PENDIDIKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN DALAM ISLAM: UPAYA MENUMBUHKAN KESADARAN EKOLOGIS BERBASIS NILAI KEISLAMAN DI PERGURUAN TINGGI

Abstract, Abstrak,Pendahuluan,Metodologi,Hasil dan Pembahasan,Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka

Authors

  • Vina Nanda Magister Pendidikan Agama Islam
  • Sulastri Magister Pendidikan Agama Islam
  • Muhammad Abdullah Sidiq Magister Pendidikan Agama Islam
  • Chairul Amriyah Magister Pendidikan Agama Islam
  • Junaidah Magister Pendidikan Agama Islam
  • Ihsan Mustofa Magister Pendidikan Agama Islam

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35058

Keywords:

Pendidikan Islam, Lingkungan, Kesadaran Ekologis

Abstract

Krisis lingkungan global yang semakin kompleks, seperti pencemaran udara, deforestasi, dan perubahan iklim, menunjukkan adanya kegagalan manusia dalam menjalankan perannya sebagai khalifah di muka bumi. Islam memandang alam sebagai amanah ilahi yang harus dijaga keseimbangannya, sebagaimana ditegaskan dalam Al-Qur’an dan Sunnah. Oleh karena itu, pendidikan lingkungan dalam Islam memiliki posisi strategis dalam membentuk kesadaran ekologis yang berakar pada nilai-nilai tauhid, khalifah, dan amanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep dasar, implementasi, serta peran perguruan tinggi Islam dalam menumbuhkan kesadaran ekologis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan menelaah karya ilmiah dosen UIN Raden Intan Lampung dan berbagai literatur relevan lainnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan lingkungan berbasis Islam tidak hanya menekankan aspek kognitif, tetapi juga dimensi spiritual dan moral sebagai manifestasi penghambaan kepada Allah SWT. Perguruan tinggi Islam, khususnya UIN Raden Intan Lampung, telah mengintegrasikan nilai-nilai ekologis ke dalam kurikulum, kegiatan green campus, serta dakwah berbasis lingkungan. Upaya ini berperan penting dalam membentuk karakter mahasiswa yang peduli lingkungan dan memiliki tanggung jawab sosial ekologis. Dengan demikian, pendidikan lingkungan dalam perspektif Islam merupakan instrumen penting dalam membangun generasi beriman, berilmu, dan berakhlak ekologis, yang menjadi agen perubahan bagi keberlanjutan kehidupan di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Nik Haryanti. 2014. ILMU PENDIDIKAN ISLAM (IPI).

Jurnal :

Ade Vera Yantika,Herlina, Fadila Rahmah, Baharudin, Ali Murtadho, Ihsan Mustofa. 2024. “STUDI TENTANG DAMPAK GREEN CAMPUS TERHADAP KESADARAN LINGKUNGAN MAHASISWA DI UIN RADEN INTAN LAMPUNG.” 09.

Asroni, Ahmad. 2022. “Etika Lingkungan Dalam Perspektif Islam.” Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains 4(1):54–59.

Hajar, Andi. 2024. “Transforming Islamic Education for Environmental and Social Sustainability.” Sinergi International Journal of Islamic Studies 2(2):82–95. doi: 10.61194/ijis.v2i2.601.

M Nurdin Zuhdi, Iwan Setiawan, David Sulistiawan Aditya,M Anwar Nawawi, Rizki Firmansyah, Maulida Nuzula Firdaus. 2023. “Religion, Higher Education, and Environmental Sustainability:Identification of Green Fiqh in Islamic Religion Courses atMuhammadiyah and Aisyiyah Universities.” Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan 8(2):454–57.

Muhammad Taisir, Mohamad Iwan Fitriani, Abdul Quddus. 2024. “Integrating environmental sustainability into universities.” JURNAL PENELITIAN KEISLAMAN 20(1):157–69. doi: 10.1007/s10734-013-9641-9.

Muhammad Wahyu, Juliani, Khairul Hidayat, Abdi Fadillah, Dio Septiawan, dan Kliven Brem Ginting. 2024. “Integration of Environmental Education in Islamic Religious Education Curriculum: A Sustainable Education Perspective.” Journal of Contemporary Gender and Child Studies 3(2):210–16. doi: 10.61253/jcgcs.v3i2.283.

Muin, Abdul, Moh. Zaiful Rosyid, Habibur Rahman, dan Rofiqi Rofiqi. 2025. “Ecological Tauhid-Based Green School Management: A Case Study of Eco-Pesantren Implementation at Mambaul Ulum Islamic Junior High School, Pamekasan.” EDUKASIA Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 6(1):551–62. doi: 10.62775/edukasia.v6i1.1457.

at Mambaul Ulum Islamic Junior High School, Pamekasan.” EDUKASIA Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 6 (1): 551–62. https://doi.org/10.62775/edukasia.v6i1.1457.

Saparuddin. 2024. “Andragogia : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Studies Islamic Spiritual Eco-Literacy : Model Pendidikan Agama Islam Untuk Generasi Muda Di Era Krisis Iklim.” 2(1):86–101.

Ulayya, Qatrunnada. 2023. “RADEN INTAN LAMPUNG TAHUN 1445 H / 2023.”

Downloads

Published

2025-11-12

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>