MODEL PEMBELAJARAN SIBALIPARRIQ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PADA PENDIDIKAN ABAD KE-21

Authors

  • Maya Putriwan Universitas Negeri Makassar
  • Muhiddin Palennari Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35414

Keywords:

SIBALIPARRIQ, KOLABORASI, PENDIDIKAN ABAD KE-21

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang model pembelajaran SIBALIPARRIQ sebagai inovasi berbasis kearifan lokal Mandar untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada pendidikan abad ke-21. Model ini dikembangkan berdasarkan nilai-nilai budaya seperti solidaritas, amanah, loyalitas, respect, dan inklusivitas yang selaras dengan prinsip pembelajaran kolaboratif modern. Kajian dilakukan melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode tinjauan pustaka sistematis terhadap berbagai sumber ilmiah nasional dan internasional yang membahas pendidikan berbasis budaya, kolaborasi, dan keterampilan abad ke-21. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai budaya lokal dalam pembelajaran dapat memperkuat keterampilan kolaborasi, empati sosial, dan tanggung jawab peserta didik. Model pembelajaran SIBALIPARRIQ menawarkan kerangka konseptual yang menghubungkan identitas budaya dengan tujuan pendidikan modern, sehingga menjadi dasar kontekstual bagi pembelajaran kolaboratif yang berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afelia, Y. D., Utomo, A. P., & Sulistyaningsih, H. (2023). Implementasi Model Problem Based learning (PBL) Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X SMA. Jurnal Biologi, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.47134/biology.v1i2.1963

Azorín, C., & Fullan, M. (2022). Leading new, deeper forms of collaborative cultures: Questions and pathways. Journal of Educational Change, 23(1), 131–143. https://doi.org/10.1007/s10833-021-09448-w

Fawwaziara, E. S., Rahmawati, C., & Dewi, N. R. (2024). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Model PBL Berbasis Culturally Responsive Teaching pada Pembelajaran IPA Kelas VII-A SMP N 13 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Penelitian Tindakan Kelas, 415–424. https://proceeding.unnes.ac.id/snpptk/article/view/3167

Firman, A., Latief, F., Hidayat, A. I., Nooviar, M. S., Adnan, A., Naim, M. A. A., & TM, R. (2024). Budaya Sibaliparriq: Motivasi Berwirausaha di Kalangan Suku Mandar. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 10(1), 122. https://doi.org/10.35906/jurman.v10i1.1933

Glavič, P. (2020). Identifying key issues of education for sustainable development. Sustainability (Switzerland), 12(16). https://doi.org/10.3390/su12166500

Imradewi. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MENGINTEGRASI KEARIFAN LOKAL MANDAR SIBALI PARRIQ TERHADAP KEMAMPUAN KERJA SAMA PESERTA DIDIK IMRADEWI. In Universitas Sulawesi Barat.

Kusuma, I. D., & Pamujo. (2025). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning Dengan Bantuan Media Gambar Pohon Literasi. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 170–179. https://doi.org/10.37216/badaa.v7i2.2448

Miskiyyah, S. Z., Puspita, P. I., Tuangga Dewi, T. B., & Mu’izzah, R. (2025). Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah : Analisis Literatur Tentang Model Dan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 618–632.

Musfira, N., & Ahmad, M. R. S. (2024). Sibaliparriq dalam Mendidik Anak pada Keluarga Mandar di desa Banua Baru Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Sosialisasi, 11(1), 25–34.

Nasir, Ridha Ichwanty Sabir, Ulfa, A. Y., Ahmad Imran, & Anna Majid. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter di Sekolah : Tinjauan Literature Review. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(2 Mei), 3151–3168. https://doi.org/10.58230/27454312.2541

Nasrullah, Nurkidam, & Sulvinajayanti. (2022). Budaya Sibaliparriq dalam Perpektif Sosiologi Kebudayaan. SOSIOLOGIA : Jurnal Agama Dan Masyarakat, April, 115–121. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Nguyen, D., Pietsch, M., & Gümüş, S. (2021). Collective teacher innovativeness in 48 countries: Effects of teacher autonomy, collaborative culture, and professional learning. Teaching and Teacher Education, 106. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103463

Nugraha, M. S. N., Aenatum, M. I. S., Sumarna, D., & Manpaluti, I. (2025). Strategi Efektif Kolaborasi Sekolah dan Komunitas dalam Mendukung Mutu Pendidikan pada Sekolah Dasar. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 341–359.

Olsson, D., Gericke, N., & Boeve-de Pauw, J. (2022). The effectiveness of education for sustainable development revisited–a longitudinal study on secondary students’ action competence for sustainability. Environmental Education Research, 28(3), 405–429. https://doi.org/10.1080/13504622.2022.2033170

Riskayanti, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Komunikasi, Kolaborasi Dan Kreativitas Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sma Negeri 1 Seteluk. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 19–26. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i2.117

Saleh, A. M., Wekke, I. S., Riswandi, A., & Aryanti, A. (2023). Integrasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Pendidikan Sulawesi Selatan: Gagasan dan Temuan Awal. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 167–172. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v6i2.2116

Seprie, Wuryandani, W., & Muthmainah. (2025). Transforming primary education: balancing social skills and academic achievement through global inquiry-based learning models. Frontiers in Education, 10(June), 1–20. https://doi.org/10.3389/feduc.2025.1512274

Suhaimi, I., & Permatasari, F. (2021). Model Pembelajaran Abad 21 dan Pembelajaran Menulis Kolaborasi. Jurnal Koulutus, 4(2), 211–223. http://www.ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/715

Downloads

Published

2025-11-13