EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN STORYTELLING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII SMPN 18 KOTA SERANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34931Keywords:
Keterampilan Berbicara, Model Talking stick, Model Storytelling.Abstract
Banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam mengemukakan pendapat atau argumennya di depan umum, sehingga berdampak pada rendahnya kemampuan berbicara secara efektif. Kondisi tersebut menunjukkan perlunya penerapan model pembelajaran yang lebih variatif dan interaktif guna menciptakan suasana belajar yang mendorong partisipasi aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan model pembelajaran talking stick dan storytelling, serta perbedaan keefektifan antara model pembelajaran talking stick dan storytelling terhadap keterampilan berbicara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Quasi experiment bentuk desain Nonequivalen Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa tes hasil berbicara siswa, yang dianalisis menggunakan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas yang menggunakan model talking stick sebesar 76,89, sedangkan kelas yang menggunakan model storytelling sebesar 74,25, Meskipun secara deskriptif model pembelajaran talking stick menghasilkan peningkatan yang lebih tinggi, hasil analisis uji N-Gain Score menunjukkan nilai rata-rata 0,081, yang berarti tidak terdapat perbedaan signifikan secara statistik antara kedua model pembelajaran tersebut. Dengan demikian, model pembelajaran talking stick dan storytelling memiliki pengaruh yang relatif sama dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII SMPN 18 Kota Serang.
Downloads
References
Adriani. S, dkk . (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Keterampilan Berbicara Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 2 (Studi Kasus SDN X Cubadak). Jurnal PGMI UNIGA (JPU). Vol. 2. No. 1.
Astuti, Tri dkk. (2022). Model Pembelajaran Interaktif sebagai Upaya Implementasi Merdeka Belajar pada Siswa SD Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Efektor. Vol. 9. No.1.
Fadhlurrahman. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar IT Humairoh 2 Pekanbaru. Skripsi: UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Fani, N. N, dkk. (2021). Analisis Metode Bercerita dalam Menstimulasi Keterampilan Berbicara pada Kelompok B di Paud Ibnu Sina Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol. 2. No. 2.
Fauziyah, S. H dan Asep. H. H. (2024). Problematika Keterampilan Berbicara dan Komunikasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol. 9. No. 1.
Hasan, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 4 Gorontalo. DIKMAS: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian. Vol. 2. No. 2.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbudristek. https://kurikulum.kemdikbud.go.id
Marzuqi, I. (2019). Keterampilan Berbicara: dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: CV. Istana.
Rahardjo, M. (2020). Bahasa sebagai Alat Komunikasi Publik dan Pembangunan Wacana. Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra. Vol. 2. No. 1.
Safikri, I. (2023). Faktor Kesulitan Keterampilan Berbicara Bahasa Lampung Dialek A Kelas IV di SD Negeri 1 Sukamulya. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Raden Intan Lampung, Lampung.
Sugiyono. 2023. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.
Syarifuddin, N. (2017). Pengaruh Model Storytelling terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas V MI Jamiatul Khaerat Kota Makassar. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar, Makassar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















