INTEGRASI TEORI KOGNITIVISTIK DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK: MEMBANGUN KETERAMPILAN ABAD 21

PENDAHULUAN, METODOLOGI, HASIL dan DISKUSI, KESIMPULAN

Authors

  • Meli Puspita Meli UIN Raden Fatah Palembang
  • Eprianto UIN Raden Intan Lampung
  • Darmanto UIN Raden Intan Lampung
  • Kasinyo Harto UIN Raden Intan Lampung
  • Irja Putra Pratama UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34948

Keywords:

3N (Niteni, Nirokke, Nambahi), Keterampilan Menulis Puisi, Pengaruh

Abstract

Integrasi teori kognitivistik dalam pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) menjadi strategi efektif dalam membangun keterampilan abad ke-21 yang meliputi kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip-prinsip kognitivistik, seperti konstruksi pengetahuan, skemata, dan metakognisi, dalam konteks pembelajaran berbasis proyek di lingkungan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan menganalisis berbagai literatur terkait teori kognitivistik dan model PjBL. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi kedua pendekatan tersebut mampu mendorong peserta didik untuk aktif mengkonstruksi pengetahuan melalui pengalaman nyata, refleksi, dan kolaborasi. Selain itu, penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek dengan landasan teori kognitivistik memperkuat peran guru sebagai fasilitator yang membimbing proses berpikir siswa secara mandiri dan bermakna. Dengan demikian, kombinasi antara teori kognitivistik dan pembelajaran berbasis proyek menjadi fondasi penting dalam menyiapkan peserta didik menghadapi tantangan global abad ke-21 melalui penguatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (Eds.). (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. Longman.

Anggriani, U. L., & Pratama, I. P. (2025). Penerapan Metode Project-Based Learning dalam Pembelajaran Al-Qur’an Surah Al-Falaq. Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 20–32.

Ara, T. M., Apriansyah, A., Setio, J., & Harto, K. (2024). Teori Kognitivisme dan Implementasinya dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Bedelau: Journal of Education and Learning, 5(2), 112–123.

Azzahra, R., Ferdino, M. F., Putri, N. I., Harto, K., & Pratama, I. P. (2025). Implikasi Teori Belajar Kognitivistik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 15(1), 229–252.

Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Educational psychology: Windows on classrooms (9th ed.). Pearson.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266. https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3

Komarudin, M., Ridho El-Razy, K. M., Harto, K., & Astuti, M. (2023). Diskursus Aliran Teori Belajar Utama (Aliran Proses Informasi, Behaviorisme, Kognitivisme/Konstruktivisme, dan Humanisme). Raudhah: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(1), 328–335.

Mayer, R. E. (2011). Applying the science of learning. Pearson.

Nurfajriani, W. V., Shah, K., Suryana, E., & Karolina, A. (2024). Penerapan Teori Kognitivistik dalam Pembelajaran PAI di SMA. Mister: Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science Technology and Educational Research, 1(3), 385–392.

Suryani, I., Choirunniswah, Z., Maryamah, & Harto, K. (2024). Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Level Pendidikan Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 309–317.

Sutarto, S. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 1–26.

Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. The Autodesk Foundation.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. Jossey-Bass.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Wulandari, D., & Suprihatin, T. (2021). Integrasi pendekatan kognitivistik dan PjBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 7(2), 85–94.

Zubaidah, S. (2018). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran berbasis proyek. Universitas Negeri Malang Press.

Downloads

Published

2025-11-11

Most read articles by the same author(s)