URGENSI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SMAN 3 SAPE, BIMA

Authors

  • Muhammad Khaidar Universitas Muslim Indonesia
  • M Hasibuddin Universitas Muslim Indonesia
  • Akhmad Syahid`` Universitas Muslim Indonesia
  • Mustamin Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Wahab Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34781

Keywords:

Urgensi, Audio VIsual, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan mendeskripsikan urgensi pemanfaatan media pembelajaran audio visual terhadap peningkatan prestasi Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas X-A SMA Negeri 3 Sape, Bima. Studi kasus digunakan sebagai pendekatan. Metode pengumpulan data meliputi observasi partisipan, analisis dokumentasi, dan wawancara. Rumusan masalahnya adalah: (1) Bagaimana urgensi pemanfaatan media audio visual dalam meningkatkan prestasi belajar PAI? (2) Apa kelebihan dan kekurangan media audio visual dalam meningkatkan prestasi belajar PAI? Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media audio visual sangat berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi siswa. Peneliti juga mengidentifikasi faktor kelemahan dan kekurangan dalam penggunaannya. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan media pembelajaran audio visual sangat penting dan berpengaruh baik bagi peningkatan prestasi siswa. Kelebihannya antara lain memotivasi peserta didik lebih baik dibandingkan metode konvensional. Kelemahannya terletak pada proses penyediaan alat yang memakan waktu dan keterbatasan pengetahuan guru dalam menggunakan media tersebut. Penelitian ini menyoroti perlunya pelatihan guru dan penyediaan fasilitas yang memadai untuk memaksimalkan potensi media audio visual dalam pembelajaran PAI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ar, H. Sujono. 2022. “25-42 Mengembangkan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial 20(1):25–42. doi: https://doi.org/10.37216/tadib.v20i1.538.

Brutu, Dur, Saipul Annur, and Ibrahim Ibrahim. 2023. “Integrasi Nilai Filsafat Pendidikan Dalam Kurikulum Merdeka Pada Lembaga Pendidikan Islam.” Jambura Journal of Educational Management 4(2):442–53. doi: https://doi.org/10.37411/jjem.v4i2.3075.

Bunyamin, Andi, and Muhammad Akil. 2023. “Peran Guru Pendidikan Agama Dalam Membina Akhlak Peserta didik Di MAN Gowa.” Journal of Gurutta Education (JGE) 2(2):112–29. doi: https://doi.org/10.52103/jge.v2i2.1401.

Hasibuddin, Hasibuddin, and Nur Setiawati. 2023. “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar.” Journal of Gurutta Education 2(2):98–111. doi: https://doi.org/10.52103/jge.v2i2.1400.

Kusuma, M. Wafa, Tiara Nuramalia, Tiara Qurotul Ain, and Yadi Heryadi. 2025. “Persepsi Peserta didik Terhadap Penggunaan Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Energi Dan Perubahannya Di Sekolah Dasar.” Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar 12(1):37–64. doi: https://doi.org/10.32678/ibtidai.v12i1.11367.

Maritsa, Ana, Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Wafiq, Putri Rahma Anindya, and Muhammad Azhar Ma’shum. 2021. “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18(2):91–100. doi: 10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.

Mualif, Ahmad. 2023. “Analisis Korelasi Antara Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Mendidik.” JEDCHEM (Journal Education and Chemistry) 5(1):6–19. doi: https://doi.org/10.36378/jedchem.v5i1.2797.

Naililmuna, Laila. 2025. “Efektivitas Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.” Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam 8(2):549–63.

Naomira, Dinda, and Intan Khumaira. 2025. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar (Studi Kuantitatif).” Advances in Education Research 1(2):105–8. doi: https://doi.org/10.56495/aer.v1i2.971.

Prinanda, Diego. 2025. “Analisis Problematika Guru Dalam Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi.” IJAM-EDU (Indonesian Journal of Administration and Management in Education) 2(2):329–53.

Risa, Ulvia, Zulfani Sesmiarni, Muhiddinur Kamal, and Wedra Aprison. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMKN 2 Bukittinggi Tahun Ajaran 2021/2022.” Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan 2(1):119–33. doi: https://doi.org/10.58192/sidu.v2i1.514.

Rusman, Asrori. 2020. Filsafat Pendidikan Islam. Surabaya: CV. Pustaka Learning Center.

Satria, Dzaky, Ihsan Hutama Kusasih, and Gusmaneli Gusmaneli. 2025. “Analisis Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Saat Ini: Suatu Kajian Literatur.” Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia 3(2):292–309. doi: https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i2.3838.

Sulistyo, Ahmad Catur, and Triono Ali Mustofa. 2024. “Efektivitas Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Pembelajaran Fiqih Di SMP Muhammadiyah.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13(2):1797–1808. doi: https://doi.org/10.58230/27454312.608.

Tiara, Yusti Anggun, Bahrin Bahrin, Duharman Duharman, and Ade Irma Suryani. 2024. “Analisis Hambatan Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 7 Empat Lawang.” Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE) 3(4):231–36. doi: https://doi.org/10.37676/mude.v3i4.6611.

Widianto, Edi. 2021. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Journal of Education and Teaching 2(2):213–24. doi: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707.

Zahroh, Fatimatus, Astri Apriyani, and Yusi Afrilia. 2025. “Analisis Manfaat Media Audio Visual Animasi Sebagai Bahan Pembelajaran Efektif Untuk Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Penelitian Mahapeserta didik 3(1):633–44. doi: https://doi.org/10.61722/jipm.v3i%601.695.

Downloads

Published

2025-10-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>