KONSEP MANUSIA MENURUT PERSPEKTIF HUMANISTIK DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM
PENDAHULUAN, METODOLOGI, HASIL, DISKUSI, KESIMPULAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34973Keywords:
Concept of human being, Humanistic, Fitrah (innate nature), Islamic education, Self-actualizationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep manusia menurut perspektif humanistik dan menelaah implikasinya terhadap pengembangan paradigma pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), dengan sumber data utama berupa karya-karya tokoh humanistik seperti Abraham Maslow dan Carl Rogers, serta literatur pendidikan Islam dari Al-Ghazali, Ibn Miskawaih, dan Syed Naquib al-Attas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep manusia dalam perspektif humanistik memiliki kesamaan prinsip dengan pandangan Islam, terutama dalam penghargaan terhadap martabat manusia, potensi perkembangan diri, dan tujuan pendidikan sebagai proses humanisasi. Namun, keduanya berbeda dalam orientasi nilai: teori humanistik berpusat pada aktualisasi diri manusia secara otonom, sedangkan Islam menekankan orientasi spiritual dan ketundukan kepada Tuhan. Integrasi keduanya menghasilkan paradigma pendidikan Islam yang humanistik, yaitu pendidikan yang berorientasi pada pengembangan fitrah manusia melalui pendekatan yang empatik, reflektif, dan spiritual. Implikasi penelitian ini menunjukkan pentingnya pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (learner-centered learning) dalam pendidikan Islam yang tetap berlandaskan nilai-nilai tauhid, akhlak, dan kemanusiaan universal.
Downloads
References
Al-Attas, S. M. N. (1991). The concept of education in Islam: A framework for an Islamic philosophy of education. Kuala Lumpur: ISTAC.
Azra, A. (2023). Islam Nusantara and the dynamics of Indonesian Islamic education. Jakarta: Prenada Media.
Crain, W. (2020). Theories of development: Concepts and applications (7th ed.). New York: Routledge.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Freire, P. (2020). Pedagogy of the Oppressed (50th Anniversary ed.). London: Bloomsbury.
Jarvis, P. (2018). Learning human: The learning society and the meaning of life. New York: Routledge.
Krippendorff, K. (2019). Content analysis: An introduction to its methodology (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. Beverly Hills, CA: Sage Publications.
Maslow, A. H. (2019). Motivation and personality (3rd ed.). New York: Harper & Row.
Mike, T., Johnson, P., & Li, X. (2025). Qualitative research in educational philosophy: Methods and meanings. London: Routledge.
Mochammad, A., Fadli, M., & Rasyid, N. (2023). Humanistic perspectives in Islamic education: A literature review approach. Indonesian Journal of Islamic Pedagogy, 5(2), 112–128. https://doi.org/10.21009/ijip.5.2.112
Nasr, S. H. (2017). Islam and the plight of modern man. Chicago: Kazi Publications.
Rahman, F. (2020). Islamic methodology in history. Kuala Lumpur: Islamic Book Trust.
Rogers, C. R. (2021). On becoming a person: A therapist’s view of psychotherapy. Boston: Houghton Mifflin.
Schunk, D. H. (2020). Learning theories: An educational perspective (8th ed.). Boston: Pearson.
Syed, I. (2021). Rehumanizing education: A call for moral and spiritual renewal in learning. Journal of Humanistic Psychology, 61(4), 523–540. https://doi.org/10.1177/0022167820945168
Zed, M. (2018). Metode penelitian kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















