PERKEMBANGAN JANIN DALAM KANDUNGAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
PENDAHULUAN, METODOLOGI, HASIL, DISKUSI, KESIMPULAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34949Keywords:
perkembangan janin, pendidikan prenatal, pendidikan karakter, perspektif Islam, pembinaan anakAbstract
Pendidikan manusia sesungguhnya dimulai sejak masa prenatal, ketika janin masih berada dalam kandungan. Masa ini merupakan fase penting bagi pembentukan aspek fisik, psikologis, dan karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan perkembangan janin berdasarkan kajian ilmiah dan perspektif Islam, menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan janin, serta mengidentifikasi implikasinya terhadap pendidikan, khususnya dalam pembinaan karakter peserta didik. Kajian literatur menunjukkan bahwa perkembangan janin melalui tiga tahap utama: germinal, embrionik, dan fetal, yang dipengaruhi oleh faktor genetik, kesehatan ibu, asupan gizi, kondisi emosional, serta spiritualitas ibu selama kehamilan. Dalam perspektif Islam, Al-Qur’an (Q.S. Al-Mu’minun [23]:12–14) menekankan penciptaan manusia secara bertahap dan pendidikan ilahiah sejak dalam rahim, menegaskan pentingnya perhatian terhadap kondisi prenatal sebagai fondasi pembentukan karakter dan kemampuan belajar anak. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan prenatal, termasuk stimulasi positif dan bimbingan spiritual, berkontribusi signifikan terhadap perkembangan fisik, emosional, dan spiritual anak. Temuan ini menegaskan perlunya integrasi prinsip pendidikan Islam dan ilmu perkembangan prenatal dalam upaya membentuk generasi yang sehat, berkarakter, dan siap menghadapi pendidikan formal sejak dini.
Downloads
References
Ahmad, M. (2019). Metodologi penelitian kualitatif dalam pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Al-Attas, S. M. N. (1991). The concept of education in Islam: A framework for an Islamic philosophy of education. Kuala Lumpur: ISTAC.
Al-Qur’an al-Karim. (n.d.). Terjemahan Kementerian Agama Republik Indonesia. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Desmita. (2017). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Harto, K. (2019). Pendidikan manusia seutuhnya: Perspektif Islam. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Press.
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Terj. Istiwidayanti). Jakarta: Erlangga.
Jalaluddin. (2016). Psikologi agama: Memahami perilaku keagamaan dengan pendekatan psikologis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Khadijah, A., & Amelia, S. (2020). Faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan janin. Jurnal Ilmiah Psikologi dan Kesehatan, 5(2), 45–56.
Meriyanti, D., Harto, K., & Suryana, R. (2023). Pengaruh stimulasi spiritual prenatal terhadap perkembangan motorik dan kognitif bayi. Jurnal Al-Musannif, 12(1), 78–92.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nawawi, H. (2012). Metode penelitian bidang sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Papalia, D. E., & Feldman, R. D. (2020). Human development (13th ed.). New York: McGraw-Hill.
Rahayu, T. (2020). Komunikasi prenatal dan pengaruhnya terhadap perkembangan janin. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(3), 112–124.
Rahman, F. (2020). Integrasi sains dan Islam dalam memahami perkembangan janin manusia. Jurnal Pendidikan Islam dan Sains, 8(2), 123–136.
Santrock, J. W. (2018). Life-span development (16th ed.). New York: McGraw-Hill Education.
Santrock, J. W. (2019). Life-span development (17th ed.). New York: McGraw-Hill Education.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syukri, M. (2021). Perspektif Islam tentang perkembangan manusia dan pendidikan prenatal. Jurnal Studi Keislaman, 9(1), 45–60.
Wahyuni, L., & Wulandari, P. (2021). Pengaruh lingkungan prenatal terhadap kesiapan belajar anak. Jurnal Pendidikan Holistik, 9(2), 55–67.
Yusuf, M. (2022). Genetika dan perkembangan janin: Implikasi untuk pendidikan awal. Jurnal Biologi dan Pendidikan, 11(1), 23–34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















