Pengaruh Media Coding Emogi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di Sanggar Belajar Baru Malaysia
Media Coding Emogi, berpikir kritis
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35449Keywords:
Media Coding Emogi, berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Coding Emogi perkalian terhadap keterampilan berpikir kritis siswa di Sanggar Belajar kampung Baru, Malaysia. Subjek penelitian adalah satu kelas, yaitu kelas V yang berjumlah 18 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket keterampilan berpikir kritis yang disusun berdasarkan indikator klarifikasi, memberikan alasan, menyimpulkan, serta mengevaluasi. Data dianalisis menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil dapat diketehui bahwa nilai signifikan sebesar .000 yang mana mana 0.000 < 0,05. Dapat disimpulakn bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, hal ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh media coding emogi terhadap keterampilan berfikir keritis siswa di kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada keterampilan berpikir kritis siswa setelah menggunakan media Coding Emogi. Peningkatan tersebut terlihat dari rata-rata skor posttest yang lebih tinggi dibandingkan dengan pretest. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Coding Emogi berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V di Sanggar Belajar Kampung Baru, Malaysia.
Downloads
References
Alifteria, Faradila Aulia, Prastowo, Tjipto, & Suprapto, Nadi. (2023). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills on Virtual Reality Learning Media. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 4(1), 59–67. https://doi.org/10.46245/ijorer.v4i1.275
Ariadila Salsa, Silalahi Yessi, Fadiyah Firda, Jamaludin Ujang, & Setiawan Sigit. (2023). Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis TerhadapPembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 664–669. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.8436970
Chasanah, Rizkyamana Nur, Mujasam, Widyaningsih, Sri Wahyu, & Yusuf, Irfan. (2019). Kasuari : Physics Education Journal ( KPEJ ) Universitas Papua Influence Of The Use Of Interactive Learning Media On Students ’ Higher Order Thinking Skills Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peser. 2(1), 26–35.
Deen, Jalal, Mirzapour, Aulia, Hartika, Hafeez, Muhammad, Mashwani, Hazrat Usman, Careemdeen, Maryam, & Syaharuddin. (2024). The Role of Interactive Learning Media in Enhancing Student Engagement and Academic Achievement. International Seminar on Student Research in Education, Science, and Technology, 1, 57–67. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/issrestec
Haptanti, Frida Septy, Hikmah, Miftahul, & Basuki, Imam Agus. (2024). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Bahasa Indonesia. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(9), 972–980. https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p972-980
Hendri Mulyana, Edi, Lolita, Aini, & Sunandar, Ajeng Kania Trisnawati. (2022). Analisis Dasar Kebutuhan Pengembangan Media untuk Memfasilitasi Perkembangan Kognitif Anak pada Pembelajaran Geometri. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3741–3745.
Indriani, Risda Putri, Sigit, Diana Vivanti, & Miarsyah, Mieke. (2023). Meta-analisis: Pengaruh Media E-learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 58–71. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i1.1862
Rahardhian, Adhitya. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092
Rahman, Abd, Munandar, Sabhayati Asri, Fitriani, Andi, Karlina, Yuyun, & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Ramadhani, Sri, Putri Yanti Pulungan, Dwi, & Sitepu*, Melyani Sari. (2024). The Effect of Using Pop Up Book Media on Critical Thinking Ability. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 7(2), 750–754. https://doi.org/10.24815/jr.v7i2.38735
Sadewo, Dede Septyan. (2021). Hubungan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak dalam Mengerjakan Perkerjaan Rumah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 59–66.
Saputra, Hardika. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.
Saputra, Purnomo Indra, Listiani, Ivayuni, Widiyaningrum, Heny Kusuma, & Utomo, Supri Wahyudi. (2024). Strengthening Critical Thinking of Elementary School Students through Android-Based iSpring Suite Interactive Media. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 241–252. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i2.1389
Siswono, Tatang Yuli Eko. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Senatik 1), 11–16.
Tanjung, Mila Sari. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Researchgate.Net, (May), 13. Retrieved from https://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/4249/3457
Widodo, Sri Adi. (2024). What kind of Relation and Function Worksheet Based Tri-N improve Critical Thinking Skills? 15, 342–618.
Alifteria, Faradila Aulia, Prastowo, Tjipto, & Suprapto, Nadi. (2023). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills on Virtual Reality Learning Media. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 4(1), 59–67. https://doi.org/10.46245/ijorer.v4i1.275
Ariadila Salsa, Silalahi Yessi, Fadiyah Firda, Jamaludin Ujang, & Setiawan Sigit. (2023). Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis TerhadapPembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 664–669. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.8436970
Chasanah, Rizkyamana Nur, Mujasam, Widyaningsih, Sri Wahyu, & Yusuf, Irfan. (2019). Kasuari : Physics Education Journal ( KPEJ ) Universitas Papua Influence Of The Use Of Interactive Learning Media On Students ’ Higher Order Thinking Skills Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peser. 2(1), 26–35.
Deen, Jalal, Mirzapour, Aulia, Hartika, Hafeez, Muhammad, Mashwani, Hazrat Usman, Careemdeen, Maryam, & Syaharuddin. (2024). The Role of Interactive Learning Media in Enhancing Student Engagement and Academic Achievement. International Seminar on Student Research in Education, Science, and Technology, 1, 57–67. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/issrestec
Haptanti, Frida Septy, Hikmah, Miftahul, & Basuki, Imam Agus. (2024). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Bahasa Indonesia. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(9), 972–980. https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p972-980
Hendri Mulyana, Edi, Lolita, Aini, & Sunandar, Ajeng Kania Trisnawati. (2022). Analisis Dasar Kebutuhan Pengembangan Media untuk Memfasilitasi Perkembangan Kognitif Anak pada Pembelajaran Geometri. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3741–3745.
Indriani, Risda Putri, Sigit, Diana Vivanti, & Miarsyah, Mieke. (2023). Meta-analisis: Pengaruh Media E-learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 58–71. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i1.1862
Rahardhian, Adhitya. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092
Rahman, Abd, Munandar, Sabhayati Asri, Fitriani, Andi, Karlina, Yuyun, & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Ramadhani, Sri, Putri Yanti Pulungan, Dwi, & Sitepu*, Melyani Sari. (2024). The Effect of Using Pop Up Book Media on Critical Thinking Ability. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 7(2), 750–754. https://doi.org/10.24815/jr.v7i2.38735
Sadewo, Dede Septyan. (2021). Hubungan Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Anak dalam Mengerjakan Perkerjaan Rumah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 59–66.
Saputra, Hardika. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.
Saputra, Purnomo Indra, Listiani, Ivayuni, Widiyaningrum, Heny Kusuma, & Utomo, Supri Wahyudi. (2024). Strengthening Critical Thinking of Elementary School Students through Android-Based iSpring Suite Interactive Media. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 241–252. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i2.1389
Siswono, Tatang Yuli Eko. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Senatik 1), 11–16.
Tanjung, Mila Sari. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Researchgate.Net, (May), 13. Retrieved from https://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/4249/3457
Widodo, Sri Adi. (2024). What kind of Relation and Function Worksheet Based Tri-N improve Critical Thinking Skills? 15, 342–618.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















