PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS IV SDN 36 PONTIANAK SELATAN

Authors

  • Indik Syahrabanu Universitas Tanjungpura
  • Hamdani Universitas Tanjungpura
  • Hery Kresnadi Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34977

Keywords:

Learning Outcomes, Mathematics, PhET Simulation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran Simulasi PhET terhadap hasil belajar matematika materi bilangan pecahan peserta didik kelas IV SDN 36 Pontianak Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk penelitian Quasi Experimental Design dengan jenis Nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IVa dan IVb dengan data yang diperoleh berupa pre-test dan posttest soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh penggunaan media pembelajaran Simulasi PhET terhadap hasil belajar matematika materi bilangan pecahan peserta didik kelas IV SDN 36 Pontianak Selatan. Hal ini dilihat dari hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpualan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, hasil dari pengujian effect size diperoleh nilai effect size untuk sebesar 0,500066 yang tergolong kedalam kategori sedang. Ini menunjukkan Simulasi PhET berpengaruh terhadap hasil belajar matematika materi pecahan kelas IV

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, I. A. D., & Handayani, S. (2018). Penggunaan Virtual Laboratory berbasis PhET Simulation Untuk Menentukan Konstanta Wien. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2). https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.2487

Dellasari, D., Imansyah, F., & Marleni, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 53 Prabumulih. Anthor: Education and Learning Journal, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31004/anthor.v1i1.1

Fitriyati, I., & Prastowo, A. (2022). Pembelajaran Daring Menggunakan Phet Simulations Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1041. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1120

Hikma, N., Amiruddin, B., & Ili, L. (2023). Pengaruh Penggunaan Media PhET Simulation dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Beajar Siswa Kelas IV SD. 5, 19–28.

Kurniani Ningsih, S., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1). https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48

Mahmududi, A., Kusumaningsih, W., & Mushafanah, Q. (2023). Analisis Penggunaan Media Konkret dalam Pembelajaran Matematika Kelas 2 Materi Pengukuran di SD Supriyadi 02 Kota Semarang. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 9(I), 1–19.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Mauliddiyah, N. L. (2021). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. 3(1), 6.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika. Journal Homepage: Http://Journal.Unsika.Ac.Id/Index.Php/Sesiomadika.

Norlaila, N., Ansori, H., & Juhairiah, J. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Phet Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan. Jurmadikta, 4(2), 54–66. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i2.2770

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1). https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

OECD. (2023). Pisa 2022 Result (Volume1): The State of Learning and Equity in Education. In Perfiles Educativos (Vol. 46, Issue 183). OECD Pulishing. https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714

Pangesti, F. W., & Mulyati, T. (2022). Efektivitas Media Aplikasi Phet Simulations Dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Sd Terkait Materi Pecahan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(229). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v11i9.58609

Riantoni, C., Astalini, A., & Darmaji, D. (2019). Studi penggunaan PhET Interactive Simulations dalam pembelajaran fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(2). https://doi.org/10.12928/jrkpf.v6i2.14202

Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa. Publikasi Pembelajaran, 1(1).

Safari, Y., & Inayah, Y. (2024). Penerapan Teori Bruner Dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan :Seroja, 3(1), 156–164.

Sari, P. (2019). Analisis terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42–57. https://eprints.uny.ac.id/65664/

Sirait, S. H., Putri, J., Ginting, B., & Sembiring, S. B. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Phet Terhadap Hasil Belajar Materi Pecahan Siswa SD 056604 Purwobinangun. Jurnal Curere, 7(2).

Syamsidar, Maruf, U. M. M., & Hustim, R. (2018). Pembelajaran Fisika Berbasis Cone of Experience Edgar Dale. Jurnal Pendidikan Fisika, 6, 1–12.

Sylviani, S., Permana, F. C., & Utomo, R. G. (2020). PHET Simulation sebagai Alat Bantu Siswa Sekolah Dasar dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Matematika. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25184

Taher, R., & Desyandri, D. (2022). Analisis Media Berbasis Digital Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6

Downloads

Published

2025-10-30