MENULUSURI AKAR MASALAH KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MAWAR 2 BANJARMASIN

Authors

  • Ahmad Zayyadi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Indonesia
  • Ihdia Azkia Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Indonesia
  • Muhammad Ahdiannor Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Indonesia
  • Muhammad Dimas Fadillah Ramadhan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Indonesia
  • Nor Aida Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Indonesia
  • Maimunah Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Indonesia
  • Ahmad Suriansyah Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35109

Keywords:

Kata Kunci: Kesulitan membaca, keterampilan menulis, faktor internal dan eksternal.

Abstract

Abstrak penelitian ini bertujuan untuk menganalisis factor-faktor penyebab kesulitan membaca an menulis pada peserta didik kelas V SDN Mawar 2 Banjarmasin. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan bahwa Sebagian siswa mengalami kendala signifikan dalam mengenal huruf, membaca dengan lancer, dan menulis kalimat ejaan serta struktur yang benar. Pendekatan yang digunakan Adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam dengan seorang siswa serta guru kelas. Analisis data dilakungan menggunakan model analisis interaktif yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa factor eksternal dan factor internal menjadi penyebab kesulitan yang dialami siswa. Factor internal meliputi rendahnya konsentrasi, lemahnya motivasi, keterbatasan kemampuan kognitif, dan kurangnya kepercayaan diri yang menimbulkan kecemasan belajar. Fator eksternal mencakup metode pembelajaran yang monoton, minimnya dukungan orang tu, serta lingkungan belajar yang kurang kondusif sehingga mengganggu fokus belajar siswa. Selain itu, komunikasi yang terbatas antara guru dan orang tua membuat dukungan belajar menjadi kurang konsisten. Dengan demikian kesulitan membaca dan menulis siswa merupakan hasil interaksi kompleks antara keterbatasan pribadi dan kondisi lingkungan belajar. Upaya meningkatan kemampuan literasi dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung serta menyenangkan melalui pendekatan kolabiratif yang melibatkan strategi pembelajaran inovatif, peningkatan motivasi belajar, serta kerja sama aktif antar guru, orang tua, dan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Amananda, N., Fatmaryanti, S. D., & Anjarini, T. (2025). Analisis keterampilan guru dalam mengadakan variasi media pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Borobudur Educational Review, 5(1), 70–79. https://doi.org/10.31603/bedr.13312

Cahyono, D. D., Hamda, M. K., & Prahastiwi, E. D. (2022). Pimikiran Abraham Maslow Tentang Motivasi Dalam Belajar. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 37–48. Https://Doi.Org/10.52266/tadjid.v6i1.767

Fatihatul Aziziyah, Sa’dun Akbar, Yuris Indria Persada, & Santy Dinar Permata. (2025). Pengaruh Penerapan Variasi Metode Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 4(2), 158–168. https://doi.org/10.38048/jcpa.v4i2.4853

Fauziah Nasution, Zahwa Nazhifah Limbeng, Khairunnisa, & M. Habib Rifki Nasution. (2023). Pendekatan Pemerosesan Informasi. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3), 258–265. https://doi.org/10.58540/pijar.v1i3.359

Fernando, Y., Andriani, P., & Syam, H. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68.

Fitri Hapsari, A., Winarni, S., Syarif Sumantri, M., & FIP Universitas Negeri Jakarta, P. (2025). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Di Kelurahan Cakung Timur Jakarta Timur (Vol. 10).

Hadzami, S., & Maknun, L. (2022a). Variasi Model Pembelajaran Pada Siswa Di Sekolah Dasar. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 111–132.

Hadzami, S., & Maknun, L. (2022b). Variasi Model Pembelajaran Pada Siswa Di Sekolah Dasar. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 111–132. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i2.279

Ilhami, A. (2022). Implikasi teori perkembangan kognitif Piaget pada anak usia sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 605–619.

Istiqoma, N., Affandi, L. H., & Khair, B. N. (2023). Analisis Jenis-Jenis Kesulitan dalam Membaca dan Menulis Permulaan pada Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 12–17.

Lumbantobing, W. L., Sumarni, M. L., & Saputro, T. V. D. (2023). Analsisis Penerapan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(02), 528–535.

Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. An-Nisa Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Mulyana, R., Rafni, A., Montessori, M., & Moeis, I. (2025). Strategi guru dalam meningkatkan keberanian berpendapat siswa. Journal of Education, Cultural and Politics, 5(1), 94–100. https://doi.org/10.24036/jecco.v5i1.615

Saputri, A., Fadhilaturrahmi, & Fauziddin, M. (2022). Peran Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 455–462. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.51036

Utari, V., & Rambe, R. N. (2023). Analisis faktor-faktor kesulitan menulis pada siswa kelas rendah di SD/MI. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 361–372.

Yunira Putri Pangestu. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KEMAMPUAN LITERASI RENDAH (Studi Kasus Kesulitan Belajar Akademik Di Kelas V SDN Cibaregbeg Semester Gasal Tahun Ajaran 2021/2022). Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 341–351. Https://Doi.Org/10.36989/Didaktik.V9i3.1545

Downloads

Published

2025-11-12

Most read articles by the same author(s)