PENGEMBANGAN PENGEMBANGAN POP-UP BOOK BERBASIS MARITIM DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA SD
Pengembangan Pop-Up Book Berbasis Maritim Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (Crt) Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Sd
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35068Keywords:
environmental awareness board media, learning outcomes, unite to protect the home and environmentAbstract
Penelitian yang dilaksanan bertujuan mengembangkan media pembelajaran Pop-Up Book berbasis budaya maritim yang terintegrasi dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) guna mengoptimalkan literasi numerasi siswa sekolah dasar, terutama pada materi pecahan. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development pada model ADDIE yang mencakup tahap yakni: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah 37 siswa kelas IV SDN 17 Bintan Timur pada semester ganjil tahun ajaran 2025/2026. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil validasi dari para ahli membuktikan bahwa media yang dikembangkan berada pada kategori sangat layak. Implementasi media menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, dari rata-rata pretest sebesar 48,11 menjadi 84,05 pada posttest. Analisis N-Gain menunjukkan skor 0,68 yang termasuk kategori sedang. Hasil ini menunjukkan bahwa media Pop-Up Book berbasis budaya maritim optimal dalam meningkatkan pemaknaan siswa terhadap materi pecahan melalui pendekatan yang kontekstual dan menyenangkan.
Kata Kunci: Pop-Up Book, Budaya Maritim, Literasi Numerasi, Culturally Responsive Teaching, Media Pembelajaran, Pecahan
Downloads
References
Amir, A. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar di Pedesaan. Jurnal Indonesia Mengabdi, 5(2), 55–62. https://doi.org/10.30599/jimi.v5i2.2802
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. University of Georgia.
Gui, M. D., & Adam, R. istiwaroh. (2024). Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Mosikolah, 3(1), 25–34.
Irma Sukarelawa, Toni Kus Indratno, & Suci Musvita Ayu. (2024). N-Gain vs Stacking: Analisis perubahan abilitas peserta didik dalam desain one group pretestposttest. Suryacahya.
Isdaryanti, B., Irvan, M. F., Sari, E. F., Azizah, W. A., Subagyo, N. A., Rokhim, B. K. N., & Nugrahani, A. G. (2024). Peningkatan Kapasitas Guru Sekolah Indonesia Jeddah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT). AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 716–725. https://doi.org/10.59431/ajad.v4i3.416
Lasminawati, E., Kusnita, Y., & Merta, I. W. (2023). Meningkatakan Hasil Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Model Probem Based Learning. Journal of Science and Education Research, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.49
Maulidya, T. H., Mulyono, A., Safitri, A. B., Dzahabiyyah, M., Rahmawati, R., & Arfatin Nurrahmah, M. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(3), 200–208. https://doi.org/10.31316/jderivat.v10i3.5360
Muliastrini, N. K. E. (2024). Penguatan Literasi Dan Numerasi Dalam Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. HAPAKAT : Jurnal Hasil Penelitian, 3(1). https://doi.org/10.33363/hpkt.v3i1.1334
Murti, R. C. (2023). Culturally Responsive Teaching to Support Meaningful Learning in Mathematics Primary School: A Content Analysis in Student’s Textbook. Jurnal Prima Edukasia, 11(2), 294–302. https://doi.org/10.21831/jpe.v11i2.63239
Nila, N. K. A. N., Agustika, G. N. S., & Wiarta, I. W. (2024). Media Pop Up Book Berbasis Kontekstual Muatan Matematika Materi Bangun Ruang. Journal of Education Action Research, 8(2), 262–272. https://doi.org/10.23887/jear.v8i2.77915
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















