ANALISIS PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL SISWA KELAS V PADA PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SD NEGERI 2 PUDING BESAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34844Keywords:
Social character, Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5)Abstract
This study aims to determine how the implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) with the theme Sustainable Lifestyle can develop the social character of Grade V students at SD Negeri 2 Puding Besar. The social character values observed in this research include compassion, responsibility, and harmony in life. This research used a descriptive qualitative method. Data were collected through interviews, observations, and documentation involving teachers and Grade V students. The data analysis applied the Miles and Huberman qualitative descriptive analysis model, which includes data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The results showed that the P5 activities had a positive impact on the formation of students’ social character. Compassion was reflected in mutual assistance and care for peers. Responsibility was shown through students’ commitment to completing group tasks earnestly, on time, and honestly. Meanwhile, harmony in life was developed through cooperation, tolerance, and fairness in group interactions. The project-based and collaborative nature of P5 enabled students to interact, share ideas, and solve problems together, thereby fostering social skills and humanitarian values naturally. By engaging students in active, enjoyable, and life-relevant learning experiences, P5 can form a strong social character so that it can support the achievement of the goals of the Pancasila Student Profile.
Keywords: Social character, Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan dapat membentuk karakter sosial siswa kelas V di SD Negeri 2 Puding Besar. Karakter sosial yang diamati dalam penelitian ini meliputi nilai kasih sayang, tanggung jawab, dan keselarasan hidup. Jenis Penelitian ini menggunakan dengan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan guru dan siswa kelas V. Analisis data menggunakan model analisis dekripstif kualitatif Miles and Huberman. Kegiatan dalam analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan P5 memberikan dampak positif terhadap pembentukan karakter sosial siswa. Nilai kasih sayang muncul dalam bentuk sikap saling tolong-menolong dan peduli terhadap teman. Nilai tanggung jawab terlihat saat siswa menyelesaikan tugas kelompok dengan sungguh-sungguh, tepat waktu, dan jujur. Sementara itu, nilai keselarasan hidup berkembang melalui kerja sama, toleransi, dan sikap adil saat berinteraksi dalam kelompok. Kegiatan P5 yang berbasis proyek dan bersifat kolaboratif memungkinkan siswa berinteraksi, berbagi ide, serta menyelesaikan masalah secara bersama, sehingga memupuk keterampilan sosial dan nilai kemanusiaan secara alami. Dengan melibatkan siswa dalam pengalaman belajar yang aktif, menyenangkan, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, P5 dapat membentuk karakter sosial yang kuat sehingga dapat mendukung tercapainya tujuan profil pelajar Pancasila.
Kata Kunci: Karakter sosial, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Downloads
References
Arina Hidayati, Ibrahim Ibrahim, Dewi Asri, Imelda Imelda, & Indah Pajar Wati. (2024). Implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Di Mi Ikhlasiyah Palembang. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(3), 18–34. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i3.199
Erni Irmayanti Hamzah. (2023). Peran Dosen Muda Dalam Membentuk Karakter Sosial Mahasiswa Di Uin Datokarama Palu. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 4(1), 33–46. https://doi.org/10.24239/moderasi.vol4.iss1.80
Hutami, D. (2020). Pendidikan Karakter Kebangsaan Untuk Anak : Peduli Lingkungan dan Peduli Sosial (Pristanti (ed.); cetakan pe). Cosmic Media Nusantara.
Mubarok, A. S., Bakker, C., Hamzali, S., Yulianti, S. D., & Rifky, S. (2024). Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru terhadap Pembentukan Karakter Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 18829–18842.
Nartin, Faturrahman, Deni, A., Heru Santoso, Y., Paharuddin, Gede Suacana, I. W., Indrayani, E., Yasa Utama, F., J Taringan, W., & Eliyah. (2024). Metode Penelitian Kualitatif (P. Tri Cahyo (ed.); satu). Yayan Cendikia Mulia Mandiri.
Nugraha Laba Laksamana, D., Uge Lawe, Y., & Prabawati, E. (2023). Desain Pembelajaran SD Berbasis Proyek: Penguatan Profil Pelajar Pancasila (1st ed.). PT Nasya Expanding Mnagement.
Nur Fauziah, N., Ningsi, Nazilatul Husna, L., & Hidayat, R. (2023). Analisis Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil`Alamin Pada Kma No. 347 Tahun 2022. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 1–10. https://akselerasi.uinkhas.ac.id/index.php/aksel/article/view/472
Piesesa, M. S. L., & Camellia, C. (2023). Desain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Menanamkan Nilai Karakter Mandiri, Kreatif dan Gotong-Royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 74–83. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8260
Retnaningtyas, W., & Zulkarnaen, Z. (2023). Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak Usia Dini di Lingkungan Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 374–383. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3826
Siswanto, S., Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2627
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat : eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. ALFABETA.
Sulistiyo, U. (2019). Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Salim Media Indonesia.
Sutianingsih, Y., Arafat, Y., & Fitriani, Y. (2023). Analisis Kesiapan Satuan Pendidikan dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Nurul Amal Palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2282–2288. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/6176
Widiatmaka, P., & Shofa, A. M. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaran Dalam Membangun Karakter Sosial Melalui Budaya Lokal. Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia, 6(2), 149–159. https://doi.org/10.54583/apic.vol6.no2.121
Winarni, W. S. (2023). Composter Mini sebagai Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Meningkatkan Prestasi Siswa SMA. Jurnal Implementasi, 3(2), 169–173. https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/ji/article/download/627/453
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















