P Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Teams Games Tournament Pada Pembelajaran Seni Budaya

Authors

  • Laila Mar’atus Sholihah Universitas Islam Negri sunan Ampel Surabaya
  • Taufik Universitas Islam Negri sunan Ampel Surabaya
  • Nur Izzati Chumairah SD Islam Al-Chusnaini
  • Nur Romdlon Maslahul Adi Universitas Islam Negri sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35104

Keywords:

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Teams Games Tournament (TGT), Pembelajaran Seni Budaya, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Abstract

Pembelajaran Seni Budaya berperan penting dalam mengembangkan kreativitas, apresiasi estetika, dan karakter siswa. Namun, hasil observasi menunjukkan masih ada siswa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan kurang termotivasi karena metode pembelajaran konvensional yang membuat mereka pasif. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa melalui penerapan metode Teams Games Tournament (TGT). Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas Seni Budaya sekolah dasar, dengan instrumen tes hasil belajar, angket motivasi, lembar observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai siswa meningkat dari 85,37 (ketuntasan 88,9%) pada pra-siklus menjadi 89,59 (96,3%) pada siklus I, dan 92,52 (96,3%) pada siklus II. Selain peningkatan kognitif, motivasi, partisipasi, dan kerja sama siswa juga berkembang. Dengan demikian, TGT efektif meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada pembelajaran Seni Budaya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhaninggar, H., & Minarto, S. W. (2024). Perceptions And Motivation of Students in Learning Javanese Music Karawitan In Cultural Arts Learning At State Senior High School 1 Batu (SMA Negeri 1 Batu). IRDH International Journal of Social Sciences & Humanities, 1(3), 1–8.https://doi.org/10.64515/irdhijsch.v1i3.65

Agustina, N. P., Zuhdi, U., Sutiana, S., Imanayah, D., & Suwarno, J. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi IPAS Bagian Mata Menggunakan Pembelajaran Koperatif Tipe (TGT) dengan Media Puzzle. Journal of Comprehensive Science, 3(10), 4716–4725. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i10.2386

Boke, H., Aygun, Y., Tufekci, S., Yagin, F. H., Canpolat, B., Norman, G., Prieto-González, P., & Ardigò, L. P. (2025). Effects of cooperative learning on students’ learning outcomes in physical education: A meta-analysis. Frontiers in Psychology, 16, 1508808. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2025.1508808

Efendi, R., Anggrayni, M., & Atlia. (2025). The Effect of the Teams Games Tournament Type Cooperative Learning Model on Science Learning Outcomes. TOFEDU: The Future of Education Journal, 4(6), 2186–2191. https://doi.org/10.61445/tofedu.v4i6.733

Fatah, M. G., & Utami, R. D. (2024). Peningkatan Kerja Sama Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Strategi Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 13(2), 90–99. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v13i2.3432

Fussalam, Y. E., Silvia, R., Rahmawati, S., Sartika, D., Aprillitzavivayarti, A., & Marlina, L. (2023). Membina Kemampuan Kognitif Mahasiswa ilities Menggunakan Tim Permainan Turnamen (TGT): Sebuah Penelitian Aksi. Jurnal Penelitian Indonesia Dalam Pendidikan |IRJE|, 7(2), 407–419.

Ifniati, N., Mulyanto, & Sumartono, B. (2024). Student Learning Outcomes and Motivation on Arts and Skills Education Course in PGSD Study Program of STKIP Taman Siswa Bima. Jurnal Multidisiplin Madani, 4(1), 140–151. https://doi.org/10.55927/mudima.v4i1.7460

Junaeni, S. (2022). Metode Team Game Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Metabolisme Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Waled. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 2(4), 163–170. https://doi.org/10.52436/1.jpti.164

Maharani, S. (2020). Pengaruh Metode Cooperative Learning Dan Persepsi Kinestetik Terhadap Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif. Visipena, 11(1), 99–115. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i1.1092

Melati, D., Iriaji, I., & Rini, D. R. (2023). Motivasi Belajar Siswa pada KD Keterampilan Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Rupa Masa New Normal di Kelas VIII. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 3(12), 1848–1865. https://doi.org/10.17977/um064v3i122023p1848-1865

Meliani, F., & Sati, S. (2023). Implementation Of Character-Building Education In Inclusive Schools. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(4), 698–710.https://doi.org/10.31949/jcp.v9i4.6497

Nariswari, A. A. S. R., & Wiyasa, I. K. N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Melalui Model Kooperatif TGT Berbantuan Crossword Puzzle. Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan, 4(3), 480–488. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.74417

Ningrum, S. P., Rhosyida, N., & Mulyantoro, P. (2024). Implementasi model teams games tournament untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV. Indonesian Journal of Learning and Educational Studies, 2(2), 72–85. https://doi.org/10.62385/ijles.v2i2.138

Nurtianingsih, I., Hidayat, O. S., & Sukmayadi, D. (2023). The Influence Of TGT And NHT Cooperative Learning On Improving Science Learning Outcomes Of Elementary Students. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 19(2), 230–241. https://doi.org/10.36456/bp.vol19.no2.a7960

Puspitasari, D., Budiyono, B., & Komariyatun, E. (2024). Efektivitas Metode Teams Games Tournament Menggunakan Puzzle Warna Nusantara dalam Meningkatkan Kerjasama Siswa di SMPIT Bakti Ibu Kota Madiun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 42680–42687.

Rahman, P. A., Baalwi, M. A., & Lestari, W. M. (2025). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.55732/jmpd.v4i1.995

Rahmania, T. P. A., & Ferdian, R. (2024). Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Kelas VIII di SMP Negeri 15 Padang. Misterius : Publikasi Ilmu Seni Dan Desain Komunikasi Visual., 1(2), 95–104. https://doi.org/10.62383/misterius.v1i2.124

Rambe, K. B., & Nasution, S. (2025). The Influence of the Cooperative Learning Model of the Team Game Tournament (TGT) Type on Students’ Collaborative Learning Abilities in the Indonesian Language Subject of Elementary School. 5.

Riswana, R., Khaerunnisa, K., & Annisa. (2024). Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Lempu PGSD, 1(2), 139–147. https://doi.org/10.70713/lempu.v1i2.3348

Sitepu, A. (2023). Identifying Elementary Students’ Motivation Of Art Education Learning Process. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 111–114. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17728

Tran, V. D., & Lewis, R. (2012). Effects of Cooperative Learning on Students at An Giang University in Vietnam. International Education Studies, 5(1), p86.https://doi.org/10.5539/ies.v5n1p86

Vista, E. R. B., Setiawan, A., & Nugroho, W. (2023). Pengaruh Teams Games Tournament Berbantuan Media Sticky Notes Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3(1), 17–24. https://doi.org/10.32665/jurmia.v3i1.537

Yang, X. (2023). A Historical Review of Collaborative Learning and Cooperative Learning. Techtrends, 1–11. https://doi.org/10.1007/s11528-022-00823-9

Downloads

Published

2025-11-12