PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBASIS ETHNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34832Keywords:
Kata Kunci: RME, Etnomatematika, Hasil BelajarAbstract
Model Realistic Mathematics Education (RME) memberikan siswa permasalahan
yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan model RME
dinilai tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika di kelas 5
Sekolah Dasar karena siswa kelas 5 sedang dalam fase mengembangkan
kemampuan berpikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh
Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Etnomatematika
terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini
menggunakan rancangan penelitian one group design pre-test and post-test
dengan jenis eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Partisipan
penelitian adalah seluruh siswa kelas V MIN 8 Medan Petisah yang berjumlah 25
orang. Data yang dianalisis adalah data kuantitatif yang mengukur kemampuan
akhir siswa yang diperoleh dari skor pretest, posttest, dan peningkatan
penguasaan konsep (N-Gain). Lokasi penelitian di MIN 8 Medan Petisah.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari pelaksanaan pretest dan
posttest pada 25 orang peserta didik kelas V MIN 8 Medan Petisah, terdapat
peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan setelah dilaksanakannya
model pembelajaran RME berbasis etnomatematika. Pada tahap pretest, hanya 5
orang peserta didik (20%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70,
sedangkan 20 orang peserta didik (80%) belum mencapai ketuntasan. Nilai rata-
rata peserta didik mengalami peningkatan dari 52,28 pada saat pretest menjadi
77,12 pada saat posttest, dengan persentase ketuntasan belajar meningkat dari
20% menjadi 84%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan model
pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbasis etnomatematika
terhadap hasil belajar peserta didik di SD MIN 8 Medan Petisah. Hal ini
ditunjukkan dengan peningkatan skor rata-rata siswa dari 52,28 pada pretes
menjadi 77,12 pada postes, serta persentase ketuntasan belajar yang meningkat
dari 20% menjadi 84%. Model RME berbasis etnomatematika terbukti efektif
dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar matematika siswa sekolah
dasar.
Downloads
References
Agus Suprijono. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Annisa Nidaur Rohmah. 2017. Belajar Dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). CENDEKIA Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam p-ISSN: 2086-0641 (Print) Volume 09, No. 02.
Annisah Putri Hutagalung & Beta Rapita Silalahi. 2023. Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Kontekstual Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Penelitian Vol. 3 No. 9.
Citra Afrydayanti, & Dara Fitrah Dwi, (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis VideoMelalui Aplikasi Active Presenter Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 101771 Tembung. Journal Research and Education StudiesVolume 2, Issue 3, November2021
Citra Gusyanti & Sujarwo. 2021. Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies Volume 2, Nomor 4.
Dahlan, J. A., Permatasari, R. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1): 133 – 150.
Govin & Dara Fitrah Dwi. 2023. Pengembangan Media Videoscribe Dengan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Perkembangan Teknologi Kelas III SD. https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/armada/article/view/705.
Hidayat dan S. Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara Vol. 1 (1), 2018, 15-19. https://jurnalpascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/article/view/2/2
Hidayat, Sukmawarti, Suwanto. 2021. The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, v. 10, n. 3, e14910312823.
Hasanah (2017)“Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Video Pembelajaran Animasi Berbasis Zoom Meeting Dimasa Pandemi Virus Covid-19. “JgURUKU:Jurnal Penelitian Guru 1.1 (2023).
Kholidah, A. N., Nugroho, A. A., & Sudadi. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema I Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhlik Hidup Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual di Kelas III Semester 1 SDN 1 Kaliombo Jepara Tahun Pelajaran 2024/2025. LITERASI: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2). http:// journal.upgris.ac.id/index.php/jpd
Kristi Yani. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Realistik Mathematic Education (RME) Dengan Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Lukman, Nurul Hidayah Ilyas & Wawan Krismanto. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas IV UPT SD Negeri 4 Massepe Kabupaten Sidrap. JUARA SD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Volume 2 Nomor 2.
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. 2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572.
Ria Alda & Hasanah. 2023. Analisis Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Tema Benda-Benda di Sekitar Kita di Kelas V SD Negeri 067092 Medan. Jurnal Inovasi Penelitian Vol. 3 No. 9.
Retma Aulia Arifin. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Datar Bercirikan Etnomatematika Kelas V di SD/ MI. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Raudahtul, Ahmad Laut Hasibuan, (2024). Pengaruh Tes Pengetahuan Awal Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Dan Struktur Kalimat Siswa Kelas VIII MTsN 2 Deli Serdang. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing.
Siti Julaeha & Mohamad Erihardiana. 2022. Model Pembelajaran Dan Implementasi Pendidikan HAM Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 4(1):133–44. doi: https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i2.449.
Siti Khayroiyah, Safrida Napitupulu, Desniarti. 2022. Penerapan Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Matematika SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 01 Nomor 01. https://jurnallp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/ download/1155/751
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. BANDUNG: PT Remaja Rosdakarya.
Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto. 2021. Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN/ article/viewFile/118/104.
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. 2022. Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal : 202-207. https://doi.org/10.54259/pakmas.v2i1.848
Sul Apriliani, Sayidiman, Andi Dewi Riang Tati. 2022. Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN No. 48 Inpres Galung Utara Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. PINISI JOURNAL OF EDUCATION Vol. 2 No. 1.
Sujarwo, (2016), Potensi Kecenderungan Cara Belajar Visual Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa, Jurnal penelitian pendidikan mipa, Vol. 1 No. 1 April, Th. 2016
Wijayanto, Z. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Pada Keraton Yogyakarta. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(1).
Yesi Lintang Setyania & Amidi. 2022. “Telaah Model PBL-RME Bernuansa Etnomatematika pada Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik”. PRISMA (Prosding Seminar Nasional Matematika) Prisma 5 (2022): 520-536.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















