MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA ADAPTIF BERBASIS DEEP LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERSONALIZED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34716Keywords:
adaptive learning, deep learning, learning outcomes, personalized learning, zencoreAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran matematika adaptif berbasis deep learning melalui platform ZenCore terhadap hasil belajar dan persepsi siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuasi-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest, melibatkan 62 siswa sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui test hasil belajar dan angket persepsi siswa terhadap pembelajaran adaptif. Uji normalitas dilakukan menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan Shapiro-Wilk, sedangkan perbedaan hasil belajar dianalisis menggunakan uji Paired Sample t-Test, dan data angket dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai p = 0.228 (> 0.05), yang berarti tidak terdapat perbedaan signifikan anatara hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran adaptif, meskipun terdapat peningkatan rata-rata sebesar 2.774 poin. Sementara itu, hasil angket menunjukkan nilai rata-rata 36.15 dari 50 atau 72.3%, termasuk dalam kategori “Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi positif terhadap model pembelajaran adaptif, terutama dalam hal kesesuaian dengan kemampuan individu dan fleksibilitas belajar. Secara keseluruhan, model pembelajaran adaptif berbasis deep learning melalui ZenCore lebih efektif dalam meningkatkan aspek personalized learning dibandingkan peningkatan hasil belajar kognitif secara langsung. Temuan ini menunjukkan potensi penerapan teknologi kecerdasan buatan sebagai sarana pembelajaran yang lebih personal, adaptif, dan interaktif dalam konteks Pendidikan matematika modern.
Downloads
References
Andika. (2024). English Learning Challenges: an Exploratory Mixed-Method Study for Low-Level Students. Journal on Education, 06(02), 13010–13021.
Clarisya Amalia Sholehah. Muhammad Hifdhil Islam, M. S. (2025). Implementation of Artificial Intelligence-Based Adaptive Learning Technology in Islamic Religious Education Subjects at SMK Negeri 2 Kraksaan. JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 436–448.
Engelbrecht, J., & Borba, M. C. (2024). Recent developments in using digital technology in mathematics education. ZDM - Mathematics Education, 56(2), 281–292. https://doi.org/10.1007/s11858-023-01530-2
Garzón, J., Patiño, E., & Marulanda, C. (2025). Systematic Review of Artificial Intelligence in Education: Trends, Benefits, and Challenges. Multimodal Technologies and Interaction, 9(8), 1–19. https://doi.org/10.3390/mti9080084
Gligorea, I., Cioca, M., Oancea, R., Gorski, A. T., Gorski, H., & Tudorache, P. (2023). Adaptive Learning Using Artificial Intelligence in e-Learning: A Literature Review. Education Sciences, 13(12). https://doi.org/10.3390/educsci13121216
Hayati, R., & Almuslim, U. (2025). Peran Deep Learning Dalam Meningkatkan. Jurnal Pendidik Indonesia, 6(1), 29–39.
Juli, N., Zega, B. H., Sibuea, M. N., & Ritonga, N. (2025). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Digital terhadap Efektivitas Proses Belajar di Sekolah Dasar Penggunaan berbagai media digital seperti video interaktif , aplikasi edukatif , kuis daring , belajar yang lebih menarik , fleksibel , dan berpusat pada siswa . M.
Lustani, A. D., Fadil, A., Soraya, S., & Farhan Pratama, A. (2025). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Ai: Solusi Cerdas Untuk Pendidikan Masa Kini. JPPK Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 70–76.
Maffia, A., Manolino, C., & Miragliotta, E. (2025). There is more to algebra than meets the eye: the case of blindness. Educational Studies in Mathematics, 119(1), 63–77. https://doi.org/10.1007/s10649-025-10394-0
Mailani, E., Rarastika, N., Adventy, H., Juwita, G., & Butar, P. (2025). Artikel+Jurnal+mtk+kelompok+3. 01(04), 417–424.
