MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DI POJOK BACA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35453Keywords:
Minat Baca, Buku Cerita Bergambar, Pojok BacaAbstract
Rendahnya minat baca siswa sekolah dasar menjadi tantangan serius dalam upaya meningkatkan kualitas literasi sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media buku cerita bergambar di pojok baca dapat meningkatkan minat baca siswa kelas III Sekolah Dasar serta mengidentifikasi hambatan yang muncul dalam pelaksanaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, yang dilaksanakan di SDN 2 Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Subjek penelitian meliputi 33 siswa kelas III dan guru kelas III sebagai informan utama. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi buku cerita bergambar dengan pojok baca dapat meningkatkan ketertarikan, frekuensi, serta pemahaman siswa terhadap bacaan. Selain itu, penelitian ini memberikan kontribusi bagi guru dan sekolah dalam merancang strategi literasi yang kreatif, menarik, dan menyenangkan guna menumbuhkan budaya membaca sejak dini.
Kata kunci: Minat Baca, Buku Cerita Bergambar, Pojok Baca
Downloads
References
A Anugrah, dkk. “PERAN POJOK BACA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA MASYARAKAT DUSUN NGRANCAH,” Jurnal Pustaka Budaya Vol. 9 No. 2, Juli 2022.
Elendiana, Magdalena, “Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan dan Konseling Research & Learning in Primary Education, Vol. 2 No. 1, 2020.
Farid Ahmadi, “Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode Glenn Doman Berbasis Multimedia,” Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 27 No. 1, 2010.
Farida Rahim, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2018).
Herman Wahadaniah, Perpustakaan Sekolah Sebagai Sarana Pengembangan Minat dan Kegemaran Membaca, (Jakarta: DEPDIKBUD, 2017).
Kemendikbud. (2018). Pengertian Pojok Baca.
Kurniawan, R., Hayati, S., & Riskayanti, J. “Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar The Role Of The Reading Corner In Fostering Elementary School Students’ Interest In Reading,” Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol. 3, pp. 48–57, 2019.
P. R. Anggraeni, “Implementasi Kebijakan Literasi Sekolah Guna Peningkatan Karakter Gemar Membaca,” Indonesian Journal of Sociology Education and Development, Vol. 1 No. 1, 2019.
Setiawati & Mahmud, M. E. “Studi Analisis Program Pojok Baca dalam Menstimulasi Minat Baca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darul Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Tahun Ajaran 2019–2020,” Jurnal Tarbiyah Ilmu Keguruan Borneo, Vol. I No. 2, 2020.
UNESCO. (2003). The Prague Declaration “Towards an Information Literate Society.” Information Literacy Meeting of Experts, 29. Retrieved from http://www.unesco.org/new/fileadmin/MULTIMEDIA/HQ/CI/CI/pdf/themes/info_lit_meeting_prague_2003.pdf
Wandasari, Y. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter,” JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Vol. 1 No. 1, pp. 325–343, 2017.
Wiedarti, P. dkk. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















