PENINGKATAN KREATIVITAS BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE KALIMAT ACAK BERBASIS SPOK

kreativitas berbahasa, kalimat scrambel, SPOK, penelitian tindakan kelas, sekolah dasar

Authors

  • Suprihatien Universitas Wijaya Kusuma
  • Arimbi Salma Bahira Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • elsa wahyu ningrum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34662

Keywords:

kreativitas berbahasa, Kalimat Scramble, SPOK,, Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas keterampilan bahasa Indonesia di kalangan siswa kelas dua di SDN Pakis V Surabaya melalui penerapan model pembelajaran Scramble Kalimat berdasarkan struktur SPOK (Subjek, Predikat, Objek, Keterangan). Masalah yang diamati di kelas adalah sekitar 60% siswa cenderung membuat kalimat sederhana dan berulang tanpa variasi kata atau makna. Untuk mengatasi masalah ini, model pembelajaran Scramble Kalimat berbasis SPOK diterapkan sebagai strategi pembelajaran inovatif yang memungkinkan siswa berpikir kritis dan kreatif dalam membentuk kalimat yang bermakna dan benar secara tata bahasa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang melibatkan 29 siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan siswa menyusun kalimat, yang tercermin dari peningkatan skor rata-rata dari 61,38 pada pre-test menjadi 79,31 pada post-test. Meskipun sebagian besar siswa menunjukkan peningkatan, sebagian kecil siswa tidak menunjukkan kemajuan yang signifikan, yang mengindikasikan adanya hambatan dalam pembelajaran yang perlu diatasi. Penelitian ini menyarankan penerapan strategi pengajaran yang lebih personal bagi siswa yang mengalami kesulitan dan merekomendasikan penelitian lanjutan yang melibatkan penggunaan alat pembelajaran berbasis teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. M. (2018). Tata bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi ke-4). Balai Pustaka.

Dwitayanti, M. T., & Wirahyuni, K. (2024, May). Penerapan Model Scramble Berbantuan Media Word Wall dalam Meningkatkan Pemahaman Menyusun Kalimat Berpola SPOK di SMA. Prosiding Sandibasa Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 209-220.

Guilford, J. P. (1967). The nature of human intelligence. McGraw-Hill.

Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan pembelajaran bahasa Indonesia Fase A. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner. Deakin University Press.

Munandar, S. C. (1999). Kreativitas: Konsep, faktor, dan pengembangan. Penerbit Universitas Indonesia.

Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children. International Universities Press.

Pratiwi, N. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas berbahasa siswa melalui model pembelajaran scramble. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 15(2), 45-56.

Rahmawati, A., & Kurniawan, D. (2022). Analisis kemampuan kreativitas berbahasa siswa sekolah dasar di era digital. Jurnal Linguistik dan Pendidikan, 10(1), 20-35.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Downloads

Published

2025-10-30