PERAN ESTRAKULIKULER MARAWIS DALAM MEMBANGUN MINAT DAN APRESIASI SENI DI KALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Desita Novi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34803

Keywords:

Marawis, Ekstrakurikuler, Minat Seni, Apresiasi, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran ekstrakurikuler marawis dalam membangun minat dan apresiasi seni di kalangan siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterlibatan emosional dan pemahaman estetika siswa terhadap kegiatan seni. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus di SDN 054 Kota Jambi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan marawis yang dibimbing secara reflektif mampu meningkatkan keterlibatan aktif, pemahaman nilai budaya lagu, dan ekspresi seni siswa. Meskipun terdapat keterbatasan sarana, siswa tetap menunjukkan antusiasme tinggi karena pendekatan pembinaan yang menyenangkan dan kontekstual. Kesimpulannya, marawis efektif menjadi media pembinaan seni dan karakter religius siswa di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aciakatura, C., Magdalena, I., Zahranisa, A., & Latipatun Zahro, N. (2021). Analisis Pengembangan Minat dan Bakat Siswa pada Siswa Sekolah Dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 89–94. https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i2.15

Karunia. (2016). aktivitas seni dalam sekolah dasar 4(June), 2016.

Marina, M., & Izzati, N. (2019). Eksplorasi Etnomatematika pada Corak Alat Musik Kesenian Marawis sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Gantang, 4(1), 39–48. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.1027

Prof. Dr. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Alfabeta, 9(2), 724.

Setiawan, D., Hardiyani, I. K., Aulia, A., & Hidayat, A. (2022). Memaknai Kecerdasan melalui Aktivitas Seni: Analisis Kualitatif Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4507–4518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2521

Aciakatura, C., Magdalena, I., Zahranisa, A., & Latipatun Zahro, N. (2021). Analisis Pengembangan Minat dan Bakat Siswa pada Siswa Sekolah Dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 89–94. https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i2.15

Marina, M., & Izzati, N. (2019). Eksplorasi Etnomatematika pada Corak Alat Musik Kesenian Marawis sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Gantang, 4(1), 39–48. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.1027

Prof. Dr. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Alfabeta, 9(2), 724.

Setiawan, D., Hardiyani, I. K., Aulia, A., & Hidayat, A. (2022). Memaknai Kecerdasan melalui Aktivitas Seni: Analisis Kualitatif Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4507–4518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2521

Downloads

Published

2025-10-29

Most read articles by the same author(s)