PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP KERJASAMA DAN EMPATI SISWA DALAM PENDIDIKAN JASMANI

Authors

  • Nur Fasih Universitas Darul Ma'arif Indramayu
  • Agi Ginanjar Universitas Darul Ma'arif Indramayu
  • Nur Mahfuzah Agustin Universitas Darul Ma'arif Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34720

Keywords:

learning, Jigsaw model, conventional model, cooperation, empathy

Abstract

This study aims to determine the difference in the effects between the Jigsaw learning model and the conventional learning model on students’ cooperation and empathy. The research employed an experimental method with an Intact-Group Comparison design. The population of this study consisted of all students of MI PUI Tenajar Lor 1 in the 2024/2025 academic year. The sample involved 52 sixth-grade students, divided into an experimental group of 26 students and a control group of 26 students, selected using a purposive sampling technique. Data were collected through an attitude scale based on the Likert model to measure students’ levels of cooperation and empathy. The findings revealed that the Jigsaw learning model positively influences students’ cooperation and empathy in physical education learning. Furthermore, the study found a significant difference between the Jigsaw learning model and the conventional learning model in their effects on students’ cooperation and empathy.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alsa, A. (2010). Pengaruh metode belajar Jigsaw terhadap keterampilan hubungan interpersonal dan kerjasama kelompok pada mahasiswa Fakultas Psikologi. Jurnal Psikologi, 37(2), 165–175. DOI: https://doi.org/10.22146/jpsi.7727

Auliyah, A., & Flurentin, E. (2016). Efektifitas penggunaan media film untuk meningkatkan empati siswa kelas VII SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(1), 19–26. DOI: https://doi.org/10.17977/um001v1i12016p019

Ginanjar, A. (2016). Modul Implementasi Praktis Model–Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Indramayu: Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP NU INDRAMAYU.

Ginanjar, A. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Indramayu: Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP NU INDRAMAYU.

Ginanjar, A. (2021). Statistika Terapan. Indramayu: Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP NU INDRAMAYU.

Lakoy, A. C. (2015). Pengaruh komunikasi, kerjasama kelompok, dan kreativitas terhadap kinerja karyawan pada Hotel Aryaduta Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3), 981–991. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/9773

Marten. (2017). Peningkatan kerjasama dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Karitas tahun pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Skripsi, Universitas Sanata Dharma. Diakses dari https://repository.usd.ac.id/9640/

Mubarok, M.Z (2021) Teori Latian Olahraga. Indramayu: Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.

Musfiroh, T. (2011). Show and Tell edukatif untuk pengembangan empati, afiliasi-resolusi konflik, dan kebiasaan positif anak usia dini. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 41(2), 129–143. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v41i2.2219

Musfiroh, T. (2011). Show and Tell edukatif untuk pengembangan empati, afiliasi-resolusi konflik, dan kebiasaan positif anak usia dini. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 41(2), 129–143. https://doi.org/10.21831/jk.v41i2.2219

Santoso, H. (2014). Penerapan model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar pukulan pencak silat pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (Studi pada siswa kelas XI SMKN 2 Bojonegoro). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/9793

Sari, Y. (2020). Peningkatan kerjasama di sekolah dasar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 1(1), 307–461. DOI: https://doi.org/10.24036/bmp.v1i1.2708

Setiawan, I., & Pebrina, A. W. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap keterampilan sosial dan kemampuan berpikir kritis siswa. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 16(01), 70–81. DOI: https://doi.org/10.25134/equi.v16i01.2019

Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses dari https://repository.upi.edu/8705/

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaodih, E. (2007). Pengembangan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keterampilan sosial. Educare, 5(1). Diakses dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/51

Wibisono, S., Gusniarti, U., & Nurtjahjo, F. E. (2017). Pembelajaran kooperatif sebagai upaya meningkatkan motivasi, empati, dan perilaku bekerjasama. Schema: Journal of Psychological Research, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.29313/schema.v0i0.1783

Downloads

Published

2025-10-30