PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATAN RASA TANGGUNG JAWAB DAN RASA PERCAYA DIRI PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS 3 SDN BUNUTS

Authors

  • Wibi Septriyani Putri Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia
  • Nurrohmatul Amaliyah, Suswandari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34865

Keywords:

Cooperative Learning, Think Pair Share, Responsibility, Self-Confidence, and Social Studies Learning

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk: 1) Menelaah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap tanggung jawab peserta didik dalam kegiatan pembelajaran; 2) Menelaah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap rasa percaya diri peserta didik dalam pembelajaran; dan 3) Menelaah perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajarn kooperatif tipe think pair share dengan yang tidak menggunakan terhadap tanggung jawab dan percaya diri peserta didik. Metode yang digunakan adalah memalui pendekatan kuantitatif eksperimental. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design. Dalam desain ini terdapat 3 variabel yaitu: Varibel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran TPS untuk meningkatan rasa tanggung jawab dan rasa percaya diri pada pembelajaran IPS kelas 3 SDN Bunut. Perlakuan yang diberikan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share kepada kelompok eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah angket, yakni angket rasa tanggung jawab dan rasa percaya diri yang digunakan dengan cara adaptasi untuk peserta didik kelas 3 SD. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa: 1) Hasil pada kelompok eksperimen menunjukan nilai t = 4,797 dan Sig. = 0,000 < 0,05 artinya Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap tanggung jawab peserta didik; 2) Hasil uji menunjukkan nilai t = 6,243 dan Sig. = 0,000 < 0,05 maka yang dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap rasa percaya diri peserta didik. Maka dapat disimpulkan model pembelajaran think pair share dapat mempengaruhi rasa tanggung jawab dan percaya diri peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 5(2), 104. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111

Dadang Supardan. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta Bumi Aksara, 7, 32175–32181.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Di, I. I. I., & Bangkalan, S. D. A. (2019). Implementasi Model Project Based Learning. In Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana FT Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 18, Issue 1). Jurnal UNY.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fauzi, A., & Masrupah, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 10–20. https://doi.org/10.59373/ngaos.v2i1.7

Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.

Gunawan, R., Lestariningsih, A. D., & Sardiman. (n.d.). Sejarah Indonesia: Buku Guru. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Lestari, M. I. (2024). Hambatan dan tantangan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar. Elementary School Teacher, 7(2), 48–58. https://doi.org/10.15294/9wvmet33

Marwah Sholihah, & Nurrohmatul Amaliyah. (2022). Peran Guru Dalam Menerapkan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 898–905. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2826

Maulana Arafat Lubis, N. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran. Pai, 5(2), 87–92. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/senastek/article/view/111

Patel. (2012). Penelitian Kualitatif: Metode Penelitian Kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM. http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/

Primadona, S. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri Berubah di SD Negeri Gugus 1 Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 12(2), 452–464. https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/PKWU/article/view/1208/773

Puspitasari, E. (2016). Inovasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1), 25–40. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/324

Downloads

Published

2025-10-30