EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN FISIKA KELAS 12 DI SMA DAARUL QUR'AN CIKARANG TAHUN AJARAN 2025/2026: STUDI KUANTITATIF STRATEGI GURU DAN RESPONDEN PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34883Keywords:
Kata kunci: evaluasi pembelajaran, fisika SMA, strategi guru, respons peserta didik, Kurikulum Merdeka.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas proses pembelajaran Fisika di kelas XII SMA Daarul Qur’an Cikarang tahun ajaran 2025/2026 dengan fokus pada strategi pedagogis guru dan respons peserta didik. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif melalui penyebaran kuesioner berbasis skala Likert kepada 50 responden siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan distribusi frekuensi dan persentase untuk menilai kecenderungan persepsi terhadap kejelasan penyampaian materi, variasi metode pengajaran, pemanfaatan media pembelajaran, keterlibatan siswa, serta pemberian umpan balik oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa menilai pembelajaran Fisika berlangsung secara efektif, interaktif, dan menyenangkan, dengan tingkat kepuasan keseluruhan mencapai 82%. Secara keseluruhan, evaluasi ini menegaskan bahwa kualitas pembelajaran Fisika di SMA Daarul Qur’an telah berada pada kategori baik dan relevan dengan prinsip Kurikulum Merdeka, namun tetap memerlukan penguatan pada dimensi inovasi dan kontekstualisasi pembelajaran.
Downloads
References
Aransyah, A., Herpratiwi, H., Adha, M. M., & ... (2023). Implementasi evaluasi modul kurikulum merdeka sekolah penggerak terhadap peserta didik SMA Perintis 1 Bandar Lampung. … Pembelajaran. Retrieved from https://ojspanel.undikma.ac.id/index.php/jtp/article/view/6424
Ayudha, C. F. H., & Setyarsih, W. (2021). Studi literatur: Analisis praktik pembelajaran fisika di sma untuk melatih keterampilan pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Fisika …. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPF/article/view/33427
Azzahra, A., Sunaryo, S., & Budi, E. (2022). … Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, And Society) Menggunakan Program Lectora Inspire pada Materi Sumber Energi Terbarukan Kelas XII SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E …. Retrieved from http://103.8.12.212:33180/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/24411
Dewi, D. K., Pangesthi, L. T., & ... (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flip PDF Corporate Edition Pada Kompetensi Dasar Puff Pastry Siswa Kelas XII SMK. Journal of …. Retrieved from https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jcsr/article/view/1503
Efendi, F. N., & Cahyadin, A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga dalam Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Kelas XII. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/bioed/article/view/10175
Hartono, H. (2022). Pengaruh Aplikasi Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Fisika SMA Negeri 1 Karangrayung Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. Retrieved from http://journal.upgris.ac.id/index.php/JP2F/article/view/11716
Lusi, L. L. (2023). Investigasi Pendekatan Saintifik: Mata Pelajaran Fisika Di SMAN 15 Muaro Jambi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 6(2), 116-121.
Nilah, N., & Roza, L. (2020). Analisis kemampuan berpikir analitis dan evaluasi dalam pembelajaran fisika pada topik usaha dan energi. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal). Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/18911
Novitasari, F., & Puspitawati, R. P. (2022). Pengembangan E-LKPD berbasis problem solving pada materi pertumbuhan dan perkembangan untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas XII SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran …. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jipb/article/view/16716
Nufus, H., Anggraeni, W., Apriliyanti, Z., Maslinda, M., & Walidain, S. N. (2025). Strategi evaluasi berbasis proyek dalam membangun budaya penilaian kolaboratif di pembelajaran fisika. Jurnal Kependidikan, 10(1), 18-23.
Pranoto, S. E. (2020). … game based learning quizizz untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi materi globalisasi kelas XII IPS SMA Darul Hikmah Kutoarjo. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, &Antropologi. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/habitus/article/view/45758
Purwari, Y. (2020). Pendekatan saintifik dengan metode gasing pada pembelajaran fisika. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia). Retrieved from https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/view/507
Putra, IMYT. (2021). Implementasi pembelajaran flipped classroom berbasis strategi diferensiasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Indonesian Journal of Educational Development …. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/1429
Rhiyanto, D. F. P., & Rachmadiarti, F. (2023). … Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Add-Ins Classpoint Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik Kelas XII SMA/MA. Berkala Ilmiah Pendidikan …. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/48635
Shiyamsyah, F. S. F., & Yuliani, Y. (2022). Pengembangan e-book interaktif pada materi respirasi seluler untuk melatihkan kemampuan literasi digital siswa SMA kelas XII. Berkala Ilmiah Pendidikan …. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/44341
Sucipta, I. W., Candiasa, I. M., & ... (2023). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan bentuk asesmen formatif terhadap kemampuan berpikir kritis. … Penelitian Dan Evaluasi …. Retrieved from https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/2660
Sukamto, T. (2022). Pemanfaatan Media Phet Simulation Pada Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Educatio FKIP UNMA. Retrieved from http://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/2327
Tunga, M. F., Sumardi, Y., & Hasanah, D. (2021). Pengembangan E-LKPD fisika dengan model project based learning pada materi rangkaian listrik arus searah untuk peserta didik kelas XII di SMA Negeri …. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika.
Wahyuni, L., & Rahayu, Y. S. (2021). … e-book berbasis project based learning (pjbl) untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan kelas xii sma. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi …. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/38574
Wahyuni, Y. (2021). Analisis motivasi belajar matematika siswa kelas XII IPA SMA Bunda Padang. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan …. Retrieved from http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/6022
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















