Implementasi Model Life A Rise berbasis Role Play dan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Alalak Tengah 3 Kelas 4 Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35369Keywords:
Life A Rise, Role Play, Problem Based Learning, keaktifan belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran Life A Rise yang terintegrasi dengan Role Play dan Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi gambaran rute perjalanan dalam teks petunjuk dan teks deskripsi di kelas IVB SDN Alalak Tengah 3 Banjarmasin. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus deskriptif. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum model Life A Rise digunakan, siswa cenderung pasif dan kegiata belajar lebih didominasi oleh penjelasan guru. Setelah penerapan model Life A Rise, keaktifan siswa meningkat secara signifikan, ditandai dengan keterlibatan aktif dalam diskusi, simulasi peran, serta peningkatan rasa percaya diri dan kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian, penerapan model Life A Rise yang terintegrasi dengan Role Play dan PBL terbukti mampu mendorong keaktifan belajar, memperkuat interaksi sosial, serta meningkatkan kemampuan komunikasi fungsional dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.
Downloads
References
Daftar Pustaka
Akbar, R. (2024). Role play dalam pembelajaran bahasa: Strategi efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Rijalakbar.Id.
Fadhilah, A., & Indra Daulay, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Menerapkan Metode Role Playing. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Fitriani, A., Zubaidah, S., Susilo, H., & Al Muhdhar, M. H. I. (2020). PBLPOE: A learning model to enhance students’ critical thinking skills and scientific attitudes. International Journal of Instruction, 13(2), 89–106. https://doi.org/10.29333/iji.2020.1327a
Handayani, K. S., Aisyah, S., Hermawan, W., Nurhasanah, A., & Iskandar, D. (2024). Penerapan model pembelajaran role play dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi dongeng di kelas 4 SDN 1 Cipaisan. Cipaisan. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 9(6), 71–80.
Kaimarehe, J. M. C., & Marsofiyati. (2024). Hubungan Kepercayaan Diri Dan Diskusi Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa.
Khatimah, H., Wati, N. J., Anggraini, S., Wahyuni, A. D., Afifah, R., Ananda, N., & Khoiruunnisa. (2025). Pengembangan Model Pembelajaran IPS Yang Interaktif Dan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149–157.
Nasution, Dr. A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif.
Nurdyansyah, Arifin, Moch. B. U. B., Cemerlang, D. A. H., & Rais, P. (2024). Development of Life Based Learning E-Modules to Improve Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 10(3), 1078. https://doi.org/10.33394/jk.v10i3.11883
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13–27.
Riskitullah, R., Azzahra, L., & Fitriani, V. (2025). Strategi guru dalam mengatasi siswa yang kurang aktif di kelas. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 3(2), 110–116.
Saujani, M. A. N., Dini, A. S., Dhea, N. V., Ramadhan, B., & Nurdin. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.61132/bima.v3i1.1556
Setiawan, A. , & Astuti, Y. (2021). Evaluasi efektivitas pembelajaran aktif terhadap keterlibatan dan hasil belajar siswa SD. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 12(2), 43–55.
Setiawan, H. , Rahman, T. , & Pratama, Y. (2024). Keterampilan abad 21 dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa, Dan Matematika, 2(6), 567–578.
Sholeh, M., & Aini, N. (2023). Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD Media Card Sort Muatan IPA Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(4), 1686–1692. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i4.4949
Susanto, P. A., Hiltrimartrin, C., & Manulang, L. S. J. (2024). Penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 SD pada mata pelajaran IPAS. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(1), 114–124.
Thaariq, Z. Z. A. (2021). Pengaplikasian Pembelajaran Berbasis Kehidupan guna Mendukung Aktivitas Belajar. Inovasi Pembangunan : Jurnal Kelitbangan, 9(02), 207. https://doi.org/10.35450/jip.v9i02.236
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















