PENGARUH PENGALAMAN MAGANG TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35135Keywords:
Internship Experience, Job Preparation, Educational AdministrationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman magang terhadap kesiapan kerja mahasiswa Program Studi Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Angkatan 2020. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pengalaman praktis di dunia kerja sebagai bekal dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi tuntutan profesional setelah lulus. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner menggunakan skala Likert kepada 71 mahasiswa yang telah melaksanakan kegiatan magang. Analisis data meliputi uji deskriptif, uji normalitas, uji korelasi, uji signifikansi, serta analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman magang (variabel X) memiliki skor rata-rata sebesar 4,47 dan kesiapan kerja (variabel Y) memiliki skor rata-rata 4,28, keduanya termasuk dalam kategori sangat tinggi. Uji korelasi menunjukkan nilai r = 0,644 yang menandakan hubungan kuat dan positif antara kedua variabel. Hasil uji signifikansi memperoleh nilai t-hitung sebesar 6,983 > t-tabel 1,667, sehingga hipotesis diterima. Besarnya pengaruh pengalaman magang terhadap kesiapan kerja mahasiswa sebesar 41,4%, sedangkan sisanya 58,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Persamaan regresi sederhana yang diperoleh adalah Ŷ = 18,005 + 0,641X. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pengalaman magang yang diperoleh mahasiswa, maka semakin tinggi pula tingkat kesiapan kerja mereka dalam memasuki dunia profesional.
Downloads
References
Afriyulaniza, A. (2019). Pengaruh pengalaman praktik magang industri terhadap kesiapan kerja mahasiswa perbankan syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bengkulu.
Andrean, D. (2018). Analisis employee engagement di Rumah Sakit Doa Bunda Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu.
Anggini, I. D., Asbari, M., & Noor, S. P. (2023). Program Kampus Merdeka: Wadah mahasiswa berkreasi, berinovasi, dan berprestasi. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 39–42.
Aswita, D. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Inventarisasi mitra dalam pelaksanaan magang mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi Dan Kependidikan, 9(2), 56–61.
Azelia, A. A., & Azzahra, H. (2024). Analisis efektivitas implementasi program MSIB dalam upaya meningkatkan kualitas SDM tenaga kerja perguruan tinggi Indonesia. Inovasi Makro Ekonomi (IME), 6(3).
Azizah, N., Santoso, S., & Sumaryati, S. (2019). Pengaruh persepsi magang dunia usaha/dunia industri dan pengalaman organisasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 5(1).
Baydar, H., Akfırat, B., Şahin, E., Danacı, E., & Şayan, A. (2023). The role of ethical leadership in teachers’ organizational dissent behaviors: A comparative analysis. International Journal of Education and Humanities, 3(1), 14–23.
Bolles, R. N. (2005). What color is your parachute: A practical manual for job hunters and career changers.
Dalimunthe, E. S., Kamilah, K., & Syahbudi, M. (2023). Pengaruh kontribusi program magang dan soft skills terhadap kemampuan bersaing di dunia kerja. Mudabbir (Journal Research and Education Studies), 3(1), 105–120.
Engkoswara, & Komariah, A. (2015). Administrasi pendidikan (4th ed.). Alfabeta.
Ernawati, E., Sinambela, E. A., Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2021). Pengaruh budaya organisasi, kepemimpinan, kompensasi, dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(1), 119–126.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Franzia, E. (2018). Personal Branding Melalui Media Sosial. Prosiding Seminar Nasional Pakar, 15–20. https://doi.org/10.25105/pakar.v0i0.2690
Hardani, & others. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. UIN Sumatera Utara Repository. http://repository.uinsu.ac.id
Imam Gunawan, M. P. K. (2013). Metod-Kualitatif. In Teori dan Praktik, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013), hal 80-83 (pp. 80–83).
Nur Aedi. (2016). Manajemen pendidik & tenaga pendidikan.
Parnawi, A. (2020). Motivasi Belajar Siswa Pada Tatanan. XVII(2).
Sugiyono, P. D. (2023). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D. Alfabeta.
Utami, A. M., & Amaliyah, N. (2022). Effect of Blended Learning Model Assisted Video Animation to the Motivation and Learning Outcomes of Science. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(3), 1416–1424. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i3.1675
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















