TINGKAT PENGETAHUAN SISWA KELAS VIII TERHADAP PENANGANAN CEDERA OLAHRAGA DALAM PEMBELAJARAN PENJAS DI SMP NEGERI SE-KOMISARIAT CIPANAS KAB. CIANJUR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34734Keywords:
pengetahuan siswa, penanganan cedera olahraga, pencegahan cedera, perawatan cedera, pendidikan jasmaniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Komisariat Cipanas mengenai penanganan cedera olahraga dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik proportionate random sampling, melibatkan 218 siswa sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari 40 butir pernyataan awal, 33 butir dinyatakan valid, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,92 yang menunjukkan tingkat keandalan tinggi. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif melalui perhitungan frekuensi, persentase, dan nilai rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan tingkat pengetahuan siswa terhadap penanganan cedera olahraga berada pada kategori memadai dengan nilai rata-rata 62,79. Sebanyak 75% siswa termasuk dalam kategori tinggi dan sangat tinggi, sedangkan 25% sisanya berada pada kategori rendah dan sangat rendah. Pada aspek pencegahan cedera, siswa menunjukkan pengetahuan tinggi (rata-rata 7,89); pada aspek penanganan cedera, siswa memperoleh hasil terbaik (rata-rata 8,46); sedangkan pada aspek perawatan cedera, hasilnya relatif rendah (rata-rata 4,36). Temuan ini mengindikasikan bahwa siswa telah memahami konsep dasar pencegahan dan penanganan cedera, namun pemahaman terhadap perawatan pasca-cedera masih perlu ditingkatkan.
Downloads
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2023). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMP/MTs. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Mustafa, P. S. (2022). Buku Ajar Pertolongan Pertama dan Pencegahan Perawatan Cedera Olahraga. Insight Mediatama.
Setiawan, A. (2022). Penanganan dan Rehabilitasi Cedera Olahraga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Babullah, R. (2022). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan penerapannya dalam pembelajaran. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 131-152.
Dewi, P. A. (2020). Tingkat pemahaman siswa SMPN 7 Singaraja terhadap pencegahan dan penanganan cedera olahraga. Jurnal Ilmiah Media Komunikasi Olahraga, 20(2), 130–137.
Fazanudin, H. A. (2024). Tingkat pengetahuan atlet tentang penanganan pertama saat cedera dengan metode RICE pada atlet futsal Temanggung. Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta.
Hibatullah, F. (2019). Pengaruh booklet pertolongan pertama cedera olahraga terhadap pengetahuan tentang perawatan cedera olahraga pada siswa SMPN 07 Kota Bengkulu. Skripsi, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.
Meikahani, R., & Kriswanto, E. S. (2020). Pengembangan buku saku pengenalan pertolongan dan perawatan cedera olahraga untuk siswa sekolah menengah pertama.
Mukrim, H., Rusli, R., Arimbi, A., Arsal, U. W., & Anggraeni, A. S. D. M. (2025). Edukasi penanganan cedera awal dengan metode RICE kepada peserta didik di SMP Negeri 3 Segeri. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 5(3), 817–822.
Mustafa, P. S. (2022). Buku Ajar Pertolongan Pertama dan Pencegahan Perawatan Cedera Olahraga. Insight Mediatama.
Pasaribu, M., Irvan, I., & Amir, A. (2022). Pengetahuan Cedera Olahraga Pada Siswa MTsN Barito Selatan Kalimantan Tengah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 145-152.
Ramadhan, R. R. (2020). Analisis Kompetensi Guru PJOK dalam Penanganan Cedera Olahraga di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 8(1), 45-52.
Saputra, A.N. (2023). Tingkat Pemahaman Guru PJOK terhadap Pencegahan dan Perawatan Cedera dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga di SD Negeri Se-Kapanewon Pajangan Tahun 2023. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sutirta, H., Latulusi, A. A., & Jehambur, K. (2023). Sosialisasi tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) dan Cedera Olahraga pada Guru Pendidikan Jasmani Se-Kecamatan Wania. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4980-4983.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