Mailani, E., Rarastika, N., Jannah, M., Heriani, N. A., & Zendrato, W. E. (2025). Pemanfaatan Strategi Deep Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Dasar Siswa Sekolah Dasar: Studi Literatur. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendikian, 2(6), 12349–12355. https://jicnusantara.com/index.php/jiic
Merino-Campos, C. (2025). The Impact of Artificial Intelligence on Personalized Learning in Higher Education: A Systematic Review. Trends in Higher Education, 4(2), 1–31. https://doi.org/10.3390/higheredu4020017
Mugianto, F., Prihatiningtyas, N. C., & Mariyam, M. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa pada Materi Operasi Hitung Pecahan. Variabel, 4(2), 76. https://doi.org/10.26737/var.v4i2.2698
Naseer, F., Khan, M. N., Tahir, M., Addas, A., & Aejaz, S. M. H. (2024). Integrating deep learning techniques for personalized learning pathways in higher education. Heliyon, 10(11), e32628. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e32628
Novita Barokah, & Umi Mahmudah. (2025). Transformasi Pembelajaran Matematika SD Melalui Deep Learning: Strategi untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 3(3), 48–61. https://doi.org/10.62383/bilangan.v3i3.521
OECD. (2023). PISA 2022 Results. In Factsheets: Vol. I. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en%0Ahttps://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country-notes/germany-1a2cf137/
Opesemowo, O. A. G., & Adewuyi, H. O. (2024). A systematic review of artificial intelligence in mathematics education: The emergence of 4IR. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 20(7). https://doi.org/10.29333/ejmste/14762
Pusmenjar Kemendikbud. (2021). Buku Panduan Capaian Hasil AN. 1–39.
Rachmawati, F., & Lestari, K. E. (2023). Hubungan Antara Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis dan Self-directed Learning. Didactical Mathematics, 5(2), 305–313. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5818
Rismanchian, S., & Doroudi, S. (2025). The Evolution of Research on AI and Education Across Four Decades: Insights from the AIxEd Framework. International Journal of Artificial Intelligence in Education. https://doi.org/10.1007/s40593-025-00483-9
Samsul Wadi, Mijahamuddin Alwi, Arif Rahman Hakim, & M. Reza Azwaldi Zhanni. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran IPAS Berbasis Kearifan Lokal Tanaman Penyehatan. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(3), 870–877. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1201
Sity Rahmy Maulidya, Sri Ulfa Insani, & Zulfah. (2025). Deep Learning untuk Mendukung Pemahaman Mendalam dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 4(1), 1274–1278. https://doi.org/10.31004/jerkin.v4i1.1729
Slamet, S., Hendriana, B., & Supiat. (2025). Mengungkap Perspektif Siswa: Peran Deep Learning dalam Visualisasi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. International Journal of Progressive Mathematics Education, 5(1), 225–237. https://doi.org/10.22236/ijopme.v5i1.19310
Strielkowski, W., Grebennikova, V., Lisovskiy, A., Rakhimova, G., & Vasileva, T. (2025). AI-driven adaptive learning for sustainable educational transformation. Sustainable Development, 33(2), 1921–1947. https://doi.org/10.1002/sd.3221
Supriyatmoko1, Khoirul Anam2, W. K. (2025). Model_Pembelajaran_Adaptif_Berbasis_Kecerdasan_Bua. 5(1), 36–45.
Suyanto, S. (2023). Minimalisasi Kecemasan Matematika dalam Mixed-Ability Classroom dengan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Barisan dan Deret. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 476–484. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.577
Yuan, Q. (2024). A review of research on the utilization of deep learning in adaptive learning 2014-2024. Applied and Computational Engineering, 90(1), 66–72. https://doi.org/10.54254/2755-2721/90/20241720
Zakariyah, M. F., Rosyanafi, R. J., & Purwoko, B. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Adaptif Berbasis AI Melalui Khan Academy dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 11(September), 344–357.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















