P Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Teams Games Tournament Pada Pembelajaran Seni Budaya
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35104Keywords:
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Teams Games Tournament (TGT), Pembelajaran Seni Budaya, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)Abstract
Pembelajaran Seni Budaya berperan penting dalam mengembangkan kreativitas, apresiasi estetika, dan karakter siswa. Namun, hasil observasi menunjukkan masih ada siswa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan kurang termotivasi karena metode pembelajaran konvensional yang membuat mereka pasif. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa melalui penerapan metode Teams Games Tournament (TGT). Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas Seni Budaya sekolah dasar, dengan instrumen tes hasil belajar, angket motivasi, lembar observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai siswa meningkat dari 85,37 (ketuntasan 88,9%) pada pra-siklus menjadi 89,59 (96,3%) pada siklus I, dan 92,52 (96,3%) pada siklus II. Selain peningkatan kognitif, motivasi, partisipasi, dan kerja sama siswa juga berkembang. Dengan demikian, TGT efektif meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada pembelajaran Seni Budaya
Downloads
References
Adhaninggar, H., & Minarto, S. W. (2024). Perceptions And Motivation of Students in Learning Javanese Music Karawitan In Cultural Arts Learning At State Senior High School 1 Batu (SMA Negeri 1 Batu). IRDH International Journal of Social Sciences & Humanities, 1(3), 1–8.https://doi.org/10.64515/irdhijsch.v1i3.65
Agustina, N. P., Zuhdi, U., Sutiana, S., Imanayah, D., & Suwarno, J. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi IPAS Bagian Mata Menggunakan Pembelajaran Koperatif Tipe (TGT) dengan Media Puzzle. Journal of Comprehensive Science, 3(10), 4716–4725. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i10.2386
Boke, H., Aygun, Y., Tufekci, S., Yagin, F. H., Canpolat, B., Norman, G., Prieto-González, P., & Ardigò, L. P. (2025). Effects of cooperative learning on students’ learning outcomes in physical education: A meta-analysis. Frontiers in Psychology, 16, 1508808. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2025.1508808
Efendi, R., Anggrayni, M., & Atlia. (2025). The Effect of the Teams Games Tournament Type Cooperative Learning Model on Science Learning Outcomes. TOFEDU: The Future of Education Journal, 4(6), 2186–2191. https://doi.org/10.61445/tofedu.v4i6.733
Fatah, M. G., & Utami, R. D. (2024). Peningkatan Kerja Sama Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Strategi Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 13(2), 90–99. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v13i2.3432
Fussalam, Y. E., Silvia, R., Rahmawati, S., Sartika, D., Aprillitzavivayarti, A., & Marlina, L. (2023). Membina Kemampuan Kognitif Mahasiswa ilities Menggunakan Tim Permainan Turnamen (TGT): Sebuah Penelitian Aksi. Jurnal Penelitian Indonesia Dalam Pendidikan |IRJE|, 7(2), 407–419.
Ifniati, N., Mulyanto, & Sumartono, B. (2024). Student Learning Outcomes and Motivation on Arts and Skills Education Course in PGSD Study Program of STKIP Taman Siswa Bima. Jurnal Multidisiplin Madani, 4(1), 140–151. https://doi.org/10.55927/mudima.v4i1.7460
Junaeni, S. (2022). Metode Team Game Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Metabolisme Kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Waled. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 2(4), 163–170. https://doi.org/10.52436/1.jpti.164
Maharani, S. (2020). Pengaruh Metode Cooperative Learning Dan Persepsi Kinestetik Terhadap Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif. Visipena, 11(1), 99–115. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i1.1092
Melati, D., Iriaji, I., & Rini, D. R. (2023). Motivasi Belajar Siswa pada KD Keterampilan Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Rupa Masa New Normal di Kelas VIII. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 3(12), 1848–1865. https://doi.org/10.17977/um064v3i122023p1848-1865
Meliani, F., & Sati, S. (2023). Implementation Of Character-Building Education In Inclusive Schools. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(4), 698–710.https://doi.org/10.31949/jcp.v9i4.6497
Nariswari, A. A. S. R., & Wiyasa, I. K. N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Melalui Model Kooperatif TGT Berbantuan Crossword Puzzle. Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan, 4(3), 480–488. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.74417
Ningrum, S. P., Rhosyida, N., & Mulyantoro, P. (2024). Implementasi model teams games tournament untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV. Indonesian Journal of Learning and Educational Studies, 2(2), 72–85. https://doi.org/10.62385/ijles.v2i2.138
Nurtianingsih, I., Hidayat, O. S., & Sukmayadi, D. (2023). The Influence Of TGT And NHT Cooperative Learning On Improving Science Learning Outcomes Of Elementary Students. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 19(2), 230–241. https://doi.org/10.36456/bp.vol19.no2.a7960
Puspitasari, D., Budiyono, B., & Komariyatun, E. (2024). Efektivitas Metode Teams Games Tournament Menggunakan Puzzle Warna Nusantara dalam Meningkatkan Kerjasama Siswa di SMPIT Bakti Ibu Kota Madiun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 42680–42687.
Rahman, P. A., Baalwi, M. A., & Lestari, W. M. (2025). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.55732/jmpd.v4i1.995
Rahmania, T. P. A., & Ferdian, R. (2024). Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Kelas VIII di SMP Negeri 15 Padang. Misterius : Publikasi Ilmu Seni Dan Desain Komunikasi Visual., 1(2), 95–104. https://doi.org/10.62383/misterius.v1i2.124
Rambe, K. B., & Nasution, S. (2025). The Influence of the Cooperative Learning Model of the Team Game Tournament (TGT) Type on Students’ Collaborative Learning Abilities in the Indonesian Language Subject of Elementary School. 5.
Riswana, R., Khaerunnisa, K., & Annisa. (2024). Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Lempu PGSD, 1(2), 139–147. https://doi.org/10.70713/lempu.v1i2.3348
Sitepu, A. (2023). Identifying Elementary Students’ Motivation Of Art Education Learning Process. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 111–114. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17728
Tran, V. D., & Lewis, R. (2012). Effects of Cooperative Learning on Students at An Giang University in Vietnam. International Education Studies, 5(1), p86.https://doi.org/10.5539/ies.v5n1p86
Vista, E. R. B., Setiawan, A., & Nugroho, W. (2023). Pengaruh Teams Games Tournament Berbantuan Media Sticky Notes Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3(1), 17–24. https://doi.org/10.32665/jurmia.v3i1.537
Yang, X. (2023). A Historical Review of Collaborative Learning and Cooperative Learning. Techtrends, 1–11. https://doi.org/10.1007/s11528-022-00823-9
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















