PERSEPSI PENGGUNAAN APLIKASI IBIS PAINT X SEBAGAI MEDIA DIGITAL PERANCANGAN BUSANA PADA PROYEK AKHIR MAHASISWA D3 TATA BUSANA ANGKATAN 2021 DAN 2022 DENGAN PENDEKATAN TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL)

Authors

  • Putri Vanisha Universitas Negeri Padang
  • Puji Hujria Suci Universitas Negeri Padang
  • Sri Zulfia Novrita Universitas Negeri Padang
  • Puspaneli Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35302

Keywords:

Ibis Paint X, Technology Acceptance Model, Persepsi Mahasiswa, Desain Busana Digital.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya kajian mendalam mengenai persepsi mahasiswa D3 Tata Busana Universitas Negeri Padang terhadap penggunaan aplikasi Ibis Paint X sebagai media digital perancangan busana, meskipun aplikasi ini banyak digunakan secara mandiri dalam proyek akhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap kemudahan penggunaan (Perceived Ease of Use/PEOU) dan kemanfaatan (Perceived Usefulness/PU) aplikasi Ibis Paint X dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 40 mahasiswa angkatan 2021 dan 2022 yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner tertutup berskala Likert, kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif berupa rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap kemudahan penggunaan dengan skor rata-rata 3,06 (84,15%) dan persepsi sangat positif terhadap kemanfaatan dengan skor rata-rata 3,31 (94,6%). Hal ini menandakan bahwa Ibis Paint X dianggap mudah digunakan, efisien, serta bermanfaat dalam meningkatkan kreativitas dan kualitas desain busana digital mahasiswa. Semakin tinggi persepsi kemudahan penggunaan, semakin besar pula persepsi manfaat yang dirasakan, sejalan dengan teori TAM oleh Davis (1989). Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi pembelajaran desain digital berbasis aplikasi seperti Ibis Paint X dalam kurikulum pendidikan vokasi agar mahasiswa lebih siap menghadapi tantangan industri fashion modern berbasis teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Anshary, A. A., Hidayat, A., & Furrie, W. (2025). Brainstorming Sebagai Motor Inovasi di Era Digital: Kontribusi dan Manfaat Bagi Generasi Z Indonesia. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business, 4(2), 2126-2132.

Azizah, L. N. (2024). Evaluasi Usability Aplikasi Mobile Ibis Paint X Menggunakan System Usability Scale (Sus). Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 12(1).

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319-340

Kartikasari, E., Indreswari, A. G., Septianti, S., Susila, D. A., Jahroo, W. L., Handayani, W., ... & Judijanto, L. (2025). Fashion Design. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Pramudyarini, R. A., Fadlia, A., Yuniarti, N., & Fahmi, M. (2024). Prinsip rekayasa desain pada teknik manipulasi pola busana. Jurnal Senirupa Warna, 12(1), 36-47.

Prihandayani, A. K. (2021). Desain Visual Typografy pada Busana Casual T-Shirts dan Budaya Pop. PANTUN: Jurnal Ilmiah Seni Budaya, 6(1).

Surani, S., Dewi, E. R., & Nahar, N. (2022). Pengembangan Video Tutorial Mendesain Busana Berbasis Aplikasi Ibis Paint X Pada Matakuliah Teknologi Desain Busana Di Stkip Pangeran Antasari. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(4), 767-776.

Suwasana, E., & Febrianti, V. I. (2024). Proses Pembuatan Busana Pesta Dengan Lukis Kain The Process Of Making Party Clothes With Fabric Painting. Garina, 16(1), 91-104.

Zainudin, A. (2024). Teknologi Digital dalam Revolusi Produksi Grafika. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-139.

Downloads

Published

2025-11-04