ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD INPRES 62 KABUPATEN SORONG

Authors

  • Ismi Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Anis Alfian Fitriani Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Desti Rahayu Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35262

Keywords:

Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika, Prestasi Akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas v SD Inpres 62 Kabupaten Sorong. Motivasi belajar merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan akademik. Dalam konteks ini, penulis  mengidentifikasi  berbagai aspek yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa , termasuk harapan dan cita-cita akademik mereka, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, siswa kelas v menjadi subjek penelitian dan data yang diperoleh dianalisis untuk menentukan pola-pola motivasi yang ada, Hasil penelitian menunjukkan  bahwa siswa yang memiliki harapan dan cita-cita akademik yang jelas lebih termotivasi untuk belajar, Pesan motivasi dari orang tua juga berperan penting dalam membangkitkan semangat belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa motivasi belajar yang tinggi dapat berkontribusi pada peningkatan prestasi akademik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyono, D. D., Hamda, M. K., & Prahastiwi, E. D. (2022). Pimikiran abraham maslow tentang motivasi dalam belajar. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 37-48.

Rismawati, M., Khairiati, E., & Khatulistiwa, S. P. (2020). Analisis faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 203-212.

Sardiman, A. M. (2019). Interaksi dan motivasi belajar mengajar.

Downloads

Published

2025-11-02