta didik, bentuk dan faktor, kepercayaan diri
Downloads
References
Afriani, D., Folastri, S., & Syahputra, Y. (2020). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Psychocentrum Review, 2(2), 98–106. DOI: 10.26539/pcr.22356
Atikasuri, M., Mediani, H. S., & Fitria, N. (2018). Tingkat Kecemasan Pada Andikpas Usia 14-18 Tahun Menjelang Bebas Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas Ii. Journal Of Nursing Care, 1(1), 78. Https://Doi.Org/10.24198/Jnc.V1i1.157
Bahnan, A. (2022). Efektivitas layanan bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SMA: Systematic literature review. . Jurnal Pendidikan Nusantara, 2(2), 70–81. doi:https://doi.org/10.52796/jpnu.v2i2.51
Banks, J., & Smyth, E. (2015). ‘Your whole life depends on it’: academic stress and high stakes testing in Ireland. Journal of Youth Studies, 18(5), 598-616.
Cheung, C.S., & Chang, C.M. (2008). Relation of Perceived maternal Parenting Styles,Practices and Learning Motivation to Academic Competence in Chinese Children. Merrill-Palmer Quarterly, 54, 1-22.
Corey, G. (2016). Theory and Practice of Group Counseling .
Folastri, Sisca., & Itsar. (2016). Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Bandung: Mujahid.
Hanim, M.L, Fitri, & Ahlas, S. (2020). Orientasi Masa Depan dan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian PsikologiSSN 2087-3441 (printed) 2549 9882 (online) , https://doi.org/10.29080/jpp.v11i1.362
Harahap, J., & Silvianetri, S. (2024) Efektifitas Konseling Kelompok dalam Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian pada Siswa .Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam,8(2), 107–122. https://doi.org/10.29240/jbk.v8i2.10836
Harper, G.F., & Maheady, L. (2007). Peer-Mediated Teaching and Students With Learning Disabilities. Intervention in Schools and Clinics. 43, 101-107.
Hernawati, E. (2023). Layanan Konseling Kelompok Melalui Teknik Desensitisasi Sistematis Untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian Pada Siswa Smp. Quanta, 7(1), 1–7. Http://E Journal.Stkipsiliwangi.Ac.Id/Index.Php/Quanta/Article/View/1709
Humaira, T. F., & Prasetya, Y. (2022). Analisis Pengaruh Bimbingan Konseling Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa Di Sekolah. Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(2), 209. Https://Doi.Org/10.29240/Jbk.V6i2.4788
Jacobs, E. E., Schimmel, C. J., Masson, R. L., & Harvill, R. L. (2012). Group Counseling: Strategies and Skills, Seventh Edition. 497.
Lingga, M., & Diana, R. R. (2024). Nilai-Nilai Konseling Islam Pada Syair Tari Saman Di Kalangan Masyarakat Gayo. 8(1), 1–14.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















