PENGGUNAAN MEDIA STAND UP COMEDY PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT DI MTs MATTIRO DECENG

Authors

  • Asmiranda Asmiranda Universitas Muhammadiyah Bone
  • Muhammad Asdar Universitas Muhammadiyah Bone
  • Suhardiman Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35429

Keywords:

Stand Up Comedy, Teks Anekdot, Menulis, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media stand up
comedy terhadap kemampuan menulis teks anekdot pada siswa MTs Mattiro
Deceng, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan media
tersebut dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan
media stand up comedy berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan
menulis teks anekdot siswa. Siswa mampu memahami struktur, ciri, serta fungsi
teks anekdot dengan lebih baik melalui tayangan stand up comedy. Selain itu,
respon siswa terhadap penggunaan media ini sangat baik, ditandai dengan meningkatnya partisipasi, motivasi, dan antusiasme dalam proses pembelajaran menulis. Dengan demikian, media stand up comedy efektif dijadikan alternatif media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menulis teks anekdot disekolah menengah pertama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Abdussamad, Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV.Syakir Media Press, 2021.

Abubakar, Rifai. Pengantar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: SUKA- Press,2021.

Achmadi, Abudan Cholid Narbuko. 2009. Metodelogi penelitia. Jakarta: BumiAksar.

Ahmad. 2020. Teks Anekdot. Online http://www.yuksinau.id/teks-anekdot/ diakses pada 4 Januari 2021

Alma, Buchari. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan n Penelitian Pemula. Bandung:Alfabeta.

Alwasilah. Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Alwasilah, 2008.

Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku BahasaIndonesia.Jakarta: Balai Pustaka.

Andi Kristanto. Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya, 2016.

Ayu, Nurnaningsih, Luluk. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdotdengan Media Karikatur.” Jurnal Ilmiah SARASVATI, 2 (2). 2020.

Bahridjmarah, Syaiful. strategi belajarmengajar.Jakarta: PTAsdi Mahasatya, 2010.

Dalman. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada, 2016.

Damayanti, dkk. “Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Berpendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Siswa Kelas VIII MTs Mattiro Deceng”.

Djamarah, Drs. Syaiful Bahri, M.Ag. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dr. Hj.Cheriani,S.Si.,S.pd., M.Pd. dkk. 2016. Buku Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi. Watampone: STKIP Muhammadiyah Bone

Dr. Rusman, M.Pd. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Engkos, Kosasih,. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga, 2013.

Fernando Pakpahan, Andrew dkk. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Fitrah, Muh. dan Luthfiyah. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak, 2017.

Gani, Ramlan A., dan Mahmudah Fitriyah. Disiplin Berbahasa Indonesia. Jakarta: FITK Press, 2011.

Hamdayana, Jumanta. Metodelogi Pembelajaran. Jakarta: PTBumi Aksara, 2016.

Hasan, Muhammad. Media Pembelajaran, Klaten: Tahta Media Grup, 2021.

Hijriani. 2017. Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VIII D SMK Negeri 1 Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. Skripsi Watampone: STKIP Muhammadiyah Bone

Hindun, Pembelajaran Bahasa Indonesia Berkarakter di Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar. Depok: Nufa Citra Mandiri, 2014.

Husaini, Usman R. Purnomo Setiady Akbar. 2006. Pengantar Statistika, Edisi Kedua. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jurnal psikologi. 2019. Teori,Menulis.Online https://ruangguruku.com/pengertian-menulis-unsur-dan-manfaat/ diakses pada tanggal 28 Desember 2020.

Keraf, Gorys. 1991. Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia untuk Tingkat Pendidikan Menengah.Jakarta: Gramedia Widiastrama Indonesia.

Luxemburg, Jan Van. Dkk. 1984. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia.

Mulyati.2005. Terampil Berbahasa Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nurudin. 2010. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM Press.

Putra, Nusa, S.Fil., M.Pd. 2013. Metoe Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sudjana.2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2012.Memahami Penelitian Kualitatif dan Kualtatif. Bandung: Alfabeta.

Sumarna, Surapramata. 2009. Analisis Validitas, Reabilitas, dan Hasil Tes Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Suparno dan Mohammad Yunus. 2007. Keterampilan Dasar menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Syamsuddin dan Vismaia. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya

Tarigan, Henry Guntur. 2000. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Aksara.

Tim Palito Media. 2018. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Palito Media.

Usman, Husnaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2006. Pengantar Statistika. Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit PT. Bumi Aksara.

Wiyanto, Asul. 2004. Terampil Menulis Pragraf. Jakarta: Gramedia.

Yamin, Moh. 2015. Teori dan metode Pembelajaran. Malang: Madani.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Tambor Media.

Downloads

Published

2025-11-13