KOMUNIKASI DIALOGIS ANTARA MAHASISWA KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM IAI AL-AZIS DAN DOSEN PEMBIMBING DALAM PENYELESAIAN SKRIPSI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34791Keywords:
Dialogic Communication, Thesis Supervision, Martin Buber, Qualitative Approach.Abstract
Komunikasi yang efektif antara mahasiswa dan pembimbing tesis sangat penting untuk keberhasilan penyelesaian tesis. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk komunikasi dialogis dan faktor-faktor yang mendukung efektivitasnya dalam bimbingan tesis di Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, IAI AL-AZIS. Berdasarkan teori Martin Buber, penelitian deskriptif ini menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen yang melibatkan sembilan mahasiswa dan dua pembimbing. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa komunikasi dialogis diwujudkan melalui interaksi yang ditandai oleh kesetaraan, empati, dan saling menghormati, menciptakan ruang aman bagi mahasiswa untuk mengekspresikan ide secara bebas. Faktor-faktor pendukung utama meliputi keterbukaan mahasiswa terhadap umpan balik, kemampuan empati pembimbing untuk menyesuaikan gaya bimbingan mereka, dan lingkungan emosional yang mendukung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan komunikasi dialogis tidak hanya memfasilitasi proses penyelesaian tesis tetapi juga memperkuat hubungan interpersonal dan menumbuhkan karakter profesional komunikator Islam masa depan.
Downloads
References
Agama., Q. K. ( 2025, 7 24). https://quran.kemenag.go.id/. Retrieved from https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/58?from=1&to=22.
Asdar. (2024). Peran Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia. Jurnal Educazione, , 3(1), 12–23.
Buber, M. (1970). I and thou (W. Kaufman, Trans.). New York, NY: Charles Scribner's Sons.
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih di Antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Indonesia, R. (2025, 8 15). https://peraturan.bpk.go.id/Details/39063/uu-no-12-tahun-2012. Retrieved from Pendidikan Tinggi: https://peraturan.bpk.go.id/Details/39063/uu-no-12-tahun-2012
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kemdikbudristek.
Pearce, W. B. (2004). Taking a Communication Perspective on Dialogue. Dialogue: Theorizing Difference in Communication Studies. Thousand Oaks: SAGE Publications.
Pratama. ( 2023). Faktor Eksternal Penyebab Keterlambatan Studi Mahasiswa Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2023: 8(3), 201–214.
Rahmawati, T. (2021). Kesulitan Mahasiswa dalam Menjalin Komunikasi Dialogis dengan Dosen Pembimbing. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 6(1), 14-26.
Setiawan, W. &. ( 2024). Faktor Internal Mahasiswa dalam Penyelesaian Studi: Analisis Motivasi dan Kecemasan Akademik. Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia, 15(1), 55–70.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















