RELEVANSI ALIRAN IDEALISME DALAM PERUMUSAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34911Keywords:
Idealisme, Filsafat Pendidikan, Kurikulum Merdeka, Nilai Moral, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam relevansi filsafat idealisme dalam perumusan dan implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia sebagai landasan filosofis bagi penyelenggaraan pendidikan nasional yang berorientasi pada pembentukan karakter. Filsafat idealisme memandang pendidikan sebagai proses spiritual dan intelektual yang bertujuan membentuk manusia seutuhnya berdasarkan nilai-nilai universal seperti kebenaran, keindahan, dan kebaikan. Idealisme menegaskan bahwa pendidikan sejati tidak hanya menekankan pencapaian akademik, tetapi juga pembinaan moral, spiritual, dan nilai-nilai kemanusiaan yang menuntun peserta didik menuju kesempurnaan diri. Pandangan ini sejalan dengan semangat Kurikulum Merdeka, yang menekankan kebebasan belajar, otonomi guru dan peserta didik, serta pengembangan potensi individu secara holistik melalui pembentukan Profil Pelajar Pancasila yang beriman, berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, gotong royong, dan berkebinekaan global. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka (library research) melalui kajian terhadap karya-karya filsuf idealisme klasik seperti Plato, Hegel, dan Herbart, serta literatur filsafat pendidikan modern dan dokumen kebijakan resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Analisis dilakukan secara deskriptif-analitis untuk menemukan keselarasan antara nilai-nilai idealisme dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa idealisme memiliki relevansi yang kuat dalam memperkuat landasan filosofis, etis, dan humanistik pendidikan Indonesia. Nilai-nilai idealisme tercermin melalui pembelajaran berpusat pada peserta didik, penggunaan metode dialogis, reflektif, dan dialektis, serta peran guru sebagai fasilitator dan teladan moral yang menuntun siswa menuju kebenaran sejati dan makna belajar. Dengan demikian, penerapan prinsip idealisme tidak hanya memperkuat arah filosofis dan moral Kurikulum Merdeka, tetapi juga menjaga keseimbangan antara kebebasan belajar dan pembentukan karakter, sehingga pendidikan Indonesia mampu melahirkan manusia yang beriman, berpengetahuan, berbudaya, berintegritas, serta adaptif terhadap tantangan global.
Downloads
References
Ayun Q. (2020). Pendidikan Filsafat Idealisme. Yogyakarta: Deepublish
Brubacher, J. S. (1981). Modern Philosophies Of Education. New York: Mcgraw-Hill.
Duman, B. (2010). Correlation Between The Graduate-Students’ Perception Of Educational Philosophies And Their Democratic Attitudes. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 2(2), 5830 5834. https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2 010.03.951
Fatimah, Neviyarni, Irdamurni. (2023) Idealisme Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pendidikan Di Sumatera Barat. Innovative: Journal Of Social Science Research Volume 3 Nomor 2
Fauzii, Ii. (2022). Peranan Fiilsafat Dalam Pendidikan Ilmu Kesehatan (Kajian Ontologi, Epistemologi, Dan Aksiologi). Educatoria, 2(4), 64–70.
Fitria S, Elsa C, Sholeh H, (2024) Konsepsi Filsafat Dalam Penerapan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Literasi. Volume Xv, Nomor 1. Issn: 2085-0344 E-Issn: 2503-1864
Hardantii, B. W. (2020). Landasan Ontologis, Aksiologis, Epitesmologis Aliran Filsafat Esensialism Dan Pandangannya Terhadap Pendidikan. Reforma, 9(2), 2621–4172.
Hartono, M. R. (2022). Peranan Filsafat Terhadap Pendidikan Ips Dalam Perkembangan Karakter. Tugas Mata Kuliah Mahasiswa, 156-162.
Idawati, Et Al (2024) Implementasi Filsafat Idealisme Melalui Pendidikan Sekolah Dasarpendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 9 No 4 Issn Cetak : 2477-2143 Issn Online : 2548-6950
Ilham, M.F, et al. (2024) Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Idealisme. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora Vol. 4 No. 1 Issn: 2598-4934
Izzah, A.N. (2025) Menelisik Peran Guru Dalam Membangun Karakter: Perspektif Filsafat Idealisme Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10(1)
Krisdiana, Mega., dkk. (2022). Implementasi Filsafat Pendidikan Idealisme di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6).
Masyitah, et al. (2024) Implementasi Pendidikan Idealisme Di Perguruan Tinggi Swasta Stai Raudhatul Akmal Batang Kuis Deli Serdang. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 4(3)
Mubin, A. (2019). Refleksi Pendidikan Filsafat Idealisme. Rausyan Fikr Jurnal Pemikiran Pencerahan, Dan 15(2). Https://Doi.Org/10.31000/Rf.V15i2.1 800
Mugiarto, M., Sauri, S., & Fatkhullah, F. K. (2021). Visi Pendidikan Berbasis Agama, Filosofi, Psikologi dan Sosiologi. Ar Rihlah: Jurnal Pengembangan Islam, 6(2), Inovasi Pendidikan 179–199. https://doi.org/10.33507/ar rihlah.v6i2.414
Munjiah, A. U. et al. (2024). Filsafat Idealisme Dan Peran Guru Sebagai Pemandu Spiritual Dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 9 No 4 Issn Cetak : 2477-2143 Issn Online : 2548-6950
Ozmon, H., & Craver, S. (2012). Philosophical Foundations Of Education. Boston: Pearson.
Rachman, Nur. (2010). Fungsi Guru Dalam Aliran Idealism Dalam Http//Nurrachman Ceper.Blogspot. Com/2010, Diunggah Pada 3 Mei 2010.
Rahmi Hanifah, Desyandri, ‘Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Perspektif Filsafat Idealisme’, Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08.1 (2023), 116
Rusdi, R. (2013). Filsafat Idealisme: Implikasinya Dalam Pendidikan. Dinamika Ilmu, 13(2).
Shagena, A & Syarifuddin (2022) Peran Filsafat Idealisme Serta Implementasinya Pada Pendidikan. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 17 No. 2, P-Issn 0216-7433; E-Issn 2827
Suroso, & Sholehuddin, S. (2023). Pemikiran Essensialisme Dalam Filsafat Pendidikan. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(6), 78 86.
Usiono. 2011. Aliran – Aliran Filsafat Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Yanuarti, E. (2016). Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat Idealisme. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















