PENGARUH PENGGUNAAN PODCAST TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA SMP NEGERI SATAP 6 TANJUNG JABUNG TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35291Keywords:
Podcast, Keterampilan Berbicara, Media Pembelajaran, Siswa SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan podcast terhadap keterampilan berbicara siswa SMP Negeri Satap 6 Tanjung Jabung Timur. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berbicara siswa yang disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Podcast sebagai media audio digital dinilai memiliki potensi besar dalam meningkatkan keterampilan berbicara melalui paparan bahasa asli, latihan mandiri, dan peningkatan kepercayaan diri siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel terdiri dari dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan media podcast dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen, serta terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok (p = 0,003). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan podcast berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa. Podcast dapat dijadikan media pembelajaran yang efektif dan inovatif dalam pembelajaran bahasa di tingkat SMP.
Downloads
References
Astuti, E. D., Hastuti, S., Sintesa, N., Indriany, Y., & Syafrial, H. (2022). Peer Assessment untuk Mengembangkan Keterampilan Presentasi Pada Kegiatan Pelatihan Komunikasi Skill. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, 2(2), 21-26.
Bahri, Aliem. Tawni Rahamma. Muhammad Idhakan. (2023). Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra Berbasis Interaktif. Sukabum: Haura Utama
Bonini. (2015). The Second Age Of Podcast ing: Reframing Podcast ing As A New Digital Mass Medium (Issues 21–30). Reframing Podcast ing As A New Digital Mass Medium. Quaderns Del Cac.
Chan-Olmsted, S. & Wang, R. (2022). Understanding podcast users: Consumption motives and behaviors. New media & society, 24(3), 684-704.
Jayanti, P. D., Kusmana, A., & Rahmawati, R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Kurikulum Merdeka Dalam Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII Di Smp. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(1).
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Wang, dkk.(2024). Amplifying Research: The Potensial for Podcast s to Boost Radiology Journal Article Exposure. Radiology, 312(3), e233057.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















