PENGEMBANGAN TEKNIK PENILAIAN KARYA SENI SISWA MELALUI OBSERVASI DAN ANALISIS HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34792Keywords:
Art Education, Observation, Analysis, CreativityAbstract
Permasalahan dalam penilaian karya seni khususnya dalam pendidikan musik seringkali berfokus pada hasil akhir, mengabaikan proses kreatif siswa. Latar belakangnya adalah kebutuhan akan metode penilaian yang lebih autentik dan berpusat pada siswa yang dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan teknik penilaian yang inovatif melalui observasi dan analisis hasil belajar siswa. Metode yang digunakan meliputi pengamatan berbagai literatur dan evaluasi produk akhir yang dikombinasikan dalam sistem penilaian yang lebih transparan dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pendekatan ini terdapat perubahan signifikan di dalam keterlibatan siswa di mana mereka dapat mengeksplorasi potensi diri dan belajar dari pengalaman rekan-rekannya. Rekomendasi yang dihasilkan mencakup penerapan teknik ini secara lebih luas dalam kurikulum pendidikan musik serta pengembangan rubrik penilaian yang lebih terstandardisasi. Dengan demikian, diharapkan artikel ini dapat menarik perhatian pembaca mengenai pentingnya inovasi dalam penilaian pendidikan musik dan dampaknya terhadap perkembangan siswa.
Downloads
References
Afifah, F. N., Rahayuningtyas, W., & Hartono, H. (2023). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ansambel Musik Dengan Model Project Based Learning (PjBL). Jolla Journal of Language Literature and Arts, 3(7), 1081–1092. https://doi.org/10.17977/um064v3i72023p1081-1092
Asare, S., Twum, E. O., & Amoah, J. (2023). Teaching for the Digital Stage: Preparing Future Music Educators for the ICT-driven Classroom at Colleges of Education. International Journal for Multidisciplinary Research, 5(5). https://doi.org/10.36948/ijfmr.2023.v05i05.7291
Jiakai, C. (2024). Enhancing Student Engagement and Learning Outcomes through Interactive Approaches in College Vocal Music Instruction Cao Jiakai. Pacific International Journal, 7(1), 131–136. https://doi.org/10.55014/pij.v7i1.535
Johnson, D. C., Harney, K., Languell-Pudelka, A. B., & Kanzler, C. (2024). Fostering Literacy Skills Through Authentic Integration in K-8 Music Classrooms. Journal of General Music Education, 38(1), 28–33. https://doi.org/10.1177/27527646241265674
Krippendorff, K. (2022). Sage Research Methods Content Analysis : An Introduction to Its Methodology.
Magraner, J. S. B., Valero, G. B., Marín-Liébana, P., & Moret‐Tatay, C. (2021). Effects of the Educational Use of Music on 3- To 12-Year-Old Children’s Emotional Development: A Systematic Review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(7), 3668. https://doi.org/10.3390/ijerph18073668
Marliani, T., Hamdu, G., & Pranata, O. H. (2021). Pengembangan LKS Pembelajaran STEM Untuk Mencapai Keterampilan 4C Dengan Media Electrical Tandem Roller Di Sekolah Dasar. Pedadidaktika, 8(2), 276–291. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i2.35334
Masluhah, M., & Afifah, K. R. (2022). Electronic Portofolio Sebagai Instrumen Penilaian Pembelajaran Siswa Di Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(2), 1883–1896. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2236
Purhanudin, M. S. V, Harwanto, D. C., & Rasimin, R. (2023). Revolusi Dalam Pendidikan Musik: Menganalisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Belajar. Tonika Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 6(2), 118–129. https://doi.org/10.37368/tonika.v6i2.569
Ramafisela, L. (2024). Model Direct Instruction Learning Berbasis Metode Drill Dalam Pembelajaran Teori Musik. Grenek Music Journal, 13(1), 133. https://doi.org/10.24114/grenek.v13i1.55742
Simanjuntak, S. M., & Ardipal. (2023). Pembelajaran Ansambel Di Kelas VII F SMP Negeri 30 Padang. Em, 1(2), 181–191. https://doi.org/10.24036/em.v1i2.41
Tabuena, A. C., Morales, G. S., & Perez, M. L. A. C. (2022). Music Assessment Techniques for Evaluating the Students’ Musical Learning and Performance in the Philippine K-12 Basic Education Curriculum. Harmonia Journal of Arts Research and Education, 21(2), 192–203. https://doi.org/10.15294/harmonia.v21i2.32872
Varadi, J. (2022). A Review of the Literature on the Relationship of Music Education to the Development of Socio-Emotional Learning. Sage Open, 12(1). https://doi.org/10.1177/21582440211068501
Yingjie, F., & Noordin, Z. M. (2024). Conceptual Framework: Fostering Multicultural Music Education Innovation at Anyang Normal University in China. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 13(1). https://doi.org/10.6007/ijarped/v13-i1/20979
Zatalini, A. (2023). Implementasi Penilaian Pada Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Sosiologi Di SMAS Santun Untan Pontianak Pontianak. Jurnal Ilmiah Edukatif, 9(2), 148–154. https://doi.org/10.37567/jie.v9i2.2545
Zhao, X., & Wong, H. y. C. (2024). A Literature Review of Cooperative Learning in Music Education. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 13(3). https://doi.org/10.6007/ijarped/v13-i3/22272
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















