Eksplorasi Sumber Pendanaan dan Investasi dalam Dunia Pendidikan

Authors

  • Fadila Nur Zakina Universitas Negeri Makassar
  • Takdirmin takdirmin
  • Fitriani fitriani
  • Rahma Ramadhani Asri

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34733

Keywords:

character education, early childhood, Thomas Lickona

Abstract

This study aims to explore various sources of funding and forms of investment in the education sector, both from the government, private sector, and non-profit institutions. The background of this study is based on the need for a sustainable and equitable education financing system, especially in the context of improving the quality and accessibility of education in Indonesia. A qualitative approach is used in this study with a literature study method. The results of the study indicate that there is great potential in diversifying education funding sources through public-private partnerships, education endowments, and outcome-based financing models. However, challenges such as transparency, accountability, and disparities in funding distribution are still major obstacles. This study recommends the need for more adaptive regulations and fiscal incentives to encourage sustainable investment in education. This research is expected to be the basis for formulating more inclusive and innovative education funding policies.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fahrezi, Muhammad Adnan, Muhamad Pandu Maulana, and Muhammad Salman Nurwahid. 2025. “PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Pengembangan Pembelajaran) Kelas Dan.” 8(1):101–10.

Fajar, CM, and D. Mulyanti. 2019. “Meningkatkan Taraf Perekonomian Dan Kesejahteraan Melalui Perencanaan Investasi Pendidikan.” Jurnal Abdimas BSI 2(1):89–95.

Fiandi Arif & Junaidi. 2022. “Sumber-Sumber Dana Pendidikan.” Jurnal Basicedu 6(6):10414–21.

Ghozali, M., & Ariskawanti, E. 2022. “Peran Supporting Agency Komite Sekolah Dalam Pembiayaan Pendidikan.” Islamika Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan 4(3):504–515. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.36088/islamika.v4i3.1913.

Gusmurdiah, S., Herawan, E., &. Sururi. 2022. “Efektivitas Kerja Sama Sekolah Dan Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Sri.” Jurnal Basicedu 6(6):10037–10046. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4218.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Demographic Research 49:1–33.

Losando, R. 2023. “Strategi Kerja Sama CSR Sebagai Sumber Pendanaan Berkelanjutan Bagi Sekolah Kristen. Angelion.” Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 4(1):86–95. doi: https://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jan/article/view/457.

Mirzaqon, Abdi, and Budi Purwoko. 2018. “Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library.” Jurnal BK UNESA 3(1):1–8.

Moeliodihardjo, B. 2018. Pembangunan Pendidikan Di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nadhifa Ardiana Maharani, Fitri Hidayah, Diki Darmawan, and Syunu Trihantoyo. 2024. “Analisis Sumber Dan Jenis Pembiayaan Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia 2(3):25–39. doi: 10.55606/jubpi.v2i3.3004. Prakasa Wicaksana Unggul Satria. 2018. “Bantuan Dana Bank Dunia Dalam Perspektif Pemenuhan Hak-Hak EKOSOB; Studi Kasus Pada Sektor Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Ilmu Hukum 5(1). doi: https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/view/207.

Purwati, Y. 2023. “Strategi Pembiayaan Pada Lembaga Pendidikan Islam Melalui CSR: Studi Kasus BANK BRI Syariah. Al-Idaroh.” Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam 5(1). doi: https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/view/207.

Rahmawati, Selly. 2003. “Analisis Kebijakan Pendanaan Pendidikan.” Zitteliana 19(8):159–70.

Sa’adah, S., & Azis, E. 2023. “Pengaruh Pemberian CSR Dana Pendidikan Dari PT. Internusa Jaya Sejahtera Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis 10(1). doi: https://ejournal.upi.edu/index.php/mdb/article/view/15923.

Sari, Milya, and Asmendri. 2020. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA 6(1):41–53.

Subroto, G. 2014. “Hubungan Pendidikan Dan Ekonomi: Perspektif Teori Dan Empiris.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 3:20.

Suharsaputra, U. 2020. Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, D., & Rahma, A. M. (n. d. ). n.d. “Jenis-Jenis Pembiayaan Untuk Penyelenggaraan Pendidikan.”

Fahrezi, Muhammad Adnan, Muhamad Pandu Maulana, and Muhammad Salman Nurwahid. 2025. “PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Pengembangan Pembelajaran) Kelas Dan.” 8(1):101–10.

Fajar, CM, and D. Mulyanti. 2019. “Meningkatkan Taraf Perekonomian Dan Kesejahteraan Melalui Perencanaan Investasi Pendidikan.” Jurnal Abdimas BSI 2(1):89–95.

Fiandi Arif & Junaidi. 2022. “Sumber-Sumber Dana Pendidikan.” Jurnal Basicedu 6(6):10414–21.

Ghozali, M., & Ariskawanti, E. 2022. “Peran Supporting Agency Komite Sekolah Dalam Pembiayaan Pendidikan.” Islamika Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan 4(3):504–515. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.36088/islamika.v4i3.1913.

Gusmurdiah, S., Herawan, E., &. Sururi. 2022. “Efektivitas Kerja Sama Sekolah Dan Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Sri.” Jurnal Basicedu 6(6):10037–10046. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4218.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Demographic Research 49:1–33.

Losando, R. 2023. “Strategi Kerja Sama CSR Sebagai Sumber Pendanaan Berkelanjutan Bagi Sekolah Kristen. Angelion.” Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 4(1):86–95. doi: https://e-journal.sttberitahidup.ac.id/index.php/jan/article/view/457.

Mirzaqon, Abdi, and Budi Purwoko. 2018. “Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library.” Jurnal BK UNESA 3(1):1–8.

Moeliodihardjo, B. 2018. Pembangunan Pendidikan Di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nadhifa Ardiana Maharani, Fitri Hidayah, Diki Darmawan, and Syunu Trihantoyo. 2024. “Analisis Sumber Dan Jenis Pembiayaan Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia 2(3):25–39. doi: 10.55606/jubpi.v2i3.3004.

Prakasa Wicaksana Unggul Satria. 2018. “Bantuan Dana Bank Dunia Dalam Perspektif Pemenuhan Hak-Hak EKOSOB; Studi Kasus Pada Sektor Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Ilmu Hukum 5(1). doi: https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/view/207.

Purwati, Y. 2023. “Strategi Pembiayaan Pada Lembaga Pendidikan Islam Melalui CSR: Studi Kasus BANK BRI Syariah. Al-Idaroh.” Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam 5(1). doi: https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/al-idaroh/article/view/207.

Rahmawati, Selly. 2003. “Analisis Kebijakan Pendanaan Pendidikan.” Zitteliana 19(8):159–70.

Sa’adah, S., & Azis, E. 2023. “Pengaruh Pemberian CSR Dana Pendidikan Dari PT. Internusa Jaya Sejahtera Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.” Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis 10(1). doi: https://ejournal.upi.edu/index.php/mdb/article/view/15923.

Sari, Milya, and Asmendri. 2020. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA 6(1):41–53.

Subroto, G. 2014. “Hubungan Pendidikan Dan Ekonomi: Perspektif Teori Dan Empiris.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 3:20.

Suharsaputra, U. 2020. Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, D., & Rahma, A. M. (n. d. ). n.d. “Jenis-Jenis Pembiayaan Untuk Penyelenggaraan Pendidikan.”

Widiansyah, Apriyanti. 2017. “Peran Ekonomi Dalam Pendidikan Dan Pendidikan Dalam Pembangunan Ekonomi.” Cakrawala-Jurnal Humaniora 17(2):207–15.

Downloads

Published

2025-10-29