PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS XI MAN 2 DELI SERDANG T.A 2024/2025

Authors

  • Afifah Aulya Universitas Muslim Nusantara Al-washliyah Medan
  • Nur Asyah Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Ika sandra Dewi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Dina Hidayati Hutasuhut Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34982

Keywords:

Bimbingan Kelompokk, Role Playing, Kecerdasan Interpersonal

Abstract

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan menciptakan, membangun dan mempertahankan suatu hubungan antar pribadi (sosial) yang sehat dan saling menguntungkan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok denga teknik role playing terhadap kecerdasan interperonal siswa kelas XI MAN 2 Deli Serdang T.A 2024/2025. Layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan role playing berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa. Melalui penerapan teknik ini, siswa diharapkan mampu mengatasi berbagai hambatan, seperti kurang mampu membangun dan menjalin hubungan, berempati dengan orang lain, kurang percaya diri saat berinteraksi dan kurang mampu mengelola konflik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen one group pretest-posttest design dengan bantuan dari program SPSS version 23.00 for windows.  Populasi dalam penelitian ini berjumlah 105 siswa, dan sampel diambil secara purposive  sampling sebanyak 10 siswa yang memiliki tingkat interaksi sosial rendah. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.011 dan nilai uji t sebesar 3.200, yang menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan interpersonal siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa intervensi ini efektif dalam membantu siswa mengembangkan kecerdasan interpersonal yang lebih baik. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru BK dalam merancang layanan bimbingan yang sesuai untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, J., & Hutasuhut, D. H. (2022). Pengaruh teknik sosiodrama terhadap rasa empati pada siswa SMP Negeri 1 Perbaungan Tahun Ajaran 2021/2022. Journal of Computer and Engineering Science, 13-26.

Annisak, F., Zainuri, H. S., & Fadillah, S. (2024). Peran Uji Hipotesis Penelitian Perbandingan Menggunakan Statistika Non Parametrik Dalam Penelitian. Al Ittihadu, 3(1), 105-116.

Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. PT RINEKA CIPTA

Asyah, N. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Teknik Role Playing terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 12-20.

Asyah, N. (2024). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELLING TERHADAP ETIKA BERBICARA SISWA DENGAN GURU DI SMA N 21 MEDAN.

El Fiah, R. (2018). Peran konselor dalam pendidikan karakter. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(1), 35-46.

Harahap, L. A. A., & Dewi, I. S. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Sosiodrama dalam Mengurangi Kecanduan Gadget pada Siswa. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 88-95.

Hasibuan, R. M., & Dewi, I. S. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar Melalui Teknik Homeroom Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Di SMA Al Washliyah Tanjung Morawa. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(1), 33-44.

Hutasuhut, D. H., Fadlan, M. N., & Yarshal, D. (2023). Mengurangi Penyebab Plagiat pada Tugas Akhir Semester Melalui Bimbingan Kelompok Mahasiswa BK Universitas Muslim Nusantara Alwashliyah. Journal on Education, 5 (2),3023-3027.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. Jakarta: Kata Pena, 73, 87-88.

Latifah Hanum, S., & Dewi, I. S. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Membolos Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sei Suka TA 2021/2022. Education Achievement: Journal of Science and Research, 119-135

Machali, I. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mulia, M. I., & Hutasuhut, D. H. (2022). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral Terhadap Sikap Agresi Siswa SMA Yayasan Perguruan Indonesia Membangun. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 116-129.

Nasar, A., Saputra, D. H., Arkaan, M. R., Ferlyando, M. B., Andriansyah, M. T., & Pangestu, P. D. (2024). Uji Prasyarat Analisis. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(6), 786-799.

Nurbaini, S., Asyah, N., & Dewi, I. S. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Kelas X SMK Al-Washliyah 4 Medan. Invention: Journal Research and Education Studies, 29-35.

Oviyanti, F. (2017). Urgensi kecerdasan interpersonal bagi guru. Tadrib, 3(1), 75-97.

Prastiwi, A., Hidayat, S. W., & Muslim, M. (2016). Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal. Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling, 4(2).

Prayitno. (2017). Konseling profesional Yang Berhasil. Pt Raja Grafindo Persada.

Salsabilla, S., & Zafi, A. A. (2020). Kecerdasan interpersonal peserta didik sekolah dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 35-42.

Vat, A. P. L., Dharmayanti, P. A., & Putri, D. A. W. M. (2023). Pengembangan buku panduan konseling kelompok teknik role playing untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa sma. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 473-478.

Downloads

Published

2025-11-10