GAMBARAN OPTIMISME SISWA DALAM MENGHADAPI MASA DEPAN BERDASARKAN STATUS SOSIAL EKONOMI

Authors

  • Restu Kurnia Putri Universitas Negeri Padang
  • Indah Sukmawati Universitas Negeri Padang
  • Netrawati Universitas Negeri Padang
  • Dina Sukma Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35176

Keywords:

Optimism, Future, Socioeconomic Status, Middle School Students, Guidance and Counseling

Abstract

Optimisme merupakan salah satu aspek penting dalam membentuk kesejahteraan psikologis siswa. Namun, tidak semua siswa memiliki optimisme yang tinggi, salah satunya dipengaruhi oleh faktor status sosial ekonomi keluarga. Siswa dengan status sosial ekonomi rendah cenderung memiliki keterbatasan dalam mengakses pendidikan, dukungan emosional, sehingga berdampak pada rendahnya optimisme terhadap masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan optimisme siswa dalam menghadapi masa depan berdasarkan status sosial ekonomi yang dilihat dari pengeluaran per kapita di SMP Negeri 2 Kubung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 285 siswa dan didapatkan sampel 167 siswa yang ditentukan melalui teknik stratified random sampling berdasarkan status sosial ekonomi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan model skala likert yang disusun berdasarkan dimensi optimisme yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan status sosial ekonomi di bawah rata-rata memiliki optimisme dalam menghadapi masa depan berada pada kategori tinggi, sedangkan siswa dengan status sosial ekonomi di atas rata-rata berada pada kategori sedang. Hal ini menjelaskan siswa dengan status sosial ekonomi di bawah rata-rata mempunyai pola pikir yang lebih gigih, tidak mudah menyerah dan memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa dengan status sosial ekonomi di atas rata-rata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afasli, B., Firman, F., & Netrawati, N. (2024). Teknik Roleplaying Pada Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa: Literatur Review. Guiding World (Bimbingan Dan Konseling), 7(2), 41–48.

Alawiyah, T., & Afrinaldi, A. (2024). Peningkatan Sikap Optimisme Anak Panti Asuhan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi di Griya Yatim dan Dhuafa Bukittinggi. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(6).

Assa, R., Kawung, E. J. R., & Tumiwa, J. (2022). Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah di Desa Sonuo Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1).

Badan Pusat Statistik Kabupaten Solok. (2024). Indikator Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Solok 2024. Retrieved from Badan Pusat Statistik Kabupaten Solok website: https://solokkab.bps.go.id/id/publication/2024/12/20/18d93bdf9494db4d42e68571/indikator-kesejahteraan-rakyat-kabupaten-solok-2024.html

Boehm, J. K., Chen, Y., Williams, D. R., Ryff, C., & Kubzansky, L. D. (2015). Unequally Distributed Psychological Assets: are there Social Disparities in Optimism, Life Satisfaction, and Positive Affect? PloS One, 10(2).

Bradley, R. H., & Corwyn, R. F. (2002). Socioeconomic Status and Child Development. Annual Review of Psychology, 53(2002), 371–399.

Carver, C. S., & Scheier, M. F. (2014). Dispositional Optimism. Trends in Cognitive Sciences, 18(6), 293–299.

Carver, C. S., Scheier, M. F., & Segerstrom, S. C. (2010). Optimism. Clinical Psychological Review, 30 (7), 879–889.

Conger, R. D., & Donnellan, M. B. (2007). An Interactionist Perspective on The Socioeconomic Context of Human Development. Annu. Rev. Psychol., 58(1), 175–199.

Devita, Y., & Sukma, D. (2024). Hubungan Self Esteem Dengan Perilaku Asertif Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 22808–22815.

Fajaria, D., Marjohan, M., & Sukmawati, I. (2013). Kemandirian Perilaku Peserta Didik dalam Pemilihan Jurusan dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 2(2).

Fauziah, F. N., & Wahyuni, E. (2021). Optimisme Mahasiswa: Kebutuhan Web-Based Acceptance and Commitment Therapy Untuk Meningkatkan Optimisme. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 10(2), 127–135.

Finkelstein, D. M., Kubzansky, L. D., Capitman, J., & Goodman, E. (2007). Socioeconomic Differences in Adolescent Stress: The Role of Psychological Resources. Journal of Adolescent Health, 40(2), 127–134.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5.

Fu’ady, M. A., & Atiqoh, S. V. D. (2020). Kebersyukuran Dan Optimisme Masa Depan Siswa Sekolah Menengah Pertama. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 5(1), 104.

Goleman, D. (2024). Kecerdasan Emosional (Terjemahan). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi Remaja dan Keluarga (8th ed.). Jakarta: Gunung Mulia.

Hoy, W. K., Tarter, C. J., & Hoy, A. W. (2006). Academic Optimism of Schools: A Force for Student Achievement. American Educational Research Journal, 43(3), 425–446.

Jayanti, E., Ramadhani, E., & Surtiyoni, E. (2022). Pengembangan E-Book Layanan Informasi Konsep Diri Positif untuk Kebutuhan Siswa di MTS Assa’adah Tanjung Lubuk. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1142–1146.

Loftus, T. J., Filiberto, A. C., Rosenthal, M. D., Arnaoutakis, G. J., Sarosi Jr, G. A., Dimick, J. B., & Upchurch Jr, G. R. (2020). Performance Advantages for Grit and Optimism. The American Journal of Surgery, 220(1), 10–18.

Prayitno, E. A., & Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Rokhim, A. R., Yuwono, S., & Zuhri, S. (2013). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Optimisme Masa Depan pada Mahasiswa Program Twinning di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Seligman, M. E. P. (2006). Learning Optimism: How to ChangeYour Mind andYour Life with a New Preface. Sydney: Random House Australia.

Shu, L., Gong, T., Wang, Y., Li, Q., & Xie, Z. (2024). The Negative Association of Low Subjective Socioeconomic Status with Future Orientation: the Protective Role of Low Fatalism. BMC Psychology, 12(1), 664.

Sukmana, D. R., Ramli, M., Rahman, D. H., & Febriani, R. O. (2022). Keefektifan Konseling Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Optimisme Siswa SMP dalam Menghadapi Ujian. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(4), 380–389.

Wardani, I. A., & Sugiharto, D. Y. P. (2020). Hubungan Adversity Quotient dan Dukungan Sosial dengan Optimisme Akademik pada Siswa SMP Negeri 1 Wanadadi. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 4(2), 160–178.

Downloads

Published

2025-11-01