TUJUAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DALAM PERENCANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN DASAR DI SDS QUR’AN CENTER

Authors

  • Hesti Rahmawati Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Kepulauan Riau
  • Yuniy Sarah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Kepulauan Riau
  • Rachel Amalia Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Kepulauan Riau
  • Nurul Hikmah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Kepulauan Riau
  • Nurhayati Institut Agama Islam Hidayatullah Batam
  • Misbah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35465

Keywords:

Tujuan Pembelajaran, Kurikulum, Pendidikan Dasar, SDS Qur’an Center, Nilai Keislaman.

Abstract

Perumusan tujuan pembelajaran yang efektif menjadi elemen kunci dalam perencanaan kurikulum pendidikan dasar karena berfungsi mengarahkan proses belajar agar selaras dengan pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip tujuan pembelajaran yang efektif di SDS Qur’an Center serta menilai integrasinya dengan nilai-nilai keislaman dalam kurikulum sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, berdasarkan telaah terhadap 25 literatur terakreditasi nasional dan internasional yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDS Qur’an Center telah menerapkan prinsip SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound) dalam penyusunan tujuan pembelajaran, yang terintegrasi dengan nilai Qur’ani untuk mendukung pembentukan karakter dan kompetensi siswa. Namun, ditemukan kendala berupa kurangnya pemahaman sebagian guru terhadap indikator pembelajaran terukur dan minimnya pelatihan berkelanjutan. Kesimpulannya, perumusan tujuan pembelajaran yang efektif dan bernilai Islami di SDS Qur’an Center telah memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan kurikulum holistik yang berorientasi pada pembentukan generasi Qur’ani yang cerdas, berakhlak, dan adaptif terhadap perubahan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andika, M. F. (2023). Implementasi Kompetensi Guru PPkn dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran Berbasis ABCD di Sekolah Menengah Kejuruan. Pelita: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 1–5.

Ariesanti, D., Mudiono, A., & Arifin, S. (2023). Analisis implementasi kurikulum merdeka dan perencanaan pembelajaran di sekolah dasar. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 1896–1907.

Azani, A., Sarmila, S., & Gusmaneli, G. (2024). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya Dan Pendidikan, 1(5), 174–186.

Dani, R., & Aisyah Zukifli, N. (2023). Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Islam. Islamic Education Studies : An Indonesia Journal, 6(1), 32–46. https://doi.org/10.30631/ies.v6i1.47

Denico, A. (2024). Inovasi Kurikulum Dan Pembelajaran Dalam Pembelajaran Kontektual. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 6(2), 118–125.

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2018). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 152–157.

Heri, D., & Ruswandi, U. (2022). S Konsep Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 255–267.

Hilda, Mulyadi, & M Hajar Dewantoro. (2025). Transformasi Karakter Siswa Melalui Peran Strategis Guru Pai Di Sd Negeri Sardonoharjo 1. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 7(2), 385–396. https://doi.org/10.20885/tullab.vol7.iss2.art12

Ilmawan, D. (2024). Implementasi kurikulum merdeka: Pemaknaan merdeka dalam perencanaan pembelajaran di sekolah dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 820–828.

Ilmi, I., Wanayati, S., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2023). Islamic Educational Values as the Core of Character Education. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 7(2), 406–471. https://doi.org/10.29062/edu.v7i2.633

Janani, M. (2025). Peran Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakteristik Siswa di Madrasah Hidayatul Islamiyah Kuala Tungkal. 1388–1394.

Juli Yansyah, M. E., Pahrudin, A., Jatmiko, A., & Koderi, K. (2024). Transformasi Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Menyiapkan Generasi Berkarakter di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(2), 361–372. https://doi.org/10.21009/jpd.v15i2.49826

Lestari, K. M., M, I., & Gusli, R. A. (2024). Teori Pembelajaran dan Dampaknya pada Pengembangan Kurikulum di SMAN 3 Bukittinggi. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(1), 101–112. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16405

Mustofa, M., Judijanto, L., Faridah, L., Hamidah, E., Vanchapo, A. R., & Kurniasari, N. (2023). Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 237–242.

Muth’im, A., Jumariati, J., Al Arief, Y., & Jannah, N. (2021). Pelatihan Perumusan Tujuan Pembelajaran dan Indikator Pencapaian Kompetensi bagi Guru-Guru Bahasa Inggris di Kabupaten Banjar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 120–129.

Muttaqin, M. F., Fadilah, S. N., & Azimah, A. F. (2025). PERENCANAAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DALAM KONSEP KURIKULUM MERDEKA. Cahya Ghani Recovery.

Nurhayati. (2023). DETERMINASI KINERJA GURU : PENGEMBANGAN KURIKULUM, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH. Jurnal Mumtaz Juli, 3(2), 106–116.

Nurhayati. (2024). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Guru di Sekolah Dasar Islam terpadu Kepulauan riau. Jurnal Literasiologi, 11(1), 29–49. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v11i1.657

Nurhayati, N., Latif, M., & Anwar, K. (2024). The Influence of Organizational Culture, Career Expectations, and Leadership Beliefs On Achievement Motivation In Integrated Islamic Primary Schools Riau Islands …. Dinasti International Journal of …, 5(5), 1150–1168. https://dinastipub.org/DIJEMSS/article/view/2700%0Ahttps://dinastipub.org/DIJEMSS/article/download/2700/1803

Nurhayati, N., & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan dan Tenaga Pendidikan Islam. International Edition, 3(1), 451–464.

Pembelajaran, D. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Efektif : Kajian Konsep ,. 04(01).

Raito, R., & Rofi, M. N. (2023). Implikasi Pedagogis Tentang Tujuan Pendidikan Dalam Qur’an Surat Al-Dzariyat Ayat 56 Dan Al-Baqarah Ayat 30 Kajian Ilmu Pendidikan Islam. Masagi, 2(1), 162–171. https://doi.org/10.37968/masagi.v2i1.487

Ramadhan, W., & Sentosa, S. (2023). Analisis Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Ilmu Pendidikan Alam dan Sosial (IPAS) Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. El-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 6(1), 81. https://doi.org/10.24014/ejpe.v6i1.20416

Sadiq, N. (2024). Integrating Islamic Values into English Language Teaching:Some Practical Insights from Indonesian Contexts. Iconish, 2(2024), 67–78.

Sity Fatimah, Al-Hidayah, Tiangat Siregar, Sumiati, N. (2024). ADMINISTRASI SEKOLAH (ADMINISTRASI KEUANGAN SEKOLAH DAN SARANA PRASARANA).

Sufia, G. H., & Nasrun Harahap. (2025). Desain Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran PAI. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 3429–3434. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.911

Taufik Hidayat, I. T. (2022). I Implikasi Pendidikan Dari Al-Quran Surat Adz-Dzariyat Ayat 56 Tentang Tujuan Penciptaan Manusia Terhadap Upaya Pendidikan Dalam Membentuk Manusia Yang Taat Beribadah. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 548–556. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i2.4500

Wakit, S., Muid, F. A., Sholihin, C., Talindong, A., Meisya, R., Yelipele, B., Rifana, F., & Mastur, A. (2024). MANAJEMEN PENDIDIKAN ANTARA KONSEP DAN PENGELOLAAN. Duta Sains Indonesia.

Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). METODOLOGI PEMBELAJARAN: STRATEGI, PENDEKATAN, MODEL, METODE PEMBELAJARAN. IRDH Book Publisher.

Downloads

Published

2025-11-19