STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI PERMASALAHAN SISWA DI MA NURUL IKHWAN, MAROS

Authors

  • Milda Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Bunyamin Universitas Muslim Indonesia
  • Mustamin Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Wahab Universitas Muslim Indonesia
  • Ahmad Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35010

Keywords:

Strategi Guru, Bimbingan Konseling, Permasalahan Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis permasalahan yang dialami peserta didik serta strategi guru Bimbingan dan Konseling (BK) Islam dalam mengatasi permasalahan tersebut di Madrasah Aliyah (MA) Nurul Ikhwan Kabupaten Maros. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik menghadapi berbagai masalah yang dapat dikategorikan ke dalam empat aspek utama, yaitu masalah akademik, sosial, emosional, dan disiplin. Permasalahan akademik umumnya disebabkan oleh rendahnya motivasi belajar dan manajemen waktu yang kurang baik, sedangkan masalah sosial muncul akibat kesulitan beradaptasi dan kurangnya kemampuan komunikasi. Masalah emosional berkaitan dengan kecemasan, stres, serta rendahnya kepercayaan diri, sementara masalah disiplin terlihat dari pelanggaran ringan terhadap tata tertib sekolah. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, guru BK Islam menerapkan strategi preventif, kuratif, dan pengembangan berbasis nilai-nilai Islam melalui kegiatan keagamaan, konseling individual dan kelompok, serta pembinaan karakter. Pendekatan spiritual ini terbukti efektif dalam membantu siswa mengelola emosi, memperbaiki perilaku, dan meningkatkan kesadaran religius. Dengan demikian, strategi guru BK Islam di MA Nurul Ikhwan Kabupaten Maros berperan penting dalam membentuk peserta didik yang berakhlak, disiplin, dan berkepribadian islami.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, Muhammad, and Andi Baso Muammar Assad. 2020. “Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas IX MTs As’Adiyah Puteri 1 Sengkang Kabupaten Wajo.” Inspiratif Pendidikan 9(1):1–12. doi: https://doi.org/10.24252/ip.v9i1.13277.

Cania, Putri, and Leni Murni Hayati. 2025. “Peran Guru BK Dalam Menangani Permasalahan Sosial Dan Emosional Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Widyaswara Indonesia 1(2):148–52.

Daulay, Rahmad Muliadi Saleh, and Fatkhur Rohman. 2023. “Keteladanan Guru Membentuk Kedisiplinan Beribadah Siswa: Analisis Implementasi Pada Siswa Madrasah Aliyah.” Hikmah 20(1):69–80. doi: https://doi.org/10.53802/hikmah.v20i1.194.

Dianis, Nefrillia Pramitha, and Vivi Ratnawati. 2025. “Analisis Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMK Di Kediri: Penyebab, Dampak, Dan Solusi.” Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran) 8:314–20. doi: https://doi.org/10.29407/5q4hfm41.

Imelda, Ovi, and Ade Akhmad Saputra. 2025. “Collaboration Between Parents And Guidance And Counseling (BK) Teachers In Supporting Student Development At MA Aisyiyah 1 Palembang.” TIME: Transformation in Islamic Management and Education Journal 2(1):1–9.

Lubis, Bella Ananda, Nursalimah Nursalimah, and Ahmad Habin Sagala. 2024. “Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah Di SMA Muhammadiyah 10 Rantau Prapat.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11(4):731–64. doi: https://doi.org/10.69896/modeling.v11i4.2822.

Muaminah, Resa Rizki Riskah, Ainun Heiriyah, and Aminah. 2025. “Peranan Dan Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membantu Siswa Menemukan Identitas Diri Di SMA Negeri 1 Muara Teweh.” Educurio: Education Curiosity 4(1):70–79. doi: https://doi.org/10.71456/ecu.v4i1.1450.

Rohani, Rohani, Husnul Madihah, and Aminah Aminah. 2022. “Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Mengatasi Masalah Siswa Merokok Di SMA Negeri 1 Anjir Muara.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(4):6040–55. doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6449.

Safitri, Dina Fahri Yani, M. Ali Sibram Malisi, and Saudah Saudah. 2025. “Strategi Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di SMK Karsa Mulya Kota Palangka Raya.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 8(3):3291–96. doi: https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7475.

Suksma, Cahaya, Adinda Ramadhanti, Mahendra Agus H., Miftahus Surur, and Dyan Yuliana. 2024. “Analisis Tindak Perundungan Verbal Pada Proses Pembelajaran: Dampak Pada Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswi Kelas X Studi Kasus Di Madrash Aliyah Negeri 2 Situbondo.” Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan 2(2):103–15. doi: https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.318.

Sulistiana, Erina Kartika, Devina Novita Anggi, Iza Hasna Nasywa, and Lisa Virdinarti Putra. 2025. “Manajemen Konflik Untuk Mewujudkan Lingkungan Belajar Yang Positif Di Sekolah Dasar.” Jurnal Bersama Ilmu Pendidikan (DIDIK) 1(2):101–6. doi: https://doi.org/10.55123/didik.v1i2.219.

Taufiqoh, Qonitah. 2025. “Strategi Penyesuaian Diri Remaja Strategi Penyesuaian Diri Remaja Dalam Merespons Tuntutan Sosial Dan Dinamika Emosi.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 11(2):276–99. doi: https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i02.6032.

Wasliman, Eva Dianawati. 2023. “Upaya Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Manajemen Kelas Dan Kompetensi Komunikasi Guru Yang Humanis.” Khazanah Pendidikan 17(2):443–53. doi: https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.18552.

Downloads

Published

2025-11-11

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>