PENGARUH MEDIA KARTU CERITA (STORY CARDS) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 37 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35336Keywords:
Kartu Media, Story Cards, Teks Cerpen, Keterampilan Menulis CerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan sebagai berikut : Pertama untuk mengetahui hasil menulis cerpen sebelum menggunakan Kartu Cerita (Story Cards) siswa kelas IX SMP Negeri 37 Medan. Kedua untuk mengetahui hasil menulis cerpen sesudah menggunakan Kartu Cerita (Story Cards) siswa kelas IX SMP Negeri 37 medan Ketiga untuk mengetahui pengaruh media kartu cerita (Story Cards) terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 37 medan. Adapun metode yang digunakan penelitian ini adalah Kuantitatif dengan metode pre-eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest Design. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling yaitu kelas IXB berjumlah 32 siswa. Adapun hasil dari penelitian ini meliputi : Pertama keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 37 medan sebelum (pretest) menggunakan kartu cerita (story cards) memperoleh nilai rata-rata 55,81 dengan kategori penilaian kurang (D) berada pada rentang 50-59. Kedua, keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 37 Medan sesudah (postest) menggunakan kartu cerita (story cards) memperoleh nilai rata-rata 70,56 dengan kategori penelian baik (B) berada pada rentang 70-84. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji-t terdapat pengaruh media kartu cerita(story cards) terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 37 medan hal ini dibuktikan dengan thitung = 1,764 > ttabel = 1,6955. Pada taraf signifikkan 0,05 maka dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak
Downloads
References
Dalman, H. (2015). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.
Darmawati, Fatimah, & Syaeba, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fabel Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII.5 MTs Ddi Kanang. Jurnal Peqguruang: Conference Series, 3(2).
Fitrianti, D. K., Apriyana, R., Faradilla, S., & Setiawaty, R. (2024). Pengembangan Model Menulis Menggunakan Media Melambung Berbasis Qr Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 13(2), 100–110.
Khadjooi, K., Rostami, K., & Ishaq, S. (2011). How to use Gagne’s model of instructional design in teaching psychomotor skills. Gastroenterology and Hepatology From Bed to Bench, 4(3), 116–119.
Nukman, E. Y., Kurniasari, A. F., & Nurhidayah, H. (2022). Buku Panduan Guru: Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi: Pusat Perbukuan.
Nuryatin, A., & Irawati, R. P. (2016). Pembelajaran Menulis Cerpen. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
Sari, H. M., Uswatun, D. A., Amalia, A. R., Mariam, S., & Yohana, E. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa melalui Kartu Kata Berbasis Wayang Sukuraga. Jurnal Basicedu, 6(5), 7707–7715. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3557
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: UMSIDA Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















