KECAKAPAN MANAJEMEN KELAS GURU SEBAGAI UPAYA PENYELESAIAN PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Deni Sutisna PGSD FKIP Universitas Mataram
  • Dyah Indraswati PGSD FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v5i2.3491

Keywords:

Pembelajaran Daring, Manajemen Kelas, Problematika, dan pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana kecakapan manajemen kelas guru sebagai upaya penyelesaian problematika pembelajaran di masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Objek penelitian ini adalah siswa SD kelas 2 pada SDN Sidamukti Pangalengan Bandung beserta gurunya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. wawancara terfokus kepada guru kelas karena beliau yang lebih mengetahui problematika pelaksanaan Pembelajaran di masa pandemi Covid-19 serta solusi penyelesaiannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika Pembelajaran di masa pandemi Covid-19 pada kelas 2 SDN Sidamukti Pangalengan Bandung dibagi menjadi 3 dimensi. Ke tiga dimensi tersebut meliputi: 1). permasalahan yang dihadapi oleh guru; 2). permasalahan yang di hadapi siswa; dan 3). Permasalahan yang dihadapi oleh Orang tua siswa. Adapun bentuk manajemen kelas yang dilakukan oleh guru meliputi tiga tahapan; 1). Tahap persiapan dengan menyesuaikan perangkat pembelajaran dari pembelajaran luring ke pembelajaran daring terutama penyesuaian rencana program pembelajaran (RPP); 2) tahap pelaksanaan. Teknis pembelajaran yang dilakukan oleh guru termasuk bimbingan pribadi melalui daring, membentuk kelompok siswa berdasarkan kemampuan siswa, melakukan kunjungan kepada kelompok kecil yang telah dibentuk sebelumnya, kelompok kecil siswa yang dikunjungi guru, memberikan modul dan penugasan yang dikumpulkan dan di evaluasi setiap satu minggu sekali. Dengan model manajemen seperti itu pembelajaran di masa pandemi Covid-19 lebih efektif dibandingkan pembelajaran online yang telah di laksanakan sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah, A. S. (1997). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. 70–84.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Scholaria, 10(3), 282–289. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. 04(1), 4–6.

Efendi, R., & Gustrinasi, D. (2020). Manajemen Kelas DI Sekolah Dasar. Pasuruan: Qiara Medika.

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. 5.

Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo , Kebumen Arifia Sabila Hayati. 2, 23–32.

Hendriati, A. (2017). KEMAMPUAN MANAJEMEN KELAS GURU : PENELITIAN TINDAKAN DI SEKOLAH DASAR DENGAN SES RENDAH. 16(2), 89–104.

J. Moleong, L. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kawuryan, S. P. (1992). KARAKTERISTIK SISWA SD KELAS RENDAH DAN PEMBELAJARANNYA. Diambil dari http://staffnew.uny.ac.id/staff/132313274

Lilawati, A. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Mulyani, D. (2013). HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR Abstract Readiness to learn is the most important factor in determining student success in learning . In fact encountered many students have not the readiness to learn like this out in the study , li. 2(1), 27–31. Diambil dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor%0AHalaman

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE ANALYSIS (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). I(3), 31–36. https://doi.org/https://doi.org/10.33197/jitter.vol1.iss3.2015.62

Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi Di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487

Rigianti, H. A. (2020). KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANJARNEGARA. 7(September), 92027. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768

Rizki, U. Y. (2013). HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR DENGAN OPTIMISME MENGERJAKAN UJIAN. 2(1), 49–56. Diambil dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj%0AHUBUNGAN

Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Rusyan, A. T., Winarni, W., & Hermawan, A. (2020). Membangun Kelas Aktif dan Inspiratif. Sleman: Budi Utama.

Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan disiplin belajar siswa melalui manajemen kelas ( Improving students ’ learning discipline through classroom management ). 2(2), 233–241.

Sobri, M., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. 6(1), 61–71.

Somantri, M. (2014). Perencanaan Pendidikan (Vol. 1). Bogor: IPB Press.

Suryana, A. (2018). Manajemen Kelas.

Sutisna, D., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Keteladanan Guru sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa. (September), 29–33. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1236

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20. https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315

Waridah, E., & Suzana. (2014). Kamus Bahasa Indonesia. Bandung: Kawah Media.

Widodo, A., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Analisis Nilai-Nilai Kecakapan Abad 21 Dalam Buku. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 125–133. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.3231

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. JMKSP Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 290–303. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1477

Downloads

Published

2021-01-01