TRANSFORMASI NILAI SPIRITUALITAS DAN MOTIVASI AKADEMIK MELALUI ESTETIKA RELIGIUS DALAM SHOLAWAT AL-BANJARI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35007Keywords:
Spiritualitas, Motivasi Akademik, Estetika Religius, Sholawat Al-BanjariAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses transformasi nilai spiritualitas dan motivasi akademik melalui estetika religius dalam kegiatan sholawat Al-Banjari. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menelaah berbagai literatur ilmiah, buku, jurnal, dan dokumen yang relevan dengan tema spiritualitas, motivasi akademik, serta seni religius. Data dianalisis menggunakan teknik analisis konten dan sintesis informasi untuk menemukan pola dan hubungan antara nilai spiritual, aspek estetika, dan motivasi belajar dalam konteks kegiatan sholawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan sholawat Al-Banjari berperan penting dalam membentuk spiritualitas peserta melalui pengalaman estetika religius yang menyentuh aspek emosional dan batin. Estetika dalam lantunan sholawat, irama rebana, dan makna syair menjadi media efektif dalam menanamkan nilai-nilai keimanan, keikhlasan, kedisiplinan, dan kebersamaan. Selain itu, nilai spiritual yang terbentuk memiliki dampak positif terhadap motivasi akademik peserta, ditandai dengan meningkatnya semangat belajar, tanggung jawab, dan kesadaran bahwa menuntut ilmu merupakan bagian dari ibadah. Dengan demikian, estetika religius dalam sholawat Al-Banjari dapat dipahami sebagai sarana transformasi nilai yang mengintegrasikan dimensi seni, spiritualitas, dan pendidikan. Kegiatan ini tidak hanya berfungsi sebagai ekspresi keagamaan, tetapi juga sebagai model pembinaan karakter dan motivasi akademik yang relevan diterapkan di lembaga pendidikan formal maupun nonformal.
Downloads
References
Abdurrahman. 2024. “Metode Penelitian KepuAbdurrahman. “Metode Penelitian Kepustakaan.” Adabuna : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 3(2):102–13.
Agustine, Rismi Sekar, and Setyo Yanuartuti. 2025. “Al-Banjari Hadrah Music Learning in The Sukarol Munsyid Group at Al-Falah Islamic Boarding School Mojokerto.” Journal of Performing Arts 1:1–13. doi: https://doi.org/10.26740/vt.v1n1.p1xx-1xx.
Çetinkaya, Peyruze Rana, and Sevilay Kalay Meydan. 2023. “Study of Cognitive Structures of Professional Music Education Students Regarding the Concept of Aesthetics.” Türk Akademik Yayınlar Dergisi 7(4):827–45. doi:10.29329/tayjournal.2023.610.06.
Dhollande, Shannon, Annabel Taylor, Silke Meyer, and Mark Scott. 2021. “Conducting Integrative Reviews: A Guide for Novice Nursing Researchers.” Journal of Research in Nursing 26(5):427–38. doi: 10.1177/1744987121997907.
Fauzi, Muhamad Ilham, and Mohd Shafiee bin Hamzah. 2023. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Lagu Nasyid.” TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education 10(1):79–92. doi: 10.17509/t.v10i1.43020.
Huda, Sardjuningsihdan Shofiyul. 2020. “Pelatihan Dan Pendampingan Musik Hadrah Memperkuat Silaturrahmi Komunitas.” PELITA: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam 18(5):55. doi: https://doi.org/10.30762/realita.v18i2.4074.
Jerohmi, Mardhiah Putri, and Asnil Aidah Ritonga. 2025. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Bagi Masyarakat Melalui Peran Majelis Sholawat Al-Banjari Perbaungan.” Indonesian Journal of School Counseling 10(1):31–46. doi: 10.23916/085579011.
Khotijah, Sitti, Uswatun Hasanah, and Fayruzah El-faradis. 2023. “Upaya Membangun Karakter Sosial Remaja Melalui Komunitas Al- Banjari Di Murtajih Pamekasan Efforts to Build Social Character in Adolescents through Al-Banjari Community in Murtajih Pamekasan.” 4(1):111–21.
Mayring, Philipp. 2004. “2 . History of Content Analysis 3 . Basic Ideas of Content Analysis.” FORUM: QUALITATIVE SOCIAL RESEARCH 1:1–7.
Muawanah, Eis Imroatul, and Abdul Muhid. 2021. “Strategi Meningkatkan Motivasi BelajaMuawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90–98. Https://Doi.Org/10.23887/Jjbk.V.” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha 12(1):90–98. doi: 10.23887/XXXXXX-XX-0000-00.
Musaddad, Ahmad. 2024. “Leadership in Pesantren: Educational Management Approaches for Spiritual and Academic Development.” AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2(3):186–94. doi: 10.37348/aksi.v2i3.455.
Oviyanti, Adelia Martha, and Warih Handayaningrum. 2021. “Pembelajaran Musik Hadrah Al-Banjari Pada Grup El-Hasanuddin Di Desa Tebel Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo.” Jurnal Pendidikan Sendratasik 11(1):89–107. doi: 10.26740/jps.v11n1.p89-107.
Prayogo, Agung. 2024. “Competing for Spiritual Authority in Majelis Sholawat Al-Banjari (MSB) in Serdang Bedagai.” Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat 20(2):121–32. doi: 10.23971/jsam.v20i2.9053.
Rahman, F., and T. Mustofa. 2024. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Grup Seni Hadrah Al-Banjari Al-Qur’an Di Kampung Pulogebang Cakung Jakarta Timur.” Ta’limuna: Jurnal Pendidikan Islam 13(1):40–49. doi:10.32478/e8227y30.
Saidah, Nur. 2023. “Hadrah Spirit as an Islamic Arts in the Land of Papua.” JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam) 6:116. doi: 10.30829/juspi.v6i2.13907.
Sandy Aulia Rahman, Zulfa Jamalie, Asikin Noor. 2024. “Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Sinoman Hadrah Di Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara.” INTEGRASI : Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 2(1):1–16. doi: 10.61590/int.v2i01.103.
Shariff, N. M., N. A. Azhar, S. N. A. Bakar, and ... 2022. “… and Burnout of Employees in Islamic University: Mendengar Musik Islam, Kesejahteraan Rohani Dan Kelelahan Dalam Kalangan Pekerja Di Universiti Islam.” Al-Irsyad: Journal of … 7(2):915–23.
Sugiyanto, Sugiyanto, Muhammad Zamroji, and Muhammad Fadhlan Refa. 2025. “The Role of Al Banjari Hadroh Activities in Fostering Students’ Love for Islamic Arts in Islamic Boarding Schools.” Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3(2):117–28. doi: 10.59373/ngaos.v3i2.240.
Waroh, Mu’arifatul, Kustiana Arisanti, and Herwati Herwati. 2023. “Penguatan Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Hadrah.” Journal TA’LIMUNA 12(1):70–77. doi: 10.32478/talimuna.v12i1.1433.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















